Kupon SBR010 Menggiurkan, Dijadwalkan Rilis 21 Juni 2021

Sebelumnya direncanakan bahwa SBR010 akan terbit pada bulan Juni 2020. Namun, dengan alasan tertentu kemudian pemerintah melalui Kementerian Keuangan menjadwalkan dengan diterbitkannya ORI017. Nah, pada tahun ini SBR010 kembali akan diluncurkan pada 21 Juni 2021 dengan kupon yang cukup menggiurkan.

Karakteristik SBR yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder ini menjadi alasan pada tahun 2020 tidak jadi diterbitkan. Karena tidak dapat dialihtangankan hingga dua tahun, para MiDis (Mitra Distribusi) menilai SBR010 kurang menarik untuk kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Sehingga penawaran instrumen ORI017 yang sebetulnya pada Oktober 2020 kemudian lebih cepat dijadwalkannya menggantikan SBR010.


SBR010 merupakan instrumen/portofolio investasi Saving Bond Ritel ke-10 yang bakal diterbitkan pemerintah melalui unsur pelaksana Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada bulan Juni 2021. 

Kamu dapat membeli SBR010 sebagi jenis investasi jangka menengah karena karakteristiknya yang tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu apabila ada kebutuhan mendesak.

Kamu bisa memesan seri SBR ke-10 ini ini secara online melalui mitra distribusi (MiDis) yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan mulai 21 Juni 2021. Dengan modal mulai Rp1 juta saja, kamu sudah membantu pembangunan infrastruktur nasional dan menambah basis investor di dalam negeri.

Keunggulan atau  keuntungan apabila kamu berinvestasi pada SBR010 dibandingkan dengan jenis investasi lainnya adalah seperti berikut ini:

  • Imbal hasil atau kupon SBR010 dan nominal pokoknya lebih tinggi dibandingkan deposito dan akan ditanggung oleh undang-undang SUN yang dananya disediakan oleh APBN setiap tahunnya.
  • Selanjutnya SBR010 memiliki keunggulan berupa tersedianya fasilitas early redemption tanpa dikenakan redemption cost sampai pada saat jatuh tempo.
  • Tidak hanya membantu negara, kamu yang membeli SBR010 telah ikut berpartisipasi dalam memperluas basis investor ritel domestik. 
  • SBR010 memiliki risiko gagal bayar yang sangat rendah, karena pembiayaan dijamin dan dikelola langsung oleh pemerintah.


Kamu yang merupakan generasi milenial sangat cocok jika membeli portofolio investasi SBR010 ini sebagai instrumen jangka waktu menengah. Sedangkan bagi yang sudah pensiun, SBR010 ini bisa digunakan sebagai alternatif dari deposito mengingat kupon atau imbal hasilnya lebih baik dibandingkan deposito. Untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih optimal, kamu disarankan untuk melakukan diversifikasi investasi untuk mengurangi risiko yang ada.

0 Response to "Kupon SBR010 Menggiurkan, Dijadwalkan Rilis 21 Juni 2021"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel