Stockbit, Jadi Pilihan Untuk Investasi Saham yang Menyenangkan dan Bikin Tenang

Terlahir dari keluarga pas-pasan membuat saya dan istri harus memiliki pemikiran bagaimana caranya untuk bisa naik "kelas". Melek keuangan dalam kondisi tersebut sangatlah dibutuhkan. Empat hal yang perlu dilakukan yaitu dengan cara menabung, memiliki asuransi, memiliki dana darurat, dan juga berinvestasi. Keempat hal tersebut memang hukumnya wajib untuk bisa dikatakan seseorang telah menyandang predikat financial freedome.


Ngomongin tentang investasi, blog obligasi.co.id ini memang saya bangun awal tahun 2019, yang memang bertujuan untuk sharing mengenai investasi. Ibarat menyelam sambil minum air, baik ilmu maupun pengalaman investasi yang saya bagikan di blog ini sekaligus menjadi "perpustakaan" bagi diri saya sendiri jika suatu waktu membutuhkan bahan bacaan. Awal mulanya memang mau mengulas sukuk atau obligasi saja. Namun, berdasarkan Google Analytic, salah satu yang paling banyak dicari oleh pengunjung di blog ini adalah investasi saham. Akhirnya, sedikit demi sedikit saya mulai mengulas apa itu investasi saham dan istilah-istilah yang ada di dalamnya.


Singkat cerita, saya dan istri merasakan perlu untuk menyisihkan pendapatan atau gaji untuk berinvestasi di pasar modal, yaitu saham. Karena saya tipikal orangnya picky atau pemilih, saya cukup lama untuk memutuskan perusahaan sekuritas mana yang aman dan terbaik yang dilengkapi dengan fitur yang memadai sesuai dengan kebutuhan saya dalam dunia trading saham. Setelah banyak membaca dan melakukan akurasi, saya jatuh hati untuk segera menggunakan aplikasi Stockbit yang berada di bawah naungan PT Stockbit Sekuritas Digital.

Faktor pertama yang membuat saya langsung yakin 100% dengan Stockbit karena Deddy Corbuzier menjadi Brand Ambassador (BA) perusahaan sekuritas ini. Dan kalau raja podcast Indonesia ini sudah memberi rekomendasi, saya menilai itu berarti sudah melalui skrining dari pihaknya yang tentu dilakukan secara ketat dan nggak main-main. Master Deddy Corbuzier yang banyak orang menyebutnya sebagai cepu-nya polisi ini saya rasa tidak mungkin mau menjadi bintang iklan jika saja Stockbit merupakan perusahaan abal-abal. 


Saya pun juga berusaha menelusurinya dan menemukan Stockbit sudah terdaftar di OJK, IDX, dan KSEI. Melalui serangkaian proses identifikasi tersebut, saya memastikan aplikasi Stockbit ini dijamin aman dan terpercaya.


Setelah memastikan aman dan legal, maka yang perlu saya lakukan adalah mengidentifikasi fitur apa saja yang dimilikinya. Apakah fitur-fitur yang tersedia mampu memenuhi kebutuhanku ataukah tidak. 


Nah melalui tulisan ini, berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan, saya akan menceritakan beragam fitur unggulan dari aplikasi Stockbit. Penasaran, kan? Apakah betul Stockbit dapat membantu kita dalam mengambil keputusan investasi yang tepat sehingga bikin aktivitas trading saham yang menyenangkan dan bikin tenang? Simak kisahnya di bawah ini, ya.




Aplikasi Stockbit dengan Fitur Unggulannya Ibarat Instrukur Renang dengan Skill Handalnya


Belajar investasi saham itu diibaratkan seperti belajar berenang. Untuk menjadi perenang yang handal maka diperlukan guru, buku panduan, teknik yang harus dikuasai, dan tak lupa keberanian untuk terjun. Jujur, saya sendiri baru ingin dan berani mencoba investasi saham akhir-akhir ini. 


Sumber: Youtube Azka Corbuzier


Pertama izinkan saya untuk mengulas gambar di atas ya, temen-temen.

Seperti yang tampak pada gambar, Azka sudah memiliki modal keberanian dan teknik renang yang bisa dibilang sudah pro, dengan tetap didampingi oleh Deddy Corbuzier. Ia bisa menikmati indahnya berenang. Tak hanya itu, ia juga mendapatkan manfaat berenang yang baik untuk kebugaran tubuhnya.

Begitu juga dengan investasi saham, jika kita sudah bisa "memainkannya" pastinya kita akan bisa menikmati hasilnya, yaitu profit dari investasi saham itu sendiri.


Cara mendidik Deddy Corbuzier ini sudah sangat baik dan benar. Belajar berenang dari buku dan video saja tidak cukup, ia meminta anaknya untuk mau terjun langsung ke dalam kolam renang. Begitupula dengan berinvestasi, tidak ada orang yang bakal jago investasi kalau cuma hanya membaca buku, menonton video, tanpa praktik secara langsung. 


Namun, tetap ya buku dan juga video pengetahuan seputar insight dalam berinvestasi itu penting. Itu modal yang penting dalam berinvestasi saham selain uang. Jangan sampai terjun, tanpa belajar terlebih dahulu. Yah, sama saja ketika kita mau berenang, harus tahu dulu teknik berenang dan medannya ya, kan?


Lalu, apakah kemudian lantas tidak ada risiko tenggelam atau risiko lainnya? Tentu saja ada risiko tersebut. Cara mengatasinya adalah menggunakan jasa instruktur renang yang selalu memandu di samping murid-muridnya.


Jika dianalogikan instruktur renang itu adalah aplikasi saham. Ketika kita memilih instruktur renang, pasti bakal memilih instruktur berpengalaman, tersertifikasi, dan menguasai teknik berenang yang beragam dan handal agar kita bisa menerapkan teknik tersebut untuk menikmati indahnya berenang, bukan? 


Dalam investasi saham juga sama, kita harus pintar dalam memilih perusahaan sekuritas yang aman, memberikan fitur yang unggul sehingga mampu membantu kita untuk mengambil keputusan investasi. Salah satu aplikasi saham dengan fitur yang unggul dan terlengkap adalah aplikasi Stockbit. 


Dalam berinvestasi saham, aplikasi Stockbit ini akan terus membantu kita dengan tutorial-tutorial dan fitur/tools yang tersedia. Stockbit akan terus berada "di samping" investor pemula dan juga investor saham yang pro


Nah, jika kita sebagai pemula dalam dunia saham, maka jalan yang masuk akal adalah sebaiknya memulai investasi dengan nominal yang kecil. Hal itu ibaratnya seperti kita pemula sedang belajar berenang di kolam renang yang dangkal, yaitu demi keselamatan. Selain itu, agar menikmati manfaat dari investasi (meskipun dengan nominal kecil) kita bisa menggunakan metode investasi dan cara pengelolaan uang yang benar yang jika diibaratkan kita berenang dengan menggunakan pelampung (tetap bisa menikmati indahnya kolam renang dan lingkungan sekitar).


Pakai Stockbit: Bikin Kita yang Pemula Tidak "Berenang" Sendirian Untuk Mencapai Target Finansial


Apapun tindakan atau aktivitas yang kita lakukan sehari-sehari selayaknya memang memiliki tujuan. Termasuk dalam hal investasi saham. Penting sekali memiliki tujuan dalam berinvestasi agar seseorang trader ataupun investor bisa bertahan apapun kondisi pasar saham yang terjadi.


Kami sendiri memiliki target finansial yang masih belum tercapai, yaitu dalam waktu dekat ingin merenovasi rumah orang tua. Baik mulai dari upgrade KWh meter PLN, renovasi dapur hingga renovasi kamar tidur yang dilengkapi kamar mandi untuk orang tua yang kini semakin sepuh. Karena kami pun berencana untuk tinggal bersama beliau nantinya. Dan untuk jangka panjang tujuan yang ingin kami capai adalah menyiapkan dana pendidikan anak untuk perkuliahannya. Jadi, bisa dikatakan rencana tujuan investasi saham kami adalah jangka pendek dan jangka panjang.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, saya sudah menaruh hati pada perusahaan Stockbit Sekuritas. Perkenalan saya diawali dengan mencoba untuk melakukan registrasi melalui desktop. Namun, setelah berhasil memiliki akun kemudian diminta untuk melanjutkan proses registrasi yang belum selesai tersebut melalui handphone.


Sayangnya smartphone RAM 2GB yang saya miliki tidak bisa menambahkan aplikasi tambahan. Karena sudah ada aplikasi chatting dan ojek online yang terinstall di handphone cupuku tersebut, membuat HP-ku sudah nggak bisa download App Stockbit. Akhirnya, saya memutuskan untuk menghapus aplikasi ojek online. Sebenarnya untuk ukuran sebuah aplikasi, Stockbit ini sangat ringan cuman sekitaran 33MB. Jauh lebih kecil daripada aplikasi ojek online yang telah saya uninstall. Selain aplikasinya yang ringan, begitu saya sudah berhasil menginstallnya ternyata juga memiliki tampilan yang user-friendly, enak dipandang.


Begitu aplikasi terbuka, saya merasakan atmosfir jika Stockbit ini mendukung gerakan yang dicanangkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni 3P (Paham, Punya, Pantau). Buktinya, kita sebagai user bisa langsung menggunakan virtual trading untuk belajar mengenai seluk-beluk investasi saham. 


Jika berinvestasi diibaratkan berenang, seperti yang sudah saya singgung di atas, maka virtual trading ini seperti virtual swimming atau berenang secara virtual. Jadi, meskipun mengalami risiko, kita tidak benar-benar menerima risiko tersebut. Dan ketika kita berhasil (portofolio hijau) maka efek senang itu timbul di otak, yang membuat kita semakin percaya diri atas kemampuan kita dalam menganalisis saham tertentu dengan lebih tajam dan mendalam.

Virtual trading tersebut bisa diakses baik di desktop maupun di handphone. Kita bisa menggunakan dana virtual sebesar Rp100.000.000 sebagai modal belajar secara gratis. Spesialnya lagi, dana virtual yang kita gunakan untuk virtual trading tersebut akan mengikuti hari bursa sesungguhnya, dengan harga sesuai harga riil saham tersebut pada saat transaksi dilakukan.

Rating di Appstore dan Plyastore pun bagus, lho. Peringkat dan ulasan positif datang dari banyak penggunanya membuat saya paham mengapa sudah ada lebih 1 juta investor yang bergabung dengan Stockbit. Hal ini pun tidak terlepas karena fiturnya yang komplit, dimana Stockbit tidak membiarkan pengguna "berenang" sendirian. Bagaimana pun juga, pasti ada yang masih mengalami kesulitan memahami dunia saham. Asistensi dari Stockbit disebarkan di banyak platform, mulai dari Youtube, Instagram, e-Book, Snips Stockbit, dan Stockbit Academy.

Hal lain yang bikin para pemula tidak merasa "berenang" sendirian untuk meraih target finansial adalah adalah Stockbit layaknya seperti media sosial. Para user dapat saling berinteraksi dan berdiskusi mengenai saham-saham tertentu. Fitur gratis ini bernama Stream. Di dalam fitur ini kita dapat menyesuaikan beberapa kategori seperti News, Report, Ideas, Prediction, Chart dan Insider. Kita bisa memilih apa saja yang ingin kita baca dan pelajari sehingga tidak akan overload informasi yang membuat beban pikiran semakin bertambah.


Fitur Stockbit Pro Bikin Berinvestasi Saham Jadi Tenang dan Menyenangkan


Fitur pertama yang wajib dipakai dan tersedia di Stockbit adalah fitur screener yang membantu kita memilih saham sesuai dengan kriteria. Semisal, kita ingin memiliki saham perusahaan yang banyak bagi-bagi dividend, atau perusahaan yang memiliki fundamental yang bagus, maka dengan mudah temen-temen bisa menggunakan langsung fitur screener yang ada di aplikasi Stockbit. Tidak perlu cek satu persatu emiten perusahaan yang jumlahnya ratusan.

Fitur lain yang mencuri perhatianku adalah price alert. Adanya fitur tersebut sangatlah membantu investor di tengah kesibukannya yang padat. Jam istirahat pun tidak terganggu karena kehadiran fitur tersebut membuat kita tidak harus memantau harga dari portfolio yang dimiliki setiap waktu.


Fitur price alert merupakan tools pengingat yang dapat digunakan trader/investor untuk memberi tahu ketika harga saham sudah mencapai target. Fitur ini akan memberi tahu kita melalui notifikasi yang muncul secara real time ketika harga sudah menyentuh target harga yang telah kita tentukan. Dengan begitu, kita enggak akan terus menerus melakukan pengecekan pergerakan harga saham. Dan tentu saja fitur ini tidak akan membuat kita ketinggalan momentum beli dan/atau jual di harga yang telah kita sesuaikan dengan target.

Sebagai aplikasi saham yang cocok baik untuk teknikal maupun fundamentalis, Stockbit memiliki fitur charting, bernama chartbit. Fitur ini membantu kita untuk meyakinkan diri apakah pilihan untuk membeli/menjual saham sudah pada harga yang pas ataukah tidak


Chartbit memiliki beragam indikator canggih, lebih dari +100, yang akan membantu dalam menganlisis arah gerak saham. Misalnya kita bisa menggunakan indikator Foreign Flow, garis Support and Resistance, batas Stop Loss dan Entry Point yang dapat menampilkan secara real-time data hingga 10 tahun ke belakang. 

Caranya kita cukup mengetik nama emiten yang ingin dianalisis pada kotak di pojok kiri atas seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya akan muncul grafik candle yang menunjukkan pergerakan arah harga saham emiten yang akan dianalisis.




Selain itu, Stockbit Sekuritas juga menawarkan beberapa fitur unggulan lain yang bisa digunakan untuk analisa teknikal dan fundamental. Fitur tersebut saya pilah sebagai berikut:


A. Fitur Pembantu Untuk Analisa Teknikal


Selain Chartbit yang telah dijelaskan di atas, fitur yang dapat digunakan untuk membantu analisa teknikal temen-temen adalah sebagai berikut:

  • Fitur Seasonality (Pro Only), yaitu fitur yang dapat membantu trader/investor untuk mengetahui trend pada suatu emiten dengan kecenderungan naik dan turun di bulan-bulan apa saja.
  • Fitur Hotlist yang dapat membantu kita untuk mengetahui emiten saham-saham mana saja yang mendapatkan kenaikan dan penurunan harga paling banyak.
  • Fitur Bandarmologi (Pro Only) yang memudahkan trader untuk mendeteksi apakah suatu emiten sedang diborong para investor besar sehingga berdampak harga saham langsung naik pesat, dan/ataupun sebaliknya. Dengan fitur ini, temen-temen akan bisa tahu kemungkinan suatu saham akan naik ataukah turun.

B. Fitur Pembantu Untuk Analisa Fundamental


Jika temen-temen merupakan fundamentalis, dapat menggunakan beberapa fitur ini untuk mendukung strategi investasimu:

  • Fitur Valuasi (Pro Only) yang dapat membantu kita sebagai trader/investor untuk mengetahui seberapa besar valuasi perusahaan/emiten tertentu dan membandingkannya dengan perusahaan-perusahaan lain.
  • Fitur Fundachart (Pro Only) yang dapat digunakan untuk membandingkan ratusan Financial Item dan Financial Metrics dengan berbagai pilihan periode yang bisa disesuaikan dengan pilihan periode dan kebutuhan.
  • Fitur Financial (Pro Only) yang dapat digunakan untuk menganalisis laporan keuangan suatu emiten. Temen-temen bisa memodifikasi tampilannya dengan beragam periode seperti Quarterly (per 4 bulanan), Tahunan, YTD, 3 Tahunan, dan masih banyak lagi. Dengan fitur ini, kita bisa menghemat waktu dan energi, tidak tidak perlu membuka laporan keuangan suatu perusahaan dan menghitung secara manual.
  • Fitur Keystats (Pro Only) berfungsi untuk merangkum secara lengkap rasio-rasio fundamental perusahaan. Kita dapat membaca data-data penting tersebut dengan tampilan yang mudah dipahami, rapi, dan menarik. Dengan menggunakan fitur Keystats dari Stockbit ini, temen-temen dapat dengan mudah melakukan analisis fundamental suatu perusahaan karena informasi yang disampaikan sangatlah lengkap mulai dari valuasi perusahaan, alokasi kas, level utang, hingga pembagian dividen.
  • Fitur Earnings (Pro Only) yang dapat memudahkan trader/investor untuk memperoleh rangkuman laba bersih emiten setiap periode secara tepat waktu begitu emiten mengeluarkan laporan keuangannya. Kita pun bisa membandingkannya dengan estimasi analis.
  • Fitur Comparison (Pro Only) yang memudahkan trader/investor untuk membandingkan kinerja beberapa emiten yang bergerak di sektor yang sama.


Fitur-fitur Stockbit Pro di atas memang biasa digunakan oleh investor profesional untuk menunjang aktivitas swing trading maupun long-term investment. Akses ini juga bisa kita dapatkan free trial selama satu bulan lho. Namun jangan khawatir jika free trial-nya sudah habis, karena biaya langganannya terhitung lumayan murah yang sebanding dengan manfaat yang akan kita dapatkan.


Sejauh ini kek-nya baru Stockbit yg benar-benar easy dengan segambreng fitur yang mampu membuat strategi investasi saham yang tepat. Dengan fitur tersebut, kita sebagai trader/investor bisa lebih tenang dan menikmati senangnya aktivitas jual dan beli saham.

Selain fitur yang mendukung dalam analisa teknikal dan fundamental di atas, Stockbit menjadi aplikasi saham pilihan karena keuanggulannya sebagai berikut:

  • Biaya broker yang sangat rendah, yakni fee beli 0,1% dan fee jual 0,2%.
  • Tanpa minimal deposit, jadi terserah kita mau mulai berinvestasi dengan uang berapa saja. Tapi ingat, untuk bisa transaksi jual/beli saham minimal 1 lot ya, atau 100 lembar saham.
  • Proses buka rekening yang super cepat. Jika dulu 5 hari kerja sekarang cukup satu hari kerja saja.


Tak ketinggalan, agar kita selalu update, Stockbit menyediakan halaman khusus dengan nama Stockbit Snips. Halaman blog ini memberikan infromasi terkait tips investasi saham, panduan berinvestasi, dan berita pasar saham terhangat, tercepat, dan teraktual. Bagaimana pun juga, perkembangan peristiwa pasar saham di dunia ini bisa saja berpengaruh terhadap investasi kita. Jika kita jeli dan rajin membaca update Stockbit Snips, maka kita dapat mengambil tindakan preventif untuk menyelamatkan portofolio yang dimiliki sebelum terlambat.


Kita bisa berlangganan artikelnya dengan cara memasukkan email ke dalam kolom yang tersedia seperti pada gambar di bawah ini:



Penutup dan Saran


Setelah membaca beragam keunggulan fitur Stockbit di atas, bagaimana apakah kamu tertarik untuk segera berinvestasi bersama Stockbit? Siapa yang tidak ingin berinvestasi saham dengan aman, nyaman, tenang, dan menyenangkan?

Dengan memilih Stockbit, kita akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan seabrek fitur yang sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan kita dalam berinvestasi. Instruktur profesional Stockbit juga akan banyak membantu para pemula baik yang disiarkan di Stockbit Academy maupun di Youtube Channelnya. Dan tak lupa virtual trading-nya itu lho, yang membuat kita bisa mengukur kepercayaan diri kapan kira-kira siap untuk real bertransaksi saham.

Menurut saya setiap orang yang mengarungi dunia saham pasti berkembang sesuai pengalamannya sama seperti halnya pengalaman dalam berenang. Saya sendiri masih banyak perlu belajar, mengingat target finansial keluarga kami ada yang jangka pendek dan jangka panjang. Jadi sangat perlu bagiku untuk mempelajari analisa teknikal dan fundamental bersama Stockbit.


Semenjak menggunakan Stockbit, dan ini merupakan pengalaman pertama memakai aplikasi saham yang satu-satunya di handphone saya, membuat saya susah move-on ke aplikasi yang lain.

Nanti akan saya share lebih banyak lagi tentang perjalanan dan pengalaman baru bersama Stockbit di blog ini.

Saya pun ingin mengajak kamu, bersama-sama denganku, untuk menggapai target finansial dengan berinvestasi saham bersama Stockbit Sekuritas. Tunggu apa lagi, download Stockbit sekarang!

Jangan lupa untuk follow Instagram dan subcribe Youtube Channel Stockbit. Di sana temen-temen akan banyak mendapatkan edukasi tentang insight dan sejumlah tips investasi saham bersama Stockbit. Pokoknya Stockbit itu menjawab segala keresahan dan kebutuhan pengguna/nasabah dengan cara yang sangat menyenangkan deh.



 

0 Response to "Stockbit, Jadi Pilihan Untuk Investasi Saham yang Menyenangkan dan Bikin Tenang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel