Temukan Nama Perusahaan yang Bagus dari Semua Jenis Industri

Bagi sebagian orang memilih sebuah nama organisasi ataupun perusahaan bisa dikatakan gampang-gampang sulit. 

Para pengusaha tentunya menginginkan nama yang bagus, unik (belum ada yang menyamai), dan sesuai dengan produk atau layanan yang akan diberikan oleh perusahaan.



Nama perusahaan sendiri akan mewakili karakter produk perusahaan yang dibuat sehingga menjadi identitas yang mampu membedakan dari perusahaan lainnya.

Nama perusahaan itu ada yang saklek, ada yang kekinian. Kamu pilih yang mana? Contoh nama perusahaan yang saklek itu seperti di bawah ini:

  1. Jaya Mandiri
  2. Bangun Sentosa
  3. Indo Perkasa

Sementara itu, nama-nama perusahaan yang kekinian itu seperti berikut:

  1. Nusaprosyariah
  2. Spektrum
  3. Namila
  4. Andini

Tips MemilihNama Perusahaan yang Bagus



Di dalam pemberian nama sebuah bisnis tentunya terdapat banyak harapan, doa dan cita-cita. Di sini saya memberikan tips sedikit saja, yang mungkin tips berikut ini merupakan ide baru bagi temen-temen untuk menemukan nama perusahaan yang bagus.


1. Tak Harus Punya Makna

Jika dulu nama perusahaan harus punya makna, saya anggap sekarang sih hal itu tidak harus. Seperti layaknya nama-nama Arab mungkin. Nama-nama dahulu nggak punya makna lho, contohny Ibrahim, Ismail. 

Begitu juga ketika kita ingin mengaplikasikannya pada nama perusahaan. Sebuah nama bisnis pun tidak harus punya makna.

Salah satu ciri nama itu bagus untuk sebuah brand atau merek dagang adalah ketika nama itu ngga bisa dipahami di awal-awal brand itu dirintis. Dengan seiringnya waktu, nama tersebut akan dikenal dan mudah bagi pelanggan untuk menyebutnya dan terngiang-ngiang terus di kepala.

2. Nama mudah untuk ditulis

Hal penting lainnya adalah nama perusahaan haruslah mudah untuk ditulis. Easy to write. Jangan membuat nama yang sulit untuk diingat dan diucapkan.

Sebagai contoh, orang Indonesia akan lebih mudah menulis SoKlin daripada menulis SoClaen. Contoh lain, gunakan saja Adi, dibandingkan Adhi. Dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan nama yang mudah ditulis tentu akan sangat membantu konsumen maupun pemasar dalam menyebarkan nama perusahaan ke orang lain.

3. Tidak bertentangan dengan ketertiban umum atau kesusilaan.

Nama Perusahaan sebaiknya tidak melanggar tradisi kesusilaan yang berlaku. Dengan demikian, pengaplikasian nama yang mengandung SARA maupun kebencian.

4. Onlinekan bisnis, dengan Cek nama domain terlebih dahulu

Saat ini tentunya dalam membuka usaha penting sekali untuk memiliki website. Dan alamat website sendiri haruslah mengandung nama perusahaan. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk memilih nama perusahaan yang akan kamu bangun, sebaiknya cek dulu apakah domain nama perusahaan mu sudah ada ataukah tersedia. Jika tersedia, saya sarankan untuk segera ambil nama domain tersebut sebagai nama perusahaan mu.

5. Don’ts/Hindari Menyertakan nama tempat

Jika kamu berencana mengembangkan bisnis lebih luas lagi, maka nama dengan lokasi bisa saja membingungkan para customer. Contoh: sedot WC Surabaya. Ketika usahamu akan ekspan ke daerah lain, tentunya hal itu akan menyulitkan orang untuk mengenalinya. Sehingga kamu perlu melakukan modifikasi nama. 


Ide Nama Perusahaan Konstruksi yang Bagus

Perusahaan jasa konstruksi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa bangunan, termasuk sarana dan prasarananya dan juga instalasi mekanikal elektrikal (ME). Perusahaan ini berkembang pesat dan semakin banyak jumlahnya karena memang kebutuhan properti dan bangunan di Indonesia semakin banyak seiring dengan pertumbuhan penduduk dan angka kelahiran yang terus ada.

Nah, beberapa contoh nama perusahaan jasa konstruksi adalah Adikarya Bangun Cipta, Megah Bangun Jaya, Zigma Contractor, Delta Konstruksi, dan lain sebagainya.


Ide Nama Perusahaan Jasa Transportasi yang Bagus


Perusahaan jasa transportasi adalah badan usaha yang bergerak di bidang jasa layanan angkutan baik darat, laut, dan udara. Sebagai negara kepulauan, jasa transportasi sangat banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk mempercepat kegiatan manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Adapun contoh-contoh nama perusahaan jasa transportasi baik darat, laut, dan udara adalah Putra Rajawali Kencana, Easy Go Trans, Aka Optima Angkasa, Melin Indo Transport, dan lain sebagainya.


Ide Nama Perusahaan Jasa Keuangan yang Menarik

Perusahaan jasa keuangan akhir-akhir ini semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan dunia financial technology (fintech). Uang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan juga dijadikan sebagai alat tukar. Perusahaan ini memberikan layanan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan, jasa simpan, dan produk keuangan lainnya, seperti investasi.

Nah, adapun nama-nama perusahaan jasa keuangan yang cocok untuk usaha Anda adalah Kwantum Investment, Tumbuh Bersama Finance, Tifa Mandiri Finance, Sahabat Financial Family, World Smart Investment, Alam Sekuritas, Indo Finance Capital, dan lain sebagainya. 


Ide Nama Perusahaan Penyedia Jasa Kesehatan dan Kecantikan


Perusahaan jasa ini menyediakan pelayanan kesehatan dan kecantikan bagi masyarakat. 

Pelayanan yang diberikan perusahaan meliputi pengobatan, perawatan dan juga penyedia alat-alat kesehatan. Pelayanan ini dilakukan oleh para ahli profesional seperti dokter, bidan, perawat , beauty advisor, dan lain sebagainya.

Nah, contoh nama-nama perusahaan penyedia jasa ini dapat berupa:

  • Jasa Kesehatan: Tumbuh Medika Healthcare, Husada Cahaya Center, Sentosa Nusantara Healthcare, Indo Trustmedis, dan lain sebagainya
  • Jasa Kecantikan: Crystal Skin Clinic, Beauty Kasatama Indonesia, Lumecolors Group, Sinta Jamil Clinic, dan lain sebagainya. 


Ide Nama Perusahaan Jasa Logistik dan Ekspedisi

Perusahaan jasa ini merupakan industri pelayanan jasa pengiriman barang. Pelanggan tidak perlu pergi untuk mengirimkan paket barangnya sendiri. 

Perkembangan jasa pengiriman barang ini sangatlah pesat dengan didukung teknologi yang semakin maju. Bahkan, perusahaan seperti Shopee, Gojek, Grab, dan sebagainya ikut ambil bagian dengan memberikan jasa layanan pengiriman paket barang.

Nama perusahaan jasa logistik dan ekspedisi yang menarik yang mungkin saja menginspirasi Anda adalah Express Delta Logistik, Fastindo Logistik, Trans Universal Logistik, Klik Sekawan Ekspress, dan lain sebagainya.


Ide Nama Perusahaan Jasa Desain




Perusahaan jasa desain merupakan industri yang bergerak di bidang jasa kreativitas. Perusahaan ini memproduksi dan menciptakan suatu hasil kreasi berupa sketasa, bentuk, komposisi garis, hingga warna. Perusahaan ini dapat didirikan oleh perseorangan maupun organisasi.

Adapun contoh nama perusahaan jasa desain yang mungkin dapat Anda gunakan adalah Garuda Creative Desain, New Idea Desain, Megantara Indah Design, Artwork Mediatama, Visual Creativindo, dan lain sebagainya.

Ide Nama Perusahaan Jasa Pendidikan

Perusahaan jasa ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan pendiidkan dan pelatihan untuk meningkatkan minat dan bakat masyarakat.

Mungkin masih tabu di Indonesia jika bidang pendidikan dikomersialkan. Namun, seiring berjalannya waktu kebutuhan layanan pendidikan tidak dapat dielakkan.

Beberapa contoh nama perusahaan jasa pendidikan adalah Pintar Akademi, Pijar Ganesha Utama, Mandala Cipta Ilmu, Terang Cahaya Kartini, dan lain sebagainya.


Nama Perusahaan yang Mengandung Doa


Selain nama-nama di atas, mungkin Anda ingin mengambil nama perusahaan yang ada unsur harapan atau doa. Tujuan pemberian nama perusahaan yang mengandung doa ini tentu saja berharap bisnisnya tetap berjalan dengan lancar sesuai dengan namanya.

Berikut ini adalah nama-nama perusahaan yang bagus dengan ada unsur doanya yang bisa memberikan energi positif pada usaha yang Anda jalankan:

1. Faiz

Faiz adalah nama yang baik yang memiliki arti beruntung, Jadi, bagi para pelaku usaha yang ingin menamai perusahaannya bisa menambahkan nama tersebut, di mana diharapkan bisnisnya dapat terus menguntungkan dan mendatangkan laba yang besar.

2. Barokah atau Berkah

Barokah artinya mendapatkan keberkahan. Secara istilah ini mengacu pada rezeki yang tiada putus dan meluber untuk orang-orang sekelilingnya. Nama ini cocok untuk perusahaan jasa transportasi, industri makanan dan minuman (Food and Beverage), restoran, cafe, dan lain sebagainya.


3. Al-Razaak

Razaak memiliki arti pemberi rejeki. Para pelaku usaha dapat menamai bisnisnya dengan nama razaak sebagai harapan agar bisnisnya dapat mendatangkan rezeki bagi para pegawai dan orang lain. Indah, bukan?

Membuat nama perusahaan yang bagus memang banyak hal yang musti diperhatikan. Karena nama perusahaan akan menjadi ujung tombak dalam melakukan kegiatan promosi. Selamat mencoba mendapatkan nama yang terbaik, semoga sukses

0 Response to "Temukan Nama Perusahaan yang Bagus dari Semua Jenis Industri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel