Bidang Usaha dan Contoh Varian Produk Indofood

Indofood adalah perusahaan makanan yang perdana yang ada di indonesia dan menguasai pasaran dalam negeri melalui berbagai produknya termasuk mie instan, tepung terigu, berbagai macam merek minyak, dan lemak nabati, makanan bayi, serta makanan ringan. Selain itu, perusahaan Indofood juga mamproduksi produk bumbu makanan bermerek yang memainkan peranan penting dalam menopang stabilitas bisnis. 

Indofood didukung dengan kekuatan fundamental produk yang antara lain adalah mie instan Indomie, Supermi, Sarimi, Popmie, dan mie Sakura; minyak sayur dan margari Bimoli dan Royal Palmia; makanan ringan berupa Chitato, Qtela, Jetz, Cheetos, Chiki, Lays, Doritos, Trenz, Dueto, dan Wonderland; dan produk makanan bayi Promina dan Sun, serta kecap Indofood.



Sejarah Indofood Hingga Menjadi Total Food Solutions


PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) merupakan salah satu perusahaan go public yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman kemasan, bumbu, minyak goreng, pabrik gandum dan pabrik pembuatan karung tepung. 

Berawal dari sebuah perusahaan mie instan Indomie yang diluncurkan pada tahun 1982, Indofood kini secara progresif telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions. Dengan segala sumber bahan dasar yang berkualitas dan dengan kegiatan operasi yang mencakup seluruh tahapan proses produksi hingga menjadi produk jadi (finished goods), produk-produk Indofood kini banyak tersedia atau bahkan menguasai di rak-rak minimarket para pedagang retail.

Sebagai perusahaan terkemuka dalam industri makanan olahan di Indonesia, Indofood didukung memiliki sistem saluran distribusi yang ekstensif sehingga produk-produknya mudah masuk dan dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, saat ini Indofood merupakan salah satu perusahaan yang memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia.



Bidang Usaha PT. Indofood



Perusahaan Indofood mengoperasikan empat Kelompok Usaha Strategis (Grup) yang saling melengkapi, yaitu:
  1. Produk Konsumen Bermerek (CBP), grup CBP ini memproduksi berbagai macam produk makanan dalam kemasan yang meliputi Divisi Mie Instan, Penyedap Makanan, Makanan Ringan, Nutrisi & Makanan Khusus serta Biskuit.
  2. Bogasari, grup ini memiliki kegiatan utama memproduksi tepung terigu dan pasta. Kegiatan grup Bogasari ini mendapat dukungan dari unit perkapalan dan kemasan.
  3. Agribisnis, kegiatan utama grup bisnis ini mencakup research and development (RnD), pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi minyak goreng, margarin dan shortening. Selain itu, kegiatan usaha grup ini juga mencakup pembudidayaan dan pengolahan karet, tebu, kakao, teh, dan tanaman lainnya.
  4. Distribusi, grup ini bertugas mendistribusikan seluruh produk Indofood dan produk-produk pihak ketiga di seluruh wilayah Indonesia. 


Contoh Produk Indofood




Dengan sampai saat ini, perusahaan ini sudah mengeluarkan produk-produk yang sudah dikenal oleh masyarakat dalam berbagai bidang makanan. Produk-produk sudah diproduksi adalah sebagai berikut:

1. Mie instan

Produk-produk mie instan dari Indofood adalah Indomie, Supermi, Sarimi, Sakura, Pop Mie, Pop Bihun, dan Mie Telur Cap 3 Ayam. Produk mie instan ini diproduksi dalam berbagai varian rasa nusantara.

2. Makanan Ringan

Makanan ringan atau snack hasil produksi Indofood adalah Chitato, Lays, Qtela, Cheetos, dan Jetz. Untuk produk makanan ringan juga di produksi dalam berbagai varian rasa, dengan mengikuti tren rasa saat ini.

3. Nutrisi dan Makanan Khusus

Produk-produknya mencakup kebutuhan untuk ibu hamil dan juga bayi, antara lainnya adalah Promina, SUN, Govit, dan Provita.

4. Dairy

Secara keseluruhan, produk-produk ini memiliki pertumbuhan pasar yang pesat. Produk susu ini terbuat dari berbagai varian rasa dan bentuk, seperti susu kemasan, susu kental manis, es krim, dan butter. Sebagai contoh produk-produknya adalah Indomilk, Cap Enaak, Tiga Sapi, Indomilk Champ, Calci Skim, Orchid Butter, dan Indoeskrim.


5. Beverages

Produk-produk minuman kemasan yang diproduksi adalah Ichi Ocha, Tekita, Caféla, Club, 7Up, Tropicana Twister, dan Fruitamin.

6. Penyedap Makanan

Produk-produk Indofood yang merupakan bumbu penyedap rasa adalah Bumbu Racik, Indofood Freiss, Sambal Indofood, Kecap Indofood, Kecap Piring Lombok, Maggi, dan Bumbu Spesial Indofood

7. Tepung Terigu dan Pasta

Produk tepung terigu dan pasta yang ada merupakan produk yang  sudah sangat dikenal masyarakat, yaitu Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru, Lencana Merah, Chesa, dan La Fonte

8. Minyak Goreng dan Mentega

Produk Indofood merek Bimoli dan Palmia mewakili bagian minyak goreng dan mentega yang masing-masing terdiri dari beragam ukuran dan bentuk kemasan.


Itulah ulasan mengenai berbagai jenis produk-produk Indofood. Perusahaan Indofood ini menjalankan bisnis dari bidang industri hilir yang telah mampu memproduksi produk akhir berupa bahan makanan dalam kemasan. Perusahaan Indofood juga sangat peduli terhadap pengembangan karyawannya. Dengan demikian, sangat diharapkan mereka mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi peningkatan produktivitas perusahaan. Luar biasa bukan Indofood ini?

0 Response to "Bidang Usaha dan Contoh Varian Produk Indofood"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel