Tak Diduga, Inilah Manfaat Intan yang Belum Pernah Anda Tahu

Siapa tak kenal intan? Batu yang dikenal memiliki tingkat kekerasan tinggi ini disebut-sebut sebagai sahabat terbaik wanita. Yang mengejutkan, tidak banyak yang tahu bahwa intan memiliki segudang manfaat. Tentu saja manfaat intan hanya bisa didapatkan jika Anda menggunakan intan asli.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan intan? Apakah intan berbeda dengan berlian? Dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari batu nan cantik ini? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap di bawah ini.



Pengertian Intan


Menurut KBBI, intan dapat diartikan sebagai batu permata berkilau yang berasal dari karbon murni yang berbentuk kristal. Karbon murni sendiri mempunyai skala kekerasan paling tinggi yaitu 10 MOHs serta memiliki kemampuan memantulkan cahaya.


Bahkan saking kerasnya, intan yang berasal dari karbon murni dapat digunakan untuk memotong kaca. Kristal ini juga sering digunakan dalam berbagai alat seperti jarum gramofon, mata bor tambang, alat pemotong kaca, dan lain sebagainya.


Mengapa karbon murni bisa menjadi sangat keras? Hal ini tidak dapat dilepaskan dari proses pembentukan karbon tersebut. Karbon yang terpendam di dalam tanah selama jutaan tahun akan mengalami proses kimiawi.


Selain itu, tekanan dari dalam bumi yang begitu besar secara alami membentuk kristal menyerupai prisma. Karena beberapa alasan inilah karbon murni menjadi begitu keras.


Zat yang satu ini didapatkan dengan cara ditambang. Setelah batu intan diambil dari dalam tanah melalui proses penambangan, batu akan dipakai oleh pengrajin sebagai bahan baku pembuatan berlian. Proses ini dapat membuat batu intan semakin cantik dan gemerlap.


Perbedaan Intan dan Berlian

Intan dan Berlian Warna Hijau


Selain intan, Anda juga pasti pernah mendengar tentang berlian. Sering digunakan pada perhiasan, berlian kerap menjadi incaran para wanita. Banyak yang mengira bahwa intan dan berlian adalah dua benda yang sama. Namun tahukah Anda bahwa keduanya berbeda?


Anggapan bahwa intan dan berlian adalah sama tidak sepenuhnya salah. Pasalnya intan merupakan bahan baku pembuatan berlian. Intan merupakan batuan asli yang diambil dari dalam tanah dan belum melalui proses pengolahan.


Sementara itu, berlian merupakan hasil jadi dari proses pengolahan dan pemolesan batu intan. Karena alasan ini, berlian juga mempunyai sifat yang dimiliki oleh intan, termasuk mampu memantulkan cahaya yang kompleks.

Baca juga: Apa itu Emas Putih? Ini Ciri-Ciri Untuk Membedakannya Dengan Platinum Dan Perak


Karakteristik Intan


Setelah mengetahui pengertian intan dan perbedaannya dengan berlian, Anda juga perlu memahami apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh batuan intan. Adapun sifat intan yang menonjol antara lain:


1. Dispersi

Dispersi merupakan salah satu sifat istimewa yang dimiliki oleh intan. Batuan ini mampu mendispersikan cahaya sehingga terlihat seperti pelangi. Wajar jika intan terlihat sangat berkilau ketika terpapar oleh cahaya.


2. Sangat Keras

Batu intan terkenal sangat keras, bahkan telah melalui berbagai uji kekerasan. Sifat unik yang satu ini disebabkan oleh kuatnya ikatan kovalen antar karbon akibat tekanan kuat di dalam tanah. Jadi Anda tidak perlu khawatir batu intan akan pecah ketika terjatuh.


3. Konduktivitas Termal

Intan merupakan konduktor panas yang sangat baik. Sifat menghantarkan panasnya bahkan diketahui 5 kali lebih besar dibandingkan logam penghantar panas. 


4. Kilauan Unik

Salah satu sifat intan yang khas adalah memiliki kilauan cahaya yang unik. Batuan ini mampu memantulkan cahaya dengan cara yang berbeda dibandingkan batuan lain seperti swarovski. Jika kristal swarovski memiliki aspek transparan, intan memiliki aspek (potongan kecil) berwarna putih.


Manfaat Intan




Intan umumnya dimanfaatkan sebagai perhiasan. Tapi tahukah Anda bahwa intan memiliki sejumlah manfaat lainnya? Berikut ini ragam manfaat intan yang perlu Anda tahu:


1. Perhiasan

Sudah jelas bahwa intan kerap dimanfaatkan sebagai perhiasan. Intan yang telah diolah menjadi berlian kemudian diletakkan pada cincin atau kalung sehingga menambah keindahannya. Tentu saja berlian juga menambah nilai jual.


2. Instrumen Investasi

Harga intan dan berlian yang semakin meroket membuatnya menjadi salah satu instrumen investasi yang layak dipertimbangkan. Selain tidak mudah rusak, intan juga dapat disimpan di mana saja dan dapat dijual kapan pun Anda membutuhkan tambahan dana.


3. Menjaga Kesehatan

Tidak banyak yang tahu bahwa intan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kalung atau cincin yang memiliki batu intan diklaim mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit ginjal, gangguan sistem reproduksi, gangguan saluran kemih, hingga masalah kulit.


4. Menangkal Energi Negatif

Salah satu manfaat intan yang banyak dipercaya adalah kemampuannya menangkal energi negatif. Energi baik yang datang dari intan tersebut ke dalam diri pemakainya akan menciptakan law of attraction, di  mana pemikiran positif si pemakai intan akan berdampak positif pula bagi kehidupannya.


Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada sejumlah manfaat yang layak diketahui:

  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Memperbaiki suasana hati karena perasaan bahagia dan kepercayaan diri yang meningkat ketika mengenakan intan


Cara Mengenali Intan Asli



Harga intan yang begitu tinggi membuat sebagian orang memproduksi intan palsu. Sekilas intan palsu terlihat hampir sama dengan intan asli. Agar tidak tertipu dan rugi hingga ratusan juta rupiah, pelajari cara mengenali instan asli berikut:


1. Lakukan Tes Sederhana

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghitung sisi bagian atas. Intan asli umumnya berbentuk persegi dan mempunyai empat sisi. Apabila lebih, besar kemungkinan batuan tersebut bukan intan.

Selain menghitung sisi, tes sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah adalah menggosok batu pertama ke korundum. Jika terdapat goresan pada korundum, maka intan dapat dipastikan keasliannya.


2. Tes Massa Jenis

Tes massa jenis bisa dilakukan dengan menimbang intan dan catat beratnya. Selanjutnya Anda bisa mencari volume batu dengan bantuan batu, cangkir, dan air. Apabila diketahui massa jenis batu di antara 3,5 – 3,53 gram / cm3, bisa dipastikan intan tersebut asli.

Harga Intan

Tertarik untuk membeli dan memiliki batu intan? Penting untuk mengetahui kisaran harga di pasaran. Berikut ini beberapa referensi harga batu intan berlainan jenis:

  • Intan berlian mentah 0.26 karat = Rp 280.000
  • Intan mentah 0.60 karat = Rp 1.500.000
  • Rough diamond 1.30 karat = Rp 4.000.000
  • Intan mentah 8.38 karat = Rp 25.000.000


Intan tidak hanya memesona tetapi juga bermanfaat. Beragam manfaat intan bisa Anda dapatkan hanya jika intan tersebut benar-benar asli. Tertarik untuk membeli intan?

0 Response to "Tak Diduga, Inilah Manfaat Intan yang Belum Pernah Anda Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel