Keunggulan dan Cara Beli Saham BRI

Bagi Anda yang mulai mengenal investasi saham, memilih saham yang tepat merupakan keharusan. Salah satu yang cukup banyak diminati adalah saham BRI dengan kode emiten BBRI. Lalu, bagaimana cara beli saham BRI yang mudah dilakukan pemula? Temukan jawaban dan penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Investasi saham saat ini memang tengah hangat di berbagai kalangan, terutama millenial. Anda tidak hanya bisa membeli saham dari bank konvensional, melainkan juga syariah. Sudah banyak umat muslim yang lebih memilih portofolio syariah sehingga bisa menginvestasikan dananya di pasar modal syariah.


Keunggulan Saham BRI

 

Sebelum memutuskan untuk membeli saham BRI, tak ada salahnya baca-baca terlebih dahulu mengapa layak untuk invest ke salah satu perusahaan plat merah ini.

1. Fokus Pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah)

Keunggulan pertama dari sham BRI adalah karena fokusnya pada bisnis UMKM. Mengingat lingkup bisnis ini memiliki perkembangan yang sangat pesat saat ini. Tak heran jika potensinya terbaca dengan baik di saham BRI.
 

2. Melakukan Digital Transformation

BRI memang tengah melakukan digital transformation saat ini. Hal ini bertujuan untuk menambah tingkat efisiensi sumber pertumbuhan bisnis baru. Terlebih di era digital saat ini dimana tranformasi teknologi begitu terasa di masyarakat.
 

3. Menerapkan Prinsip ESG (Environment, Social, & Governance)

BRI terus memastikan keberlanjutan kemajuan perusahaan untuk jangka panjang. Salah satu trik yang dilakukan adalah dengan mengimplementasikan prinsip ESG (Environment, Social, & Governance).
 

4. Memiliki Costumer Base Terbesar

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa BRI memiliki customer base terbesar, permodalan yang kuat, dan network terluas. Hal ini dibuktikan dengan jumlah jaringan kantor sebanyak 9.582 buah dan 222.000 e-channel, serta 428.000 agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.
 

Cara Beli Saham BRI

 

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi di saham BRI, sebaiknya pahami terlebih dahulu prosedur investasi saham di bank BRI. Pada dasarnya, ada beberapa langkah yang harus dipahami ketika memutuskan berinvestasi di saham ini yaitu:


1. Membuka Rekening Efek
 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka rekening efek di bank BRI terdekat. Pembuatan rekening ini bertujuan untuk membagi dividen dari investasi saham yang dilakukan. Nah, adapun syarat yang harus dipenuhi untuk membuka rekening efek BRI ternyata sangat mudah.
Anda tinggal menyiapkan fotocopy KTP lalu mengisi formulir pembukaan rekening efek BRI. Setelah itu, tentukan deposit awal sesuai batas minimum dana yang dimiliki. Pembukaan rekening efek tidak hanya bisa dilakukan di kantor cabang, namun juga bisa secara online.
 

2. Menentukan Nominal Dana
 

Setelah membuka rekening efek, selanjutnya adalah menyisihkan dana untuk ditabung di saham bank BRI. Pada langkah ini, Anda harus mempertimbangkan secara matang sesuai kondisi dan tujuan finansial yang dimiliki.
 

3. Memilih Jenis Saham
 

Pada dasarnya, bahasan kali ini adalah tentang cara beli saham BRI. Tentuya, jenis saham yang perlu dipilih adalah saham BRI. Oleh karena itu, Anda harus konsisten ketika memutuskan untuk berinvestasi saham bank.
 

4. Menabung Setiap Bulan secara Rutin
 

Sudah memiliki rekening efek,  lalu apa langkah berikutnya? Nah, Anda bisa rutin menabung di BRI setiap bulan. Siapa sangka, nantinya keuntungan yang bisa didapat sebagai nasabah bisa lebih maksimal lho.
 

5. Mulai Membeli Saham
 

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, kini saatnya melakukan pembelian saham BRI. Pada dasarnya, pembelian bisa dilakukan secara offline maupun online. Pilih metode pembelian  yang tepat sesuai dengan kebutuhan investasi saham yang dilakukan.
 

Pembelian saham tidak bisa langsung dilakukan dengan mendatangi kantor BEI (Bursa Efek Indonesia). Adapun cara membeli saham BRI secara offline bisa dilakukan dengan datang langsung ke perusahaan sekuritas.
 

Perusahaan sekuritas sudah memiliki izin melakukan trasaksi jual beli saham bersama investor. Untuk jelasnya, simak langkah-langkah pembelian saham BRI melalui perusahaan sekuritas berikut ini.

  • Pastikan Anda sudah menyiapkan dana untuk diinverstasikan. Pada dasarnya, setiap perusahaan sekuritas pasti memiliki kebijakan tersendiri mengenai saldo minimum yang harus didepositkan.
  • Setelah itu, daftarkan diri sebagai investor dengan menyiapkan berbagai data diri.
  • Silahkan cari informasi valid mengenai perusahaan sekuritas atau broker yang kredibel dan terpercaya.  Jangan lupa untuk mengecek legalitas perusahaannya apakah sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ataukah belum.
  • Setelah menentukan perusahaan sekuritas, silahkan datangi perusahaan tersebut sesuai jam buka dengan membawa kelengkapan data.
  • Lanjutkan dengan melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir membuka RDI (Rekening Dana Investor).
  • Setelah itu, RDI yang sudah jadi bisa digunakan untuk melakukan setoran deposit awal untuk mulai trading atau investasi saham.
  • Jika sudah memiliki RDI, Anda sudah bisa membeli saham BRI paling sedikit 1 slot (100 lembar saham).


Untuk pembelian saham sendiri, Anda bisa memerintahkannya kepada broker yang menjual saham terkait. Dana bisa diinvestasikan pada satu atau beberapa emiten terpercaya sekaligus.

Selain mendatangi perusahaan sekuritas, Anda juga bisa membeli saham BRI secara online. Pastinya, langkah-langkah yang dilakukan tak kalah mudah yaitu sebagai berikut.

  • Langkah pertama, datang ke kantor sekuritas BRI untuk membuat akun saham.
  • Setelah itu, download dan install software trading online.
  • Login menggunakan akun saham yang sudah dibuat.
  • Pada kolom simbol, silahkan masukkan kode saham BRI (BBRI).
  • Tap saham BBRI.
  • Klik BUY.
  • Selesai.


Perlu diingat bawah jumlah minimum pembelian saham BBRI adalah sebanyak 1 lot atau 100 lembar. Setelah itu, Anda bisa melakukan pembelian atau penjualan saham  yang sudah dikenakan biaya admin.

Dengan mengetahui cara beli saham BRI, Anda tidak akan bingung lagi untuk berinvestasi saham. Mengingat jenis saham bank yang satu ini memang banyak diminati karena memiliki jaringan yang luas.

0 Response to "Keunggulan dan Cara Beli Saham BRI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel