Meraup Keuntungan dengan Investasi ORI019

Penawaran ORI sudah memasuki seri ke-019. Pemerintah menjual ORI019 secara ritel atau ketengan sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.



Masyarakat dapat memesan ORI019 mulai 25 Januari hingga 18 Februari 2021 di Mitra Distribusi (MiDi). Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI019 ini akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2021, termasuk untuk pembiayaan dalam upaya penanganan dan pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.

Berinvestasi pada ORI019 tidaklah menguras kantong, cukup dengan minimal Rp1 juta Anda sudah bisa membeli ORI019 ini. Sedangkan untuk maksimum pemesanan ORI019 dibatasi Rp3 miliar.

Sementara untuk kupon atau imbal hasil yang ditawarkan cukup menggiurkan 5,57% per tahun dengan jatuh tempo 3 tahun (36 bulan).

Oh ya, karena karakteristik ORI019 dapat diperdagangkan di pasar sekunder, maka ada masa minimum holding period (MHP) 1 kali periode pembayaran kupon. Artinya, kepemilikan ORI019 dapat dipindahbukukan mulai tanggal 15 April 2021, investor tidak harus memegang investasi ORI019 selama 3 tahun.

Keuntungan dan Risiko Investasi ORI019


Keuntungan Investasi ORI019:
  • Aman karena pembayaran kupon dan pokok dijamin oleh Pemerintah Indonesia. Jadi tidak ada risiko gagal bayar. 
  • Imbal hasil lebih tinggi dari deposito, ya kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Pajak ORI pun lebih rendah dibandingkan dengan deposito, yakni sebesar 15%. Deposito bisa kena pajak sebesar 20%.
  • Mudah dicairkan karena dapat diperjualbelikan di pasar sekunder maupun di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP)
  • Kupon dengan tingkat imbal hasil tetap sampai waktu jatuh tempo, apapun kondisi pasar
  • Berpotensi memperoleh keuntungan atau capital gain apabila dijual di atas Par Value (harga obligasi pada saat penawaran). Contoh Anda sebelumnya membeli ORI dengan harga par 100%, kemudian dijual kembali pada harga par 101% atau 102%, Anda bisa mendapatkan keuntungan.
  • Selain membantu negara, kehadiran ORI019 dapat memperluas basis investor ritel domestik. Dengan begitu, ketika modal asing cabut, pasar obligasi pemerintah tetap aman lantaran ditopang investor lokal yang kuat.
Risiko Investasi ORI019:

1. Risiko Likuiditas

Risiko likuiditas adalah potensi risiko yang muncul akibat kebutuhan dana tunai pada saat ORI019 belum jatuh tempo

2. Risiko Pasar

Risiko Pasar adalah potensi kerugian apabila terjadi kenaikan tingkat bunga yang menyebabkan penurunan harga ORI019 di pasar sekunder. Kerugian (capital loss) hanya dapat terjadi jika investor menjual ORI019 di pasar sekunder sebelum jatuh tempo pada saat harga pasar di bawah harga belinya.

Tertarik Jadi Investor ORI019? Begini Caranya


Sebelum mengetahui langkah mudah berinvestasi ORI019, berikut ini sejumlah mitra distribusi atau agen yang ditunjuk pemerintah untuk menjual surat utang negara tersebut:
  1. Modalku
  2. Koinworks
  3. Bareksa
  4. DBS
  5. Bank BTN
  6. CIMB NIAGA
  7. Bank BRI         
  8. Bank BNI         
  9. INVISEE
  10. Mandiri Sekuritas
  11. Bank HSBC Indonesia    
  12. Bank OCBC NISP    
  13. UOB
  14. Bank Mandiri
  15. Maybank
  16. Bahana Sekuritas
  17. Tanamduit
  18. Bank BRI
  19. Danamon Indonesia
  20. Bank Panin
  21. Bank Permata
  22. Commonwealth Bank
  23. BRI Danareksa Sekuritas
  24. Investree
  25. Bank BCA

Kalau Anda ingin menjadi investor ORI019, caranya mudah:

  1. Datangi salah satu kantor pusat atau cabang mitra distribusi yang sudah ada di list di atas.
  2. Sediakan dana yang cukup sesuai jumlah pesanan untuk membeli ORI019
  3. Mengisi formulir pemesanan ORI019. Kemudian diserahkan beserta fotokopi KTP yang masih berlaku dan bukti setor kepada mitra distribusi
  4. Menerima tanda terima bukti penyerahan dokumen dari mitra distribusi
  5. Anda bisa mengisi formulir minat investasi ORI019 melalui https://www.kemenkeu.go.id/ori. Pihak Kemenkeu akan menghubungkannya ke agen penjual yang Anda pilih.

Yuk, Mulai Belajar Investasi dari ORI

Produk ORI019 sangat cocok bagi pemula yang baru mulai belajar investasi. Jika masih takut menanamkan modal pada instrumen saham yang memiliki risiko besar, Anda bisa mencoba membeli Surat Utang Negara (SUN) ritel tersebut. Selain minim risiko dan banyak untungnya, investasi ORI019 sama saja turut berpartisipasi mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

0 Response to "Meraup Keuntungan dengan Investasi ORI019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel