Jenis Asuransi Jiwa dan 7 Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik

Asuransi jiwa atau life Insurance merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Layanan ini biasa digunakan oleh masyarakat untuk memberikan perlindungan dari kerugian finansial akibat kematian anggota keluarga, terutama yang menjadi sumber nafkah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kematian tulang punggung keluarga dapat menimbulkan guncangan finansial yang tak terduga. Oleh karena itu, pihak penyedia asuransi bertanggung jawab untuk memastikan kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan. Lalu, apa saja perusahaan asuransi jiwa terbaik yang ada di Indonesia? Berikut ini simak jenis-jenis asuransi jiwa dan rekomendasi perusahaan asuransi yang bisa Anda pilih.



Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa dapat diartikan sebagai layanan asuransi yang memberikan perlindungan terhadap keluarga yang kehilangan salah satu anggotanya yang menjadi sumber pendapatan. Tujuannya adalah agar anggota keluarga tertanggung tidak terlantar.

Ketika tulang punggung keluarga meninggal dunia, hampir bisa dipastikan bahwa keluarga tersebut akan mengalami gangguan finansial baik jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk meminimalisir dampak tersebut, asuransi akan memberikan jaminan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Ada sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh layanan asuransi ini, antara lain:

1. Rasa Tenang

Asuransi memberikan jaminan finansial kepada anggota keluarga jika sewaktu-waktu Anda mengalami musibah sehingga tidak lagi dapat mencari nafkah. Dengan adanya jaminan tersebut, tentunya Anda bisa merasa lebih tenang dalam beraktivitas dan menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Meminimalisir Masalah Finansial

Setelah kepergian tulang punggung keluarga, ada masa-masa kritis di mana kondisi keuangan mulai terganggu. Biasanya ini terjadi ketika tabungan tidak lagi mencukupi dan anggota keluarga belum menemukan sumber nafkah yang baru.

Ketika memiliki asuransi, maka pihak asuransi akan memberikan jaminan keuangan dalam jumlah besar. Jaminan ini memberikan cukup waktu bagi keluarga yang ditinggalkan untuk menyesuaikan diri dan mencari sumber pendapatan baru.

3. Pendidikan Anak Terjamin

Memiliki asuransi jiwa juga sangat bermanfaat untuk menjamin pendidikan anak di masa mendatang. Apalagi jika Anda masih memiliki tanggungan berusia kanak-kanak, sangat penting untuk memastikan pendidikan mereka terjamin meskipun Anda sudah tidak lagi bisa mencari nafkah.

4. Sebagai Tabungan

Jika keluarga Anda memiliki fondasi finansial yang kuat dan tidak terlalu terpengaruh jika tulang punggung meninggal, maka asuransi juga cukup bermanfaat karena bisa disimpan sebagai tabungan. Tentu saja tabungan ini bisa digunakan jika hal buruk menimpa sewaktu-waktu.


Baca juga: Tugas dan Wewenang Agen Asuransi

Jenis Asuransi Jiwa

Berdasarkan manfaatnya, life Insurance terbagi menjadi empat jenis. Masing-masing menawarkan manfaat yang berbeda sehingga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut ini empat jenis asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui:

1. Term Life Insurance (Berjangka)

Produk ini merupakan bentuk dasar dari life Insurance. Nasabah yang memilih produk ini dapat menentukan jangka waktu sesuai keinginan, mulai dari 5 tahun hingga 30 tahun. Jika tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu tersebut, maka ahli waris akan menerima uang pertanggungan.

Apabila tertanggung masih hidup ketika jangka waktu berakhir, pemegang polis bisa melanjutkan pertanggungan. Namun jika pemegang polis tidak ingin melanjutkan, maka perusahaan asuransi tidak lagi berkewajiban memberikan perlindungan.

Berdasarkan jumlah manfaat, term life Insurance terbagi lagi menjadi beberapa jenis pertanggungan tetap, pertanggungan menurun, dan pertanggungan meningkat. Masing-masing memberikan pertanggungan dengan jumlah yang berbeda.

2. Whole Life Insurance (Seumur Hidup)

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan selama nasabah masih hidup hingga berusia 100 tahun. Jika membeli asuransi ini, Anda akan mendapatkan pengembalian premi di akhir masa asuransi bahkan jika usia Anda telah melebihi 100 tahun.

Banyak nasabah yang menggabungkan whole life Insurance dengan dana pensiun sebagai jaminan hari tua. Berdasarkan manfaatnya, jenis asuransi ini terbagi menjadi tiga yaitu traditional, last survivor, dan joint whole life Insurance.

3. Endowment Insurance (Dwiguna)

Endowment insurance atau asuransi dwiguna merupakan jenis asuransi yang memberikan manfaat ketika tertanggung hidup sampai jangka waktu yang ditetapkan atau meninggal selama jangka waktu tersebut.

Asuransi ini mempunyai tanggal jatuh tempo yang merupakan tanggal pembayaran pertanggungan apabila tertanggung masih hidup. Tanggal jatuh tempo tersebut akan tiba di akhir jangka waktu yang sudah ditentukan atau ketika pemegang polis mencapai usia yang telah ditetapkan.

4. Asuransi Unit Link

Jenis life insurance yang terakhir adalah unit link yang menggabungkan antara investasi dan manfaat asuransi. Ketika Anda memilih jenis ini, maka premi yang dibayarkan akan dibagi ke mekanisme pengelolaan yang berbeda yaitu untuk proteksi dan investasi.

Premi investasi biasanya dikelola oleh manajer investasi pada perusahaan asuransi. Dengan membeli produk ini, Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Wajar jika jenis life insurance yang satu ini cukup banyak digemari oleh masyarakat.

7 Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia


Bagi Anda yang berminat untuk mempunyai asuransi jiwa, ada baiknya jika Anda mulai mencari informasi mengenai perusahaan penyedia layanan asuransi jiwa terbaik yang ada di Indonesia. Berikut ini rekomendasi perusahaan asuransi yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Prudential

Prudential merupakan salah satu perusahaan asuransi ternama yang memberikan berbagai produk asuransi. Salah satunya yang paling terkenal adalah produk asuransi jiwa. 

Prudential menawarkan sejumlah manfaat seperti pertanggungan kerugian akibat kematian dan jaminan hari tua. Asuransi unit link juga tersedia untuk memudahkan nasabah yang ingin terlindungi sekaligus berinvestasi.

2. Allianz

Berdiri sejak tahun 1890 di Jerman, Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik dan terbesar di Indonesia. Ada sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Allianz seperti tingkat pembayaran klaim yang cepat, tingkat solvabilitas tinggi, serta pelayanan yang baik.

3. AXA Mandiri

AXA mandiri tidak hanya memberikan asuransi kesehatan dan pendidikan tetapi juga perlindungan jiwa. Bahkan layanan ini menjadi produk asuransi jiwa terbaik karena mampu memenuhi kebutuhan nasabahnya.

AXA Mandiri juga mempunyai beberapa kelebihan seperti produk kredibel serta pengalaman yang mumpuni.

4. Manulife

Manulife dikenal sebagai penyedia layanan asuransi jiwa yang terkemuka di berbagai negara seperti Amerika Serikat dan Kanada. Perusahaan ini mampu memenuhi kebutuhan nasabah melalui pelayanan dan inovasi terbaik untuk perlindungan konsumen.

5. AIA Financial

Selain menawarkan asuransi kesehatan dan kecelakaan, AIA Financial juga menghadirkan layanan perlindungan jiwa. Sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan ini yakni tingkat solvabilitas tinggi, klaim asuransi cepat, serta permi bulanan yang cukup terjangkau.

Kini Anda telah mengetahui lebih dalam mengenai asuransi jiwa. Bagi Anda yang ingin mendapatkan berbagai manfaat dari layanan ini, pilih perusahaan penyedia layanan asuransi jiwa yang terpercaya. Pastikan pula untuk memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

0 Response to "Jenis Asuransi Jiwa dan 7 Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel