Sukuk Ritel (SR) seri SR014 Terbit Pada 26 Februari 2021, Ayo Invest!

Pemerintah resmi membuka penawaran Sukuk Ritel seri SR014 kepada investor individu yang merupakan warga negara Indonesia. SR014 akan melanjutkan kesuksesan sukuk ritel seri ke-13 yang meraih hasil penjualan sebesar Rp25,67 triliun dengan jumlah investor tercatat sebanyak 44.803 investor.

Adapun masa penawaran SR014 akan dimulai pada 26 Februari 2021 yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder.





Menteri Keuangan mengungkapkan pemerintah perlu menerbitkan instrumen investasi SR014 untuk merambah pasar domestik ‎dan internasional. Melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan menerbitkan sukuk negara ritel seri SR014 dengan imbal hasil atau kupon yang cukup menggiurkan, yakni 5,47%.

Berawal dari pemerintah Indonesia menerbitkan Sukuk Ritel Seri 001 dengan tujuan untuk membantu APBN Indonesia. Berkesinambugan dengan UU No.19 tahun 2008 tentang SBSN yang berlanjut sampai Sukuk Ritel SR-014 guna untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan juga untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

Penerbitan sukuk ritel SR014 ini, kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan ‎Risiko untuk memenuhi target pembiayaan APBN 2021 serta membiayai pembangunan di Indonesia. Pemerintah selama ini mencatatkan underlying aset dalam penerbitan sukuk atau SBSN berupa Barang Milik Negara dan proyek APBN.

Selain sebagai instrumen pembiayaan APBN, sukuk ritel seri SR014 ini ditujukan untuk memperluas basis investor di pasar domestik, mendukung pengembangan keuangan syariah. SR014 ini menjadi prioritas dalam menambah defisit anggaran di tengah pasar obligasi konvensional yang mengalami kesulitan akibat krisis keuangan global.

Penerbitan Sukri SR 014 juga untuk memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari yang berorientasi menabung menuju masyarakat berorientasi investasi.

Berdasarkan data penjualan, Sukuk negara ritel SR-013 memperoleh hasil penjualan yang lebih tinggi, yaitu 25,67 triliun, dibandingkan dengan SR-012 dengan penjualan sebesar Rp 12,14 triliun. Fenomena tersebut menimbulkan pertanyaan terkait permintaan yang semakin tinggi atau mengalami peningkatan terhadap sukuk, dalam hal ini yaitu sukuk negara ritel SR-013. 

Tentu, harapannya pada penjualan sukuk negara ritel SR014 selama masa penawaran akan mengalami laris manis diborong oleh para investor.

Masyarakat yang berminat membeli Sukuk Negara Ritel seri SR-014 dapat mendatangi salah satu mitra distribusi berikut ini:
  1. Bank BRI
  2. Bank Central Asia Tbk 
  3. Bank Commonwealth 
  4. Bank Danamon Indonesia Tbk
  5. Bank DBS Indonesia Bank 
  6. HSBC Indonesia
  7. Bank Mandiri (Persero) Tbk
  8. Bank Maybank Indonesia Tbk
  9. Bank Muamalat Indonesia Tbk 
  10. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  11. Bank Panin Tbk
  12. Bank Permata Tbk
  13. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
  14. Bank CIMB Niaga Tbk

Kehadiran Sukuk Ritel SR014 dapat memberikan alternatif investasi bagi masyarakat dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif. Hasil dari penjualan SR014 ini bisa digunakan oleh pemerintah untuk memenuhi pembiayaan pembangunan berbagai proyek atau kegiatan APBN 2021. Pembelian SR014 dilakukan melalui berbagai tahapan, mulai pembukaan rekening, penyediaan dana senilai pemesanan, pengisian formulir pemesanan dan penjatahan setelmen.

0 Response to "Sukuk Ritel (SR) seri SR014 Terbit Pada 26 Februari 2021, Ayo Invest!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel