Mengenal Signalling Theory, Manfaat, dan Hubungannya dengan Rasio Keuangan

Mengambil keputusan dalam investasi memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan berbagai aspek yang harus dipertimbangkan agar tidak salah langkah. Salah satu hal yang bisa diupayakan adalah dengan memahami signalling theory. 

Secara prinsip, signalling theory adalah suatu keputusan yang diambil oleh investor, emiten, atau pemerintah yang nantinya keputusan tersebut akan memberikan sinyal pada pasar akan kecenderungan (trend) di masa yang akan datang. 

Bagi investor pemula, mempelajari teori ini merupakan keputusan yang tepat. Bagi Anda yang baru terjun ke dunia saham, tidak ada salahnya menambah pengetahuan mengenai teori signal ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini.



Pengertian Signalling Theory

Pada dasarnya, signalling theory adalah teori yang menggambarkan alasan perusahaan memiliki dorongan memberikan informasi laporan keuangan ke bagian eksternal. Nah, tindakan ini diambil pihak manajemen perusahaan untuk memberikan petunjuk yang tepat bagi investor. 

Terutama tentang bagaimana melakukan manajemen prospek perusahaan di masa mendatang. Perusahaan yang memiliki potensi profit besar cenderung menghindari penjualan saham. Selain itu, perusahaan tersebut akan mengusahakan setiap modal yang harus dikeluarkan dengan metode lain. 

Tak terkecuali penggunaan utang yang melewati batas target struktur modal yang normal. Hal ini berbeda dengan perusahaan dengan  prospek yang kurang menguntungkan, biasanya mereka akan menjual sahamnya. 

Suatu perusahaan akan mengumumkan emisi saham dengan memberikan isyarat atau signal bahwa kondisi manajemen perusahaan sedang di ambang kesuraman. Ketika perusahaan menerbitkan saham baru dengan frekuensi lebih sering, harga saham tersebut biasanya akan menurun. 

Hal ini karena penerbitan saham baru lebih sering dari biasanya menjadi salah satu indikasi atau isyarat negatif. Setelah itu, hal ini akan menimbulkan penekanan harga saham sekaligus prospek perusahaan yang lebih cerah.

Manfaat Signalling Theory Bagi Investor

Adanya isyarat atau signal merupakan suatu petunjuk bagi investor mengenai tindakan yang diambil perusahaan pada prospek tertentu. Sinyal ini akan memberikan informasi mengenai apa yang dilakukan manajemen dan merealisasikannya sesuai tujuan. 

Pada dasarnya, informasi yang dikeluarkan perusahaan merupakan elemen krusial. Hal ini karena pengaruhnya terhadap keputusan investasi terhadap pihak eksternal perusahaan. Signal ini penting bagi pelaku bisnis dan investor untuk berinvestasi ke depannya. 

Hal ini karena hakikatnya akan menyajikan keterangan dan gambaran untuk berbagai keadaan di masa lalu maupun masa mendatang. 

Alasan Dibutuhkannya Signalling Theory

1. Informasi Merupakan Unsur Penting Investor

Bagi investor dan pelaku bisnis, keberadaan informasi begitu penting karena akan menyajikan keterangan yang dibutuhkan. Informasi yang diperlukan adalah yang lengkap, akurat, dan relevan terhadap keputusan investor di pasar modal. 

Informasi signai ini bisa menjadi alat analisis agar investor bisa mengambil keputusan investasi yang tepat. Informasi yang diberikan berupa pengumuman yang dilakukan perusahaan. Adapun jika pengumuman tersebut bernilai positif, maka pasar akan bereaksi untuk menerimanya.

2. Terdapat Asimetri Informasi antara Perusahaan dan Pihak Eksternal

Signal theory akan menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan terdorong untuk menyampaikan informasi keuangan yang dialaminya ke pihak luar. Adapun dorongan tersebut terjadi karena terdapat asimetri informasi antara perusahaan dan pihak eksternal. 

Tentunya, hal ini karena perusahaan alebih mengetahui bagaimana prospek manajemennya di masa mendatang dibanding investor dan kreditor yang merupakan pihak luar. Disinformasi yang dialami pihak luar membuat mereka bersifat protektif dengan menawarkan harga rendah ke perusahaan. 

Oleh karena itu, perusahaan dapat meningkatkan harganya dengan mengurangi informasi asimetri terhadap pihak luar. Adapun salah satu cara untuk mengurangi informasi asimetri tersebut adalah dengan memberikan signal tertentu.

Ketika informasi sudah disampaikan, maka informasi tersebut akan diterima oleh semua pelaku pasar. Baik sinyal yang baik atau tidak, pengumuman tersebut merupakan informasi penting bagi para investor. 

Tak heran jika nantinya informasi tersebut akan berpengaruh terhadap volume perdagangan saham. Pengumuman informasi akuntansi akan memberikan sinyal good news, yaitu dimana perusahaan memiliki prospek yang bagus di masa depan. 

Dengan demikian, para investor akan tertarik untuk melakukan transaksi perdagangan saham. Hal ini merupakan salah satu reaksi pasar yang tercermin dalam perubahan perdagangan saham.

Hubungan Signaling Theory dengan Rasio Keuangan

Secara umum, signalling theory ini akan berhubungan dengan ketersediaan informasi yang ada. Adapun laporan keuangan tersebut bisa menjadi pendorong investor untuk mengambil keputusan. Adapun laporan finansial tersebut merupakan bagian paling krusial dari hasil analisis fundamental. 

Perusahaan yang telah go public pada umumnya telah melakukan analisis rasio keuangan sedemikian rupa. Adapun anallisis ini perlu dilakukan untuk menginterpretasikan laporan keuangan yang sudah dilakukan manajemen.

Penggunaan signalling theory l bisa berupa peningkatan terhadap pengembalian terhadap aset atau laba. Dengan demikian, hal ini bisa menjadi sinyal yang baik bagi para investor untuk melakukan melakukan perdagangan saham.

Adapun permintaan saham yang semakin meningkat akan membuat harganya pun lebih mahal. Profit yang tinggi ini menggambarkan bahwa perusahaan memiliki prospek yang baik. Tak heran jika investor akan memberikan respon positif sehingga nilai perusahaan semakin meningkat.

Pada dasarnya, teori sinyal ini memiliki hubungan yang erat dengan informasi laporan finansial. Oleh karena itu, pembukuan yang baik sangat diperlukan sejak awal usaha. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai informasi keuangan untuk pihak internal maupun eksternal. 

Dengan melakukan pembukuan yang baik, pihak perusahaan akan lebih mudah membuat laporan finansialnya. Termasuk ketika dalam  masa suram sekalipun, pembukuan ini sangat diperlukan untuk menyampaikan informasi dengan benar.

Signaling theory pada dasarnya merupakan teori yang perlu diperhatikan dengan benar oleh investor dan pelaku bisnis. Hal ini akan mempengaruhi sikapnya terhadap perdagangan saham di pasar modal. Selain itu, teori ini sangat bermanfaat untuk mengambil keputusan investasi.

1 Response to "Mengenal Signalling Theory, Manfaat, dan Hubungannya dengan Rasio Keuangan"

Kunta Taqiyya said...

Terima kasih Pak Alamgkah lebih baik kalau ada referensi yang disebutkan di sini pak. Selain untuk menghormati peneliti sebelumnya, juga agar dapat menjadi referensi bagi peneliti setelahnya. Salam, Pak

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel