Mengenal Wealth Management Untuk Hidup Semakin Tua Semakin Bahagia

Zaman sekarang sangat penting untuk mengetahui apa itu Wealth Management. Orang dengan pengetahuan wealth management yang baik akan mengetahui bagaimana cara mencapai sebuah tujuan keuangan yang sehat serta suatu kehidupan yang lebih baik di masa depan terutama mengenai pengetahuan tentang perilaku perencanaan dana pensiun.

Lalu, apa sebenarnya definisi dari wealth management? Dan bagaimana cara mengaksesnya agar kehidupan sesorang individu di masa tuanya menjadi semakin bahagia? Berikut ini ulasan mengenai produk dan layanan wealth management yang ada di Indonesia.



 

Apa itu Wealth Management?


Wealth Management adalah pengelolaan kekayaan yang bukan hanya terbatas tentang investasi, namun termasuk juga mengurus segala hal yang berkaitan dengan kegiatan keuangan pribadi seseorang yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan hidup.

 

Sejarah Bisnis Wealth Management di Indonesia



Perkembangan bisnis wealth management di Indonesia berawal dari Citibank Private Banking yang memperkenalkan layanannya kepada nasabah-nasabah kaya di Indonesia, yaitu sekitar tahun 1989. 

Kemudian diikuti dengan munculnya layanan private banking lokal yang mulai dijalankan oleh Bank Niaga dengan layanan niaga private banking pada tahun 1991. Selanjutnya, salah satu Bank BUMN, yaitu PT. Bank Negara Indonesai (BNI) pada tahun 1993 meluncurkan layanan BNI Private Banking. 


Pilar Wealth Management


Menurut Certified Wealth Managers' Association Wealth Management memiliki tiga pilar, yaitu:

  • Wealth Protection and Preservation atau Perlindungan terhadap kekayaan dan proteksi, yaitu menekankan pada proteksi kekayaan yang dikelola. 
  • Wealth Accumulation and Growth atau pengembangan dan akumulasi kekayaan , yaitu menekankan pada pertumbuhan kekayaan dan akumulasi kekayaan. 
  • Wealth Distibution and Transition atau manajemen distribusi dan transisi kekayaan, yaitu menekankan pada perencanaan kekayaan setelah melewati masa produktif.


Produk dan Layanan Jasa Wealth Management



Wealth management menjadi suatu hal yang sangat penting yang tidak bisa diabaikan oleh seseorang, terutama bagi mereka yang memiliki kekayaan berlebih. Hal ini dikarenakan perlunya perlindungan untuk menghadapi nilai masa depan yang tidak pasti. Untuk itu Anda harus tahu apa saja produk dan layanan jasa wealth management yang disediakan oleh lembaga jasa keuangan di Indonesia.

Cukup banyak sekali produk dan layanan jasa wealth management yang ditawarkan oleh lembaga keuangan, yaitu umumnya terdiri dari tiga macam:

  • Produk tradisional, yaitu produk standar perbankan seperti investasi, valuta asing, asuransi, dana pensiun dan real estate.
  • Produk baru, yaitu yang tumbuh sebagai alternatif seperti contohnya komoditas, emas, saham privat, barang seni, sarana olah raga dan produk derivatif.
  • Produk jasa, yaitu termasuk hotline prioritas, pembayaran langganan, kartu kredi premium dan platinum, layanan haji dan zakat, layanan kesehatan, perencanaan keuangan, perencanaan pendidikan, perencanaan perumahan, warisan dan perencanaan perpajakan


Strategi Wealth Management


Kamu sebagai klien dapat berkonsultasi langsung dengan petugas perbankan atau lembaga keuangan lainnya untuk merencanakan strategi pengembangan dan juga mempertahankan serta meningkatkan nilai kekayaan.

Hal-hal yang akan dinilai dari klien yaitu kondisi keuangan, tujuan, dan juga tingkat kenyamanan dari klien tersebut.

Bila rencana awal sudah dibuat, maka petugas nantinya bisa mengadakan pertemuan secara berkala denganmu.

Pertemuan konsultasi tersebut berguna untuk memperbarui tujuan keuangan, meninjau, dan juga menyeimbangkan kembali portofolio keuangan. Selain itu, juga akan dilakukan penyelidikan apakah memerlukan layanan wealth management tambahan ataukah tidak.

Peluang Bisnis Wealth Management di Indonesia


Perbankan di Indonesia kian semangat menggarap bisnis pengelolaan dana nasabah kaya atau Wealth Management. Apalagi diproyeksikan bisnis wealth management akan tumbuh signifikan pada beberapa tahun ke depan.

Beberapa Bank besar di Indonesia semakin kompetitif dalam mengarap bisnis ini, misalnya ada Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), BCA, BRI, dan Bank asing yang beroperasi di Indonesia seperti Citi Bank, Standard Charter Bank, dan lain sebagainya. 

Hal ini dikarenakan seiring dengan semakin meningkatnya tuntutan nasabah akan pemenuhan kebutuhannya yang semakin beragam, Selain itu, semakin banyaknya kelas menengah yang sudah naik kelas menjadi masyarakat kelas atas sehingga membutuhkan pengelolaan keuangan dalam jangka panjang.

Peluang bisnis wealth management dan private banking memang cukup menjanjikan keuntungan bagi perkembangan Perbankan di Indonesia. Selain dari potensi pasar indonesia yang sangat besar, perbankan juga akan mendapatkan fee based income yang cukup besar. Apalagi karakter dana nasabahnya yang cenderung lebih banyak ke jangka panjang (long-term growth), merupakan entry-point yang sangat layak untuk dimanfaatkan agar memberikan jaminan pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan bagi perbankan.


Sekali lagi, peluang bisnis wealth management di Indonesia sendiri masih sangat besar dan terbuka lebar. Sayangnya, pengetahuan masyarakat terkait  layanan jasa ini masih sangat minim. Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu mengadakan sosialisasi kepada masyarakat yang lebih baik sehingga masyarakat Indonesia tidak tertinggal dalam memanfaatkan produk wealth management ini.

0 Response to "Mengenal Wealth Management Untuk Hidup Semakin Tua Semakin Bahagia"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel