Ayo Investasi SBR007 11-25 Juli 2019

Memasuki bulan Juli 2019, Pemerintah akan melakukan penjualan instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN) dengan tingkat kupon mengambang yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007, dengan Pokok-pokok Ketentuan dan Persyaratan sebagai berikut.

Apa itu Savings Bond Ritel (SBR-007)?




Savings Bond Ritel (SBR-007) adalah seri obligasi ritel terbaru yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia melalui pasar perdana dengan masa penawaran 11 hingga 25 Juli 2019.

SBR–007 merupakan obligasi tanpa pasar sekunder dengan jangka waktu selama 2 tahun. SBR-007 mempunyai fitur kupon mengambang dengan tingkat kupon minimal 7,50% p.a dan fitur Early Redemption pada periode yang ditentukan untuk investor dapat mencairkan sebagian kepemilikannya.

Pemerintah membutuhkan sumber dana untuk membiayai anggaran untuk pembangunan nasional khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Penerbitan surat utang ritel, atau surat berharga syariah, bisa menjadi salah satu sumber dana pemerintah selain dari pajak. Dengan mengusung tagline “Aku Pun Bisa Investasi”, Pemerintah memberikan kesempatan kepada setiap Warga Negara Indonesia untuk dapat berinvestasi pada berbagai jenis SBN untuk ritel, salah satunya adalah Saving Bond Ritel (SBR). Dalam waktu dekat ini, pemerintah akan menerbitkan seri terbaru, yakni SBR007.

Sesuai data yang disampaikan di atas, berdasarkan informasi Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan akan segera meluncurkan produk surat utang bagi investor ritel dengan seri SBR007 yang akan terbit pada 11-25 Juli 2019 secara online. Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran.

Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan SBR007 di sejumlah Mitra Distribusi. Belum memiliki akun tetapi ingin berinvestasi SBR007? Sekarang semua mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel sudah bisa dilakukan secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Keuntungan Investasi SBR007


SBR007 adalah salah satu jenis SUN yang bisa menjadi alternatif investasi untuk Warga Negara Indonesia karena menawarkan imbalan berupa Kupon (bunga) minimal 7,50% p.a. Tidak hanya itu, investor SBR007 juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lain. Berikut ulasan 7 keuntungan menjadi investor SBR.

1. Pokok dan kupon dijamin pemerintah

Undang-Undang UU No. 19 Tahun 2008 dan UU tentang APBN menjamin pembayaran pokok dan kupon SBR007, sebagai salah satu bentuk surat berharga negara. Oleh sebab itu, investor tidak perlu khawatir uangnya hilang atau nilai investasinya berkurang.

2. Tingkat kupon kompetitif

Kupon, atau bunga dari SUN ini biasanya lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Dengan jangka waktu simpanan 2 tahun, tentunya investor bisa merasakan keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya dengan menabung di bank.

3. Kupon mengambang (floating with floor)

Penghitungan kupon mengacu pada perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate, dengan jaminan kupon minimal (floating with floor) sampai dengan jatuh tempo. Artinya, ada kemungkinan kupon bisa naik bila acuan naik tetapi tidak bisa turun lebih rendah daripada batas minimal.

4. Kupon dibayar tiap bulan

Pembayaran kupon akan langsung ditransfer ke rekening investor setiap bulan.

5. Early redemption (pencairan awal)

Meski SBR007 tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder, instrumen ini bisa dicairkan lebih awal tanpa dikenakan biaya atau redemption cost oleh pemerintah. Masa pencairan awal ini adalah pilihan dan biasanya bisa diambil setelah setahun berinvestasi. Namun, jumlah yang bisa dicairkan awal maksimal hanya separuh investasi awal dengan sisa saldo Rp1 juta.

6. Kemudahan akses

Transaksi pembelian SBR007 dan pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) dilakukan melalui sistem elektronik (online).

7. Mendukung pembangunan negara

Dengan membeli SBR007, investor berkesempatan mendukung pembiayaan pembangunan nasional karena uang yang dikumpulkan akan digunakan untuk membangun proyek infrastruktur negara.


Cara Mudah Berinvestasi melalui SBR007

Berinvestasi pada instrumen Pemerintah kini kian mudah dengan adanya sistem e-SBN. Melalui e-SBN, anda dapat melakukan pembelian SBR007 dimana saja, kapan saja secara online selama masa penawaran. SBR007 adalah instrumen Pemerintah yang dijual dengan mekanisme online. Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi SBR007 yang akan dirilis pada tanggal 11 Juli 2019. Proses pemesanan pembelian SBR007 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu sebagai berikut.

1. Registrasi
Proses pendaftaran Calon Investor melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis), dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga. Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, dapat menghubungi Midis.

2. Pemesanan
Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan SBR007 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR007.

3. Pembayaran
Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, dan mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi
Setelah pembayaran, Calon Investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR007pada tanggal setelmen/penerbitan.



0 Response to "Ayo Investasi SBR007 11-25 Juli 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel