3 Metode Beli Emas Antam di Pegadaian Aman dan Terpercaya

Beli emas Antam tidak harus di kantor Antam lho, kamu bisa juga membeli emas Antam di Pegadaian. Pegadaian memfasilitasi jual beli emas batangan yang dinamakan produk mulia, baik dengan cara cash ataupunkredit/cicil. Mengingat perusahaan Antam hanya memiliki beberapa cabang, maka Antam bekerja sama dengan Pegadaian untuk menawarkan penjualan emas lebih luas di wilayah Indonesia.

Salah satu keuntungan produk mulia adalah merupakan investasi yang sangat liquid sepanjang masa, maksudnya logam mulia yang bersertifikat dari PT.Antam,Tbk (bersertifikat nasional) tersebut mudah dijual di berbagai Negara, karena kualitas emas PT. Antam, Tbk kadar emasnya berkualitas tinggi. Keuntungan lain dari investasi logam ini yakni dapat dijual kembali pada cabang-cabang pegadaian di seluruh Indonesia.

Bagaimana tertarik untuk membeli emas Antam di Pegadaian? Dan mengapa harus emas Antam dan beli di Pegadaian?  Temukan jawabannya pada artikel berikut ini!


Deskripsi tentang Emas Antam

Berbeda dengan perhiasan emas, emas Antam batangan memiliki kadar yang lebih besar, sekitar 99,99% atau nyaris murni. Nah, emas Antam merupakan emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pertambangan mineral. 

Emas ANTAM diproduksi dengan berbagai macam ukuran. Secara garis besar Unit Bisnis Pengelolahan dan Pemurnian (UBPP) logam mulia yang didirikan oleh PT. ANTAM mengolah dan memproduksi dua jenis emas batangan, yaitu:

  • Emas batangan berukuran kecil (small bars) atau dikelompokkan ke dalam logam mulia (gold minted bars), yaitu emas batangan yang dibentuk dengan proses pencetakan mulai dari berat 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.
  • Emas batangan berukuran besar (gold cast bars), yaitu emas yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan emas perhiasan .


Nah, buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi atau menabung emas Antam sebaiknya pilih Pegadaian. Karena, di Pegadaian merupakan salah satu tempat beli emas Antam yang aman dan terpercaya.

Sebagai tambahan informasi, Pegadaian sendiri tidak hanya menyediakan emas Antam, namun juga beberapa pilihan emas batangan, yaitu Lotus Archi, UBS, dan Galeri24.


Cara Beli Emas Antam di Pegadaian


Di Pegadaian ini mekanisme dan syarat-syarat untuk membeli emas Antam sangatlah mudah. Karena bersertifikat langsung dari PT. Antam membuat logam mulai ini dapat dengan mudah digadai atau dijual di manapun dan kadarnyapun tidak akan mengalami penyusutan. Tak hanya itu, layanan yang ramah dan baik merupakan salah satu alasan bagi kamu mengapa harus membeli emas Antam di Pegadaian.

Berikut ini tahapan cara pembelian emas Antam secara dicicil dan juga tunai di Pegadaian:


A. Cara Beli Emas Antam di Pegadaian dengan Tabungan Emas

Jika kamu tertarik untuk membeli emas Antam dengan sistem menabung, Pegadaian adalah solusinya.

Adapun  layanan ini memang dibuat untuk kamu yang mau berinvestasi emas dengan dana yang fleksibel. 

Berikut caranya:

  1. Mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat
  2. Menyerahkan dokumen identitas diri seperti fotokopi KTP/Paspor/SIM yang masih berlaku.
  3. Mengisi formulir rekening tabungan emas
  4. Membayar biaya administrasi Rp10.000 serta biaya penitipan Rp2.500 per bulan (Rp30.000,00/tahun)
  5. Melakukan pembelian tabungan emas mulai dengan 0,01 gram.

Contoh simulasi Tabungan Emas:

Pak Zaki ingin membeli emas di Pegadaian dengan sistem menabung emas. Dan ia memilih untuk membeli emas dengan berat 2 gram. Nah, berapakah uang yang harus dibayar oleh Pak Zaki?

Jawabannya:

Uang yang harus disediakan oleh Pak Zaki untuk investasi emas Antam di Pegadaian dengan berat emas 2 gram adalah harga emas hari itu per 0,01 gramnya (misalnya Rp9.710) x gram yang ia beli.

Jadi, Pak Zaki harus membayar sebesar Rp 1.942.000.

Apabila menginginkan fisik kepingan emas, Pak Zaki bisa melakukan order pencetakan mulai dari kepingan 1 gram. Untuk pencetakan akan dikenai biaya yang bisa berubah sewaktu-waktu, jadi sebagai nasabah harus mengeceknya setiap hari.

Jika nantinya Pak Zaki tersebut membutuhkan uang sesegera mungkin, Tabungan Emasnya bisa dijual kembali dengan minimal penjualan seberat 1 gram di Pegadaian.

B. Beli Emas Antam di Pegadaian Secara Angsuran

Pembelian mulia melalui Pegadaian bisa dilakukan secara angsuran dengan jangka waktu fleksibel dan persyaratan yang sangat mudah, yaitu:

  • Nasabah mendatangi Kantor Cabang Pegadaian;
  • Menyerahkan photo copy KTP atau identitas lainnya
  • Mengisi formulir dari PT. ANTAM.
  • Untuk pembelian emas Antam di Pegadaian secara angsuran, nasabah bisa memilih jangka waktu mulai dari 6 hingga 36 bulan dengan ukuran berat emas yang tersedia adalah 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr, 100 gr, 250 gr, dan 1 kilogram. 
  • Membayar uang muka yang jumlah besarannya disesuaikan saat akad mulia tergantung lama angsuran.
  • Kepingan emas akan diberikan kepada nasabah setelah menyelesaikan kewajiban atau angsuran tersebut.
Dalam metode angsuran, nasabah akan diberikan 3 layanan program pembelian emas Anta, yaitu program Mulia Personal, Mulia Kolektif, dan Mulia Arisan. Apa perbedaannya? Berikut ini ulasannya:

  1. Program Mulia Personal, yaitu program pembelian emas batangan secara angsuran, secara perorangan di kantor cabang Pegadaian dengan tujuan investasi.
  2. Program Mulia Kolektif., yaitu program pembelian emas secara angsuran yang dijalankan dengan sistem berkelompok dengan minimal anggota 6 orang.
  3. Program Mulia Arisan, rogram pembelian emas secara angsuran yang dijalankan dengan arisan.


C. Beli Emas Secara Tunai

Apabila dana yang diinvestasikan cukup besar dan tidak mau ribet, kamu bisa langsung beli emas Antam di Pegadaian secara tunai. Berikut di bawah ini mekanismenya:

  • Nasabah datang langsung ke kantor cabang Pegadaian
  • Menyerahkan dokumen identitas diri seperti KTP, SIM atau passport
  • Mengisi formulir aplikasi
  • Memilih emas dengan ukuran berat mulai dari 1 gram hingga 1 Kg.
  • Melakukan pembayaran.
  • Nasabah akan mendapatkan sertifikat dan kwitansi. Sebaiknya jaga sertifikat dan kwitansi tersebut, jangan sampai hilang. Karena akan dibutuhkan ketika emas Antam tersebut akan digadai atau dijual kembali.

Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Emas Antam

Emas Antam merupakan sarana investasi yang menguntungkan karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain :

  1. Emas Antam tidak terkena Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
  2. Emas Antam mempunyai nilai jual kembali yang relatif lebih tinggi. Bahkan, kenaikan nilai tahunan emas Antam selalu tinggi dari pada laju inflasi. Selama ini rata-rata kenaikan harga emas Antam dalam jangka panjang berada pada kisaran 20 % per tahun. 
  3. Jika dibeli dalam unit 1 Kg, emas Antam bebas biaya cetak.
  4. Emas Antam memiliki likuiditas yang tinggi dibanding dengan properti, bahkan lebih tinggi dari pada investasi surat berharga (saham, obligasi, dan reksadana).

Keuntungan lain apabila berinvestasi emas murni Antam adalah memiliki pengakuan dari LBMA (London Bullion Market Association) dan termasuk di dalam Good Delivery List of Acceptable Refiners of Gold Bars sejak 1 Januari 1999. Dengan demikian, lebih terjamin keasliannya, lebih mudah dijual di mana saja baik pasar emal internasional maupun domestik, serta memiliki harga jual yang sama dengan harga pasar emas di tingkat global. 

Sementara itu kekurangan berinvestasi dengan cara membeli emas Antam antara lain sebagai berikut:
  1. Tidak fleksible.
  2. Tidak mudah diperjual belikan dengan sesama pengguna.
  3. Butuh biaya cetak yang tidak sedikit jika dibeli dalam unit kecil, misalnya 1 gr, 5 gr, 10 gr.
Oleh karena itu, apabila dana yang kamu investasikan tergolong besar, emas Antam dapat kamu pertimbangkan sebagai pilihan investasi.

0 Response to "3 Metode Beli Emas Antam di Pegadaian Aman dan Terpercaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel