Temukan Nama Perusahaan yang Bagus

Bagi sebagian orang memilih sebuah nama organisasi ataupun perusahaan bisa dikatakan gampang-gampang sulit. 

Para pengusaha tentunya menginginkan nama yang bagus, unik (belum ada yang menyamai), dan sesuai dengan produk atau layanan yang akan diberikan oleh perusahaan.



Nama perusahaan sendiri akan mewakili karakter produk perusahaan yang dibuat sehingga menjadi identitas yang mampu membedakan dari perusahaan lainnya.

Nama perusahaan itu ada yang saklek, ada yang kekinian. Kamu pilih yang mana? Contoh nama perusahaan yang saklek itu seperti di bawah ini:

  1. Jaya Mandiri
  2. Bangun Sentosa
  3. Indo Perkasa

Sementara itu, nama-nama perusahaan yang kekinian itu seperti berikut:

  1. Nusaprosyariah
  2. Spektrum
  3. Namila
  4. Andini

Di dalam pemberian nama sebuah bisnis tentunya terdapat banyak harapan, doa dan cita-cita. Di sini saya memberikan tips sedikit saja, yang mungkin tips berikut ini merupakan ide baru bagi temen-temen untuk menemukan nama perusahaan yang bagus.


1. Tak Harus Punya Makna

Jika dulu nama perusahaan harus punya makna, saya anggap sekarang sih hal itu tidak harus. Seperti layaknya nama-nama Arab mungkin. Nama-nama dahulu nggak punya makna lho, contohny Ibrahim, Ismail. 

Begitu juga ketika kita ingin mengaplikasikannya pada nama perusahaan. Sebuah nama bisnis pun tidak harus punya makna.

Salah satu ciri nama itu bagus untuk sebuah brand atau merek dagang adalah ketika nama itu ngga bisa dipahami di awal-awal brand itu dirintis. Dengan seiringnya waktu, nama tersebut akan dikenal dan mudah bagi pelanggan untuk menyebutnya dan terngiang-ngiang terus di kepala.


2. Nama mudah untuk ditulis

Hal penting lainnya adalah nama perusahaan haruslah mudah untuk ditulis. Easy to write. Jangan membuat nama yang sulit untuk diingat dan diucapkan.

Sebagai contoh, orang Indonesia akan lebih mudah menulis SoKlin daripada menulis SoClaen. Contoh lain, gunakan saja Adi, dibandingkan Adhi. Dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan nama yang mudah ditulis tentu akan sangat membantu konsumen maupun pemasar dalam menyebarkan nama perusahaan ke orang lain.

3. Tidak bertentangan dengan ketertiban umum atau kesusilaan.

Nama Perusahaan sebaiknya tidak melanggar tradisi kesusilaan yang berlaku. Dengan demikian, pengaplikasian nama yang mengandung SARA maupun kebencian.

4. Onlinekan bisnis, dengan Cek nama domain terlebih dahulu

Saat ini tentunya dalam membuka usaha penting sekali untuk memiliki website. Dan alamat website sendiri haruslah mengandung nama perusahaan. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk memilih nama perusahaan yang akan kamu bangun, sebaiknya cek dulu apakah domain nama perusahaan mu sudah ada ataukah tersedia. Jika tersedia, saya sarankan untuk segera ambil nama domain tersebut sebagai nama perusahaan mu.

5. Don’ts/Hindari Menyertakan nama tempat

Jika kamu berencana mengembangkan bisnis lebih luas lagi, maka nama dengan lokasi bisa saja membingungkan para customer. Contoh: sedot WC Surabaya. Ketika usahamu akan ekspan ke daerah lain, tentunya hal itu akan menyulitkan orang untuk mengenalinya. Sehingga kamu perlu melakukan modifikasi nama. 

Membuat nama perusahaan yang bagus memang banyak hal yang musti diperhatikan. Karena nama perusahaan akan menjadi ujung tombak dalam melakukan kegiatan promosi. Selamat mencoba mendapatkan nama yang terbaik, semoga sukses

Temukan Nama Perusahaan yang Bagus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dafik

0 comments:

Post a comment