Fakta Menarik Rose Gold yang Perlu Diketahui: Cara Mengenali Keasliannya

Emas kuning dan emas putih tentunya sudah sangat familier di kalangan masyarakat. Namun tahukah Anda bahwa masih ada satu lagi jenis emas yang tak kalah memikat untuk digunakan sebagai perhiasan? Biasa disebut dengan rose gold, jenis emas ini memiliki warna merah muda yang unik.

Menyusul emas putih yang sempat menjadi tren beberapa tahun yang lalu, emas merah muda kini tengah menjadi primadona bagi kaum hawa. Ingin tahu alasannya? Simak pembahasan lengkap seputar emas merah muda berikut ini.





Apa Itu Rose Gold?


Rose gold adalah bahan dasar perhiasan yang terbuat dari campuran emas dan perunggu atau emas dan perak. Komposisi campurannya cukup beragam, namun yang paling sering dijumpai adalah 75 persen emas kuning dan 25 persen tembaga atau perunggu.


Warna merah muda yang unik didapatkan dari percampuran kedua jenis logam tersebut. Semakin banyak persentase perunggu yang digunakan, semakin jelas warna merah pada perhiasan tersebut. Oleh sebab itu, Anda mungkin menemukan jenis emas ini dengan warna yang berbeda-beda.


Meskipun baru populer beberapa tahun belakangan, emas merah muda ternyata telah ditemukan sejak dua abad lalu di Rusia. Sekitar tahun 1800-an, perhiasan ini sangat lazim di kalangan masyarakat setempat karena mempunyai warna yang lebih cerah dan beragam.


Perbedaan Rose Gold dan Emas Kuning


Jenis emas kuning dan emas merah muda mempunyai sejumlah perbedaan. Selain dalam hal warna, campuran logam saat proses pembuatan juga berbeda. Berikut ini sejumlah perbedaan emas merah muda dan emas kuning yang perlu Anda ketahui:


1. Warna


Dari segi warna, emas kuning memiliki warna kuning emas yang memberikan kesan mewah dan glamor. Dibandingkan dengan jenis emas lain, emas yang satu ini tergolong paling murni meskipun dalam proses pembuatannya terdapat campuran beberapa logam lainnya.


Semakin tinggi tingkat kemurnian emas, semakin terang warna yang dihasilkan. Sebagai contoh, emas 17 karat memiliki warna lebih terang dibandingkan dengan emas 14 karat.


2. Campuran


Warna kemerahan pada rose gold didapatkan dari campuran emas dan tembaga atau emas dan perunggu. Semakin banyak campuran perunggu yang digunakan, semakin dominan pula warna yang muncul pada perhiasan tersebut.


Emas kuning yang beredar di pasaran juga merupakan hasil pencampuran emas murni dengan beberapa logam lain seperti tembaga, perak, seng, dan nikel. Pasalnya emas murni bersifat lentur dan tidak cocok digunakan sebagai perhiasan.


3. Harga


Secara umum harga emas merah muda sangat bervariasi tergantung pada campuran yang digunakan. Namun kebanyakan emas merah muda hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan emas kuning dan emas putih.


Keunggulan Rose Gold




Masih ragu untuk membeli emas merah muda? Jenis emas yang satu ini memiliki sejumlah keunggulan yang pastinya membuat Anda tidak ragu lagi untuk membelinya. Adapun keunggulan emas merah muda adalah sebagai berikut:


1. Tahan Lama


Tidak seperti emas putih, emas merah muda tidak memiliki campuran rhodium sehingga lebih tahan lama. Bahkan jenis emas yang satu ini bisa dikatakan lebih tangguh dibandingkan dengan emas kuning berkat campuran tembaga yang dimiliki.


2. Cocok untuk Semua Kalangan


Emas rose gold hadir dengan warna kemerahan yang memberikan kesan lembut, feminin, dan hangat. Meskipun populer di kalangan wanita muda, pada dasarnya perhiasan ini cocok untuk semua kalangan dan berbagai usia.


3. Harga Bervariasi


Emas merah muda tersedia dengan harga yang sangat beragam, bahkan beberapa jenis dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan emas kuning. Tentu saja ini memberikan keuntungan bagi Anda. Dengan pilihan yang bervariasi, Anda bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.


Cara Mengenali Keaslian Rose Gold


Meskipun beberapa jenis emas merah muda dijual dengan harga di bawah emas kuning, Anda tetap perlu berhati-hati. Untuk mengenali keaslian emas merah muda, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:


1. Uji Berat


Emas palsu biasanya lebih ringan dibandingkan ukuran aslinya. Untuk melakukan uji berat, mungkin Anda membutuhkan alat seperti timbangan. Jika tidak gunakan koin atau benda-benda lain sebagai pembanding.


2. Tes Suara


Tes suara menjadi salah satu cara rumahan yang bisa dilakukan untuk mengenali keaslian rose gold. Gunakan koin untuk mengetuk permukaan emas dan perhatikan suara yang dihasilkan. Apabila suara tersebut berdering panjang dan bernada tinggi, kemungkinan emas tersebut asli.


3. Tes Kekuatan Permukaan


Warna pada emas asli, terutama emas merah muda tidak akan pudar karena tidak adanya kandungan rhodium. Oleh karena itu, Anda bisa mengetes keaslian emas dengan cara menggoreskannya pada kertas. Jika muncul warna kehitaman, berarti emas tersebut tidak asli.


Beberapa metode lain yang bisa digunakan untuk mengenali keaslian emas adalah:


  • Mendekatkan emas dengan sumber magnet
  • Meneteskan asam nitrat ke permukaan emas
  • Menanyakan sertifikat emas
  • Mengunjungi toko emas untuk mengecek keaslian


Tips Membeli Emas Rose Gold


Ada beberapa tips memilih dan membeli emas merah muda. Bagi Anda yang berminat, perhatikan tips berikut ini:

1. Karat Emas


Karat merupakan indikator yang menunjukkan persentase emas yang dipakai dalam proses pembuatan perhiasan. Misalnya, emas 14 karat menggunakan 58,5 persen emas murni serta 41,5 persen logam lain. Sedangkan emas 18 karat menggunakan 75 persen emas murni dan 25 persen logam lain. Tentu


2. Kunjungi Toko Terpercaya


Cara paling mudah agar terhindar dari emas palsu dan berbagai modus penipuan adalah dengan membeli di toko emas terpercaya. Cari informasi mengenai toko emas yang memiliki reputasi baik di sekitar Anda dan dapatkan emas Anda di tempat tersebut.


3. Jangan Tergiur Harga Murah


Anda mungkin tergiur dengan harga murah. Namun ada risiko besar di balik harga murah yang ditawarkan, misalnya barang tersebut adalah emas palsu atau emas curian. Sesuaikan perhiasan yang ingin Anda beli dengan kemampuan.


Harga Rose Gold


Harga emas merah muda sangat bervariasi tergantung kadar yang dimiliki, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu per gram. Selain kadar emas, berat perhiasan juga menjadi faktor yang membuat harga emas merah muda semakin beragam.

Rose gold atau emas merah muda menjadi tren terbaru di kalangan kaum hawa. Menawarkan warna kemerahan yang cantik, perhiasan ini mampu membuat penampilan Anda semakin menawan.


0 Response to "Fakta Menarik Rose Gold yang Perlu Diketahui: Cara Mengenali Keasliannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel