Syarat dan Cara Menjadi Mitra SRC, Keuntungan dan Risikonya

Seiring berkembangnya teknologi tampaknya membuat segala hal ikut berkembang sedemikian rupa. Termasuk aspek bisnis yang ikut merambah ke dunia maya. Sebagai contohnya adalah program mitra SRC yang tengah booming belakangan ini. 

Kehadiran program unggulan di Indonesia tersebut ternyata mampu menyumbang berbagai macam manfaat baik bagi setiap mitranya. Tidak heran rasanya apabila program ini menjadi salah satu harapan untuk kemajuan ekonomi skala nasional.

Mitra SRC via src.id


Apa itu Mitra SRC?

SRC merupakan kepanjangan dari Sampoerna Retail Community. Mitra SRC merupakan program yang dibentuk oleh PT. HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) dengan fokus bisnis UKM. Program ini tentunya digadang-gadang banyak menawarkan manfaat baik bagi setiap anggotanya. 

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa mitra SRC merupakan komunitas toko kelontong terbesar masa kini dengan jumlah anggota mencapai lebih dari 1200 toko di seluruh Indonesia. Bahkan program komunitas ini juga mempunyai 6000 paguyuban. 

SRC juga dilengkapi dengan program pendampingan usaha yang berkelanjutan termasuk tentang penataan toko, aktivitas pelanggan, manajemen toko melalui aplikasi digital, aktivasi pelanggan, pengembangan usaha hingga berbagai macam peluang gemilang lainnya. 

Kini SRC menyediakan 2 macam program pendampingan usaha secara berkelanjutan. Program tersebut diantaranya program mitra untuk pedagang grosir dan toko SRC untuk para pelaku usaha/pemilik toko kelontong. 

Tentunya dengan adanya program ini diharapkan mampu mencetak kemajuan perekonomian yang lebih baik lagi. Pengelolaan toko pun akan semakin terarah, mudah dan praktis lewat aplikasi yang memang sudah disediakan. 


Syarat dan Cara Menjadi Mitra SRC 

Aplikasi Ayo SRC via src.id

Bergabung menjadi salah satu mitra dari SRC tentu akan memberikan segudang manfaat baik bagi Anda. Akan tetapi, jangan lupa perhatikan dengan baik apa saja persyaratan yang perlu dilengkapi untuk menjadi mitra tersebut. 

Jika sudah menyiapkan persyaratan yang harus dipenuhi, maka selanjutnya Anda dapat langsung menyimak bagaimana cara menjadi mitra tersebut. Terutama bagian persyaratan, cobalah untuk mencermatinya dengan baik. 

1. Syarat Menjadi Mitra dan Toko SRC 

Agar bisa segera menjadi mitra maupun toko SRC, maka Anda perlu segera melengkapi sejumlah persyaratan, seperti:

  • Sudah mempunyai kios grosir maupun toko kelontong sendiri. 
  • Kios grosir atau toko kelontong tersebut harus sudah terdaftar pada HM Sampoerna. 
  • Mempunyai keinginan untuk bisa mengembangkan usaha dan senantiasa optimis bergerak maju.
  • Menghubungi layanan tim SRC agar bisa segera mengajukan toko lewat email maupun nomor telepon.
  • Mampu memenuhi kriteria atau parameter 4P yaitu Penampilan, Perlengkapan, Pengembangan Bisnis dan Pengelolaan. 

2. Syarat untuk Memenuhi Kriteria 4P 

Salah satu syarat penting menjadi mitra maupun toko SRC adalah memenuhi kriteria 4P. Agar bisa memenuhi kriteria 4P, maka Anda perlu memperhatikan syarat-syarat penting, seperti:

  • Penampilan 

Pada bagian penampilan nantinya toko akan dilakukan pengecatan baik indoor maupun outdoor. Kemudian, akan dilakukan penataan ruangan yang baik, menempatkan sebuah gudang, label harga hingga penerangan yang cukup baik.

  • Perlengkapan 

Sisi penampilan nantinya toko yang sudah didaftarkan tersebut harus memiliki perlengkapan yang memadai. Misalnya, rak, keramik, mesin dan meja kasir hingga plafon. Kelengkapan toko tersebut dibutuhkan demi bisa menunjang keberlangsungan kegiatan di dalam toko. 

  • Pengelolaan 

Untuk sisi pengelolaan toko juga memiliki persyaratan yang penting. Poin pengelolaan toko 4P adalah adanya administrasi memadai, rekap pengeluaran hingga rekap penjualan toko. Jelasnya, hal-hal tentang pengelolaan toko harus dapat berjalan nantinya dengan baik dan teratur. 

  • Pengembangan Bisnis 

Terakhir ialah pengembangan bisnis. Toko kelontong yang dikelola tersebut dapat dimultifungsikan dengan hal-hal lain yang bermanfaat. Misalnya, mampu melakukan pelayanan PPOB, pertamini, menjual berbagai macam minuman dan sebagainya. 

3. Cara Menjadi Mitra dan Toko SRC 

Saat Anda sudah memenuhi semua persyaratan untuk menjadi mitra dan toko SRC, maka berikutnya bisa langsung menyimak langkah-langkahnya berikut.

  • Hubungi sales HM Sampoerna untuk melakukan pengecekan langsung ke toko kelontong Anda. Untuk menghubungi sales HM Sampoerna, sebaiknya langsung kirimkan email ke alamat csayosrc@src.id. 
  • Tunggu sales tiba ke lokasi dan melakukan pengecekan secara langsung.
  • Jika sudah, maka sales akan mendaftarkan toko kelontong Anda sebagai mitra. 


Keuntungan dan Resiko Menjadi Mitra SRC 

Kehadiran inovasi teknologi dalam dunia bisnis tentu akan sangat menguntungkan. Tanpa terkecuali program mitra dan toko SRC. Faktanya, program ini dikabarkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat skala nasional. 

Wajar saja jika program ini sangat direkomendasikan bagi Anda selaku pemilik toko kelontong yang ingin selalu usahanya ramai dan terkoordinir dengan baik. Hanya saja sebelum memutuskan mendaftar, pastikan Anda juga sudah mengetahui tentang resikonya.

QRIS via src.id


1. Keuntungan Menjadi Mitra dan Toko SRC 

Setidaknya ada tiga keuntungan utama yang akan Anda peroleh ketika mendaftarkan diri sebagai mitra dan toko SRC. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya:

  • Memperoleh Pendampingan Usaha 

Dengan mendaftarkan toko sebagai mitra, maka Anda bisa mendapatkan manfaat pendampingan usaha. Tentunya hal ini selaras dengan tujuan SRC yakni membantu usaha toko kelontong yang dimiliki oleh masyarakat agar mampu bersaing dengan maraknya convenient store. 

Bentuk pendampingan usaha yang dapat diberikan SRC ialah penataan toko, melakukan ekspansi bisnis, aktivasi konsumen hingga peluang bisnis gemilang lainnya. Tidak lupa, Anda juga akan memperoleh mitra usaha baru bagi toko yang dimiliki. 

  • Menjadi Bagian dari Komunitas Dagang (Paguyuban)

Bukan hanya bisa memberikan pendampingan usaha bagi Anda saja. Apabila menjadi bagian dari mitra dan toko SRC, maka Anda bisa menjadi bagian dari komunitas dagang/paguyuban yang tersedia. Paguyuban seperti ini tentunya sangat penting sebagai wadah saling bertukar cerita. 

Misalnya, berbagi saran dan kiat terkait outlet yang dimiliki. Di samping itu, Anda juga akan mendapatkan koneksi yang lebih luas lagi. Kenalan sesama pebisnis toko kelontong juga akan semakin banyak. Hal tersebut pastinya sangat menguntungkan bagi Anda. 

  • Mampu Meningkatkan Daya Saing 

Terakhir adalah mampu meningkatkan daya saing. Terlebih dengan adanya kriteria 4P, maka secara otomatis pemilik toko kelontong akan berlomba-lomba fokus ke toko masing-masing untuk memberikan yang terbaik.

Khususnya dari segi estetika, pemilik toko harus memperhatikan bagaimana penataan ruangan secara baik dan optimal. Utamakan untuk memberi pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan di toko Anda secara maksimal. 

  • Dilengkapi dengan Fasilitas Pembayaran QRIS
Perkembangan teknologi yang begitu pesat juga mendorong SRC untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. SRC menyediakan beragam jenis pembayaran non tunai guna untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satunya adalah jenis pembayaran melalui Quick Response Code atau biasa di sebut QR Code, yang disebut dengan QRIS.

SRC telah menjalin kerja sama dengan LinkAja untuk membantu toko kelontong yang bermitra dengan SRC agar bisa menerima pembayaran non tunai melalui QRIS LinkAja.

2. Resiko Menjadi Mitra dan Toko SRC 

Sebetulnya hampir tidak ada kerugian atau resiko mengkhawatirkan ketika Anda memilih menjadi mitra dan toko SRC. Hanya saja pada bagian persyaratan, harus benar-benar Anda pahami. Kokohkan persyaratan dari awal agar bisnis toko kelontong dapat berjalan dengan baik.

Menjadi mitra SRC tentu akan memberikan keuntungan gemilang bagi bisnis toko kelontong Anda. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Teruslah optimis bekerja dan pantang menyerah dalam memberikan inovasi.

0 Response to "Syarat dan Cara Menjadi Mitra SRC, Keuntungan dan Risikonya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel