Ayo Investasi di SBR008: Dasar Hukum, Tujuan, dan Keuntungan

Penerbitan SBR008 yang ditawarkan kepada masyarakat secara online merupakan bentuk komitmen Pemerintah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di Surat Utang Negara (SUN) ritel, memperluas basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2019.



Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR008 mulai dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi sejumlah Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).

Baca juga: Apa itu Saving Bond Ritel (SBR) dan Contoh Simulasi Perhitungannya

Dasar Hukum

  • Undang-undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara (SUN).
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.08/2018 tentang Penjualan Surat Utang Negara Ritel di Pasar Perdana Domestik.


Tujuan Penerbitan SBR008

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan SBR008 ini digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 dan perubahannya (jika ada). Secara khusus, hasil penerbitan SBR008 dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

Keuntungan Berinvestasi di SBR008

  • Pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya;
  • Pada saat diterbitkan (Pasar Perdana), kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN;
  • Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) yang dibayarkan setiap bulan sampai dengan jatuh tempo;
  • Terdapat fasilitas Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo (Early Redemption) tanpa dikenakan redemption cost;
  • Kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian dan pengajuan Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo (Early Redemption) melalui Sistem Online;
  • Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi Efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan SBR008 mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak;
  • Memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.


Cara Pendaftaran

Layanan Mitra Distribusi (MiDis) dengan Sistem Online adalah sebuah portal investasi Surat Berharga Negara Ritel secara online sebagai bentuk kerja sama dengan Kementerian Keuangan, yang memberikan kemudahan akses bagi calon investor untuk dapat melakukan pemesanan Surat Berharga Negara secara Online , hanya dengan datang ke Kantor MiDis pilihan yang dituju pertama kali untuk melakukan registrasi. Prosedur selangkapnya kami jelaskan dibawah ini.

I. Registrasi

  • Calon investor melakukan registrasi melalui sistem online MiDis.
  • Membuat Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga via sistem pemesanan online (bagi yang belum memiliki) yang dapat dilakukan sebelum Masa Penawaran SUN Ritel dibuka.

II. Pemesanan

  • Calon investor melakukan pemesanan melalui sistem elektronik MiDis setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi.
  • Verified order akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) via sistem elektronik MiDis atau email kepada investor. 
  • Billing code digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.


III. Pembayaran

  • Pembayaran dapat dilakukan melalui seluruh Bank/Pos Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dengan batas waktu maksimal 2 jam setelah pemesanan dinyatakan verified.
  • Calon investor memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via sistem elektronik MiDis dan email yang terdaftar. 

IV. Konfirmasi

  • Menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBR via sistem elektronik MiDis dan email yang terdaftar.


Pelajari terlebih dahulu seluruh informasi mengenai penawaran SBR008 secara seksama sebelum Anda melakukan investasi. Keputusan untuk membeli SBR008 ini seyogyanya disesuaikan dengan kebutuhan investasi dan tingkat toleransi Anda terhadap risiko investasi.

Ayo Investasi di SBR008: Dasar Hukum, Tujuan, dan Keuntungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dafik

0 comments:

Post a Comment