Karakteristik dan Khasiat Batu Ruby, Ini Harganya!

Batu ruby dikenal memiliki banyak sekali khasiat. Jenis batu permata ini memiliki warna khas seperti warna merah buah delima, sehingga banyak yang menyebutnya dengan istilah batu merah delima.

Batu ruby memiliki keindahan yang tidak ada pada jenis batu lainnya. Karena harganya yang tinggi dan dapat digunakan sebagai instrumen investasi membuat batu ruby ini menjadi incaran banyak orang, khususnya mereka kaum sosialita. Sayangnya banyak orang yang membuat imitasinya. Jadi, Anda harus berhati-hati ketika ingin membeli batur ruby ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencoba mengoleksi batu permata ini sebagai investasi dan juga ingin mendapatkan khasiatnya, maka harus berhati-hati dan jeli. Jangan sampai khasiat batu ruby yang Anda kenakan tidak Anda dapatkan, karena batu ruby yang Anda beli palsu.

Nah, baca selengkapnya artikel di bawah ini yang akan menjelaskan khasiat batu ruby dan juga cara mengetahui keasliannya melalui karakteristik umum dari jenis batu permata ini.



Apa itu Batu Ruby?

Batu ruby atau mirah delima, merah delima, yaqut adalah jenis batu mulia dari mineral korundum (aluminium oksida) yang berwarna merah dengan variasi antara merah muda hingga merah darah.


Ciri-Ciri Batu Ruby



Agar tidak mudah tertipu dengan batu ruby palsu yang ada di pasaran, yuk cari tahu karakteristik batu ruby asli, yaitu seperti penjelasan di bawah.

1. Ketahanan dan kekerasan batu ruby asli

Keaslian batu ruby dapat dilihat dari tingkat kekerasannya. Ciri batu ruby asli memiliki ketahanan mencapai 9,0 skala Mohs. 

Batu ruby sendiri dihasilkan dari kristal korundum mineral, yaitu aluminium oksida yang merupakan salah satu jenis mineral paling kuat dan tahan di bumi.

Bahkan, ketika Anda menggoreskan baja ke permukaannya, tidak akan ditemukan hasil goresannya sedikitpun pada batu ruby asli ini.


2. Warna batu ruby asli

Ciri batu ruby yang asli berikutnya adalah memiliki warna merah yang cerah dan bersinar meskipun pada lapisan permukaan di bawahnya. Sedangkan batu ruby palsu identik dengan warna merah yang kusam dan tidak cerah. 

Jika Anda menemui seseorang yang menawarkan batu ruby namun warnanya merah gelap, itu kemungkinan adalah batu garnet, bukan batu ruby. 

3. Memiliki serat batu

Jika diamati lebih dalam, batu ruby asli memiliki kecacatan (crack) berupa serat batu karena ditempa dari proses alam. Sedangkan batu ruby palsu dibuat melalui proses sintesis sehingga tidak memiliki serat batu tersebut.

Ciri-ciri lain yang menandakan batu ruby tersebut palsu adalah jika terdapat gelembung di dalamnya. Jika Anda melihat gelembung-gelembung kecil (bony amber), kemungkinan besar itu adalah batu imitasi.


4. Mampu meneruskan cahaya

Untuk mengecek keaslian batu ruby, Anda dapat memberikan pencahayaan, misalnya sinar senter, ke permukaannya. Jika batu tersebut meneruskan sinar dan memantulkan cahaya, maka batu ruby itu kemungkinan asli.

Batu ruby asli akan memantulkan cahaya dan membentuk sinar six-point star atau sinar berbentuk bintang, atau three-ray yang dihasilkan dari serat yang terdapat dalam batu ruby asli.  


5. Sertifikat keaslian

Belilah batu ruby yang bersertifikat, terutama dari toko perhiasan atau dari golongan orang-orang tertentu. Pastikan batu ruby tersebut memiliki sertifikat yang menyatakan keaslian dari batu permata ini. 

Khasiat dan Manfaat Batu Ruby




  1. Batu ruby dinilai sebagai batu yang mampu memberikan energi positif, gairah, cinta, kekuatan, dan semangat hidup. Batu ini juga dikatakan sebagai batu keberanian yang memberikan semangat hidup.
  2. Batu ruby dikenal dapat memberikan keseimbangan dan energi yang berkhasiat untuk men-detoksifikasi darah dalam tubuh, mengobati demam, dan penyumbatan aliran darah. 
  3. Batu Ruby sangat baik untuk kerja jantung sehingga membuat sistem peredaran darah dapat berjalan dengan baik, merangsang adrenalin, ginjal, organ reproduksi serta limpa.
  4. Khasiat selanjutnya adalah batu ruby dipercaya dapat menghilangkan emosi negatif segingga mampu membawa keadaan yang lebih positif. 
  5. Batu ruby mampu meningkatkan daya konsentrasi seseorang sehingga membawa semangat serta antusiasme.
  6. Dalam keadaan tertentu, batu ruby dapat digunakan untuk meningkatkan hemoglobin, mengurangi masalah lambung atau penyakit lambung dan TBC.
  7. Khasiat terkahir dari batu ruby dapat meningkatkan status sosial seseorang.

Harga Batu Ruby



Jangan mudah tergiur dengan harga batu ruby yang murah. Ingat, batu ruby asli adalah batu permata yang berkualitas dengan jumlah yang sangat terbatas di pasaran sehingga sangat wajar jika batu mulia ini memiliki harga yang tinggi.

Berikut ini adalah daftar beberapa batu ruby dengan spesifikasinya:

Daftar Batu Ruby

Harga

Cincin Batu Mulia Permata Ruby Srilanka 9crt

Rp90.000.000

Harga Unheated Star Red Ruby Birma Batu Merah Delima Burma

Rp9.600.000

Batu Mulia Vibrant Red Ruby Burma 1.02ct Top Quality Permata

Rp17.000.000

Batu Mirah Delima Red Diamond Eropa 1.5 Mm Certified Natural Sertifikat Memo IGR

Rp2.500.000

Batu Ruby Red Purplish Pink Diamond 0.22 Cts Natural Africa Memo

Rp10.000.000

0 Response to "Karakteristik dan Khasiat Batu Ruby, Ini Harganya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel