Mantapnya Imbal Hasil Sukuk Ritel SR-012, Dijamin Sesuai Syariah

Pemerintah resmi membuka penawaran Sukuk Ritel seri SR-012 kepada investor individu yang merupakan warga negara Indonesia. SR-012 akan melanjutkan kesuksesan SR-011 yang meraih hasil penjualan sebesar Rp21,12 triliun dengan jumlah investor tercatat sebanyak  35.026 orang. Adapun masa penawaran SR-012 akan dimulai pada 24 Februari 2020 yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder.



Menteri Keuangan mengungkapkan pemerintah perlu mengembangkan instrumen pembiayaan melalui sukuk negara untuk merambah pasar domestik ‎dan internasional. Melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan menerbitkan sukuk negara ritel seri SR-012 dengan imbal hasil yang cukup menggiurkan. Akan segara di-launching pada 24 Februari 2020.

Berawal dari pemerintah Indonesia menerbitkan Sukuk Ritel Seri 001 dengan tujuan untuk membantu APBN Indonesia, khususnya untuk  membiayai pembangunan infrastruktur Negara Indonesia yaitu untuk membiayai pembangunan telekomunikasi, jembatan maupun pertanian. Berkesinambugan dengan UU No.19 tahun 2008 tentang SBSN yang berlanjut sampai Sukuk Ritel SR-012.

Penerbitan sukuk ritel SR012 ini, kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan ‎Risiko untuk memenuhi target pembiayaan APBN 2020 serta membiayai pembangunan di Indonesia. Pemerintah selama ini mencatatkan underlying aset dalam penerbitan sukuk atau SBSN berupa Barang Milik Negara dan proyek APBN.

Belanja pemerintah sendiri memang besar sehingga butuh pembiayaan. Apalagi saat ini belanja pemerintah lebih besar dari penerimaan sehingga perlu instrumen untuk pembiayaan lain. Selain sebagai instrumen pembiayaan APBN, SR 012 ditujukan untuk memperluas basis investor di pasar domestik, mendukung pengembangan keuangan syariah. Sukuk Ritel ini menjadi prioritas dalam menambah defisit anggaran di tengah pasar obligasi konvensional yang mengalami kesulitan akibat krisis keuangan global.

Penerbitan Sukri SR 012 ini juga untuk memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari yang berorientasi menabung menuju masyarakat berorientasi investasi.

Secara umum penerbitan sukuk di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data penjualan, Sukuk negara ritel SR-011 memperoleh hasil penjualan yang lebih tinggi dibandingkan dengan SR-010. Fenomena tersebut menimbulkan pertanyaan terkait permintaan yang tinggi terhadap sukuk, dalam hal ini yaitu sukuk negara ritel SR-011. Pada penjualan sukuk negara ritel SR-011 selama masa penawaran laris manis diborong investor.

Masyarakat yang berminat membeli Sukuk Negara Ritel seri SR-012 dapat mendatangi 22 mitra distribusi yang ditunjuk pemerintah antara lain sebagai berikut.




  1. Citibank 
  2. NA Indonesia Bank
  3. BRI Syariah 
  4. Bank Central Asia Tbk 
  5. Bank Commonwealth 
  6. Bank Danamon Indonesia Tbk
  7. Bank DBS Indonesia Bank 
  8. HSBC Indonesia
  9. Bank Mandiri (Persero) Tbk
  10. Bank Maybank Indonesia Tbk
  11. Bank Mega Tbk 
  12. Bank Muamalat Indonesia Tbk 
  13. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  14. Bank OCBC NISP Tbk
  15. Bank Panin Tbk
  16. Bank Permata Tbk
  17. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  18. Bank Syariah Mandiri
  19. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
  20. Bank CIMB Niaga Tbk
  21. Bahana Sekuritas Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk
  22. Standard Chartered Bank.
Kehadiran Sukuk Ritel SR-012 dapat memberikan alternatif investasi bagi masyarakat dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif. Hasilnya bisa digunakan untuk memenuhi pembiayaan pembangunan berbagai proyek atau kegiatan APBN 2020.  Pembelian SR-012 dilakukan melalui berbagai tahapan, mulai pembukaan rekening, penyediaan dana senilai pemesanan, pengisian formulir pemesanan dan penjatahan setelmen.

Mantapnya Imbal Hasil Sukuk Ritel SR-012, Dijamin Sesuai Syariah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dafik

0 comments:

Post a Comment