8 Rekomendasi Sekuritas Terbaik dan Bereputasi

Ada banyak pilihan perusahaan sekuritas yang dapat kamu pilih untuk membuka rekening dalam bertransaksi saham. Meskipun setiap perusaaan sekuritas ini memberikan jasa layanan (service) yang sama, akan tetapi memilih sekuritas terbaik dan bereputasi merupakan kunci keamanan dalam bertransaksi saham.

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak sebagai perantara perdagangan efek, penjamin emisi efek, dan kegiatan lain yang sudah ditentukan dan mendapatkan izin dari OJK sebagai salah satu lembaga pemerintah yang mengawasi transaksi di pasar modal

Nah, jika kamu ingin berinvetasi produk saham, kamu hanya bisa melakukannya dengan cara mendaftar rekening RDN dahulu di perusahaan sekuritas ini. Lalu, ada apa saja perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia? Simak ulasan berikut tentang rekomendasi sekuritas yang aman dan terjamin.

Online Trading


Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

Sebelum mengetahui perusahaan sekuritas mana saja yang layak untuk kamu jadikan pilihan, sebaiknya baca terlebih dahulu tips memilih perusahaan sekuritas berikut ini:

1. Kenali Reputasi Perusahaan Sekuritas

Langkah pertama dalam memilih sekuritas terbaik adalah perusahaan tersebut haruslah bereputasi baik, Tidak sedikit kasus yang menyebabkan kerugian nasabah karena adanya penyalahgunaan dana dan saham yang dilakukan oleh oknum karyawan perusahaan sekuritas. 

Sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu ke saudara atau teman yang paham dengan seluk-beluk perusahaan efek. Selain itu, kamu dapat mencari tau informasi di internet apakah perusahaan sekuritas tersebut memiliki reputasi yang baik ataukah tidak.

2. Modal Minimal

Setiap perusahaan sekuritas memiliki persyaratan modal minimal yang harus disetor oleh nasabah dalam bertransaksi saham.

Beberapa perusahaan sekuritas ada yang mensyaratkan modal minimal mulai dari ratusan ribu, Rp 1 juta, Rp 2 juta, Rp 5 juta, Rp 10 juta, dan sebagainya. Pilihlah perusahaan sekuritas yang sesuai dengan tujuan keuanganmu ya.


3. Charge Transaksi

Setiap transaksi jual beli saham yang dilakukan oleh nasabah akan dikenai biaya yang jumlahnya berbeda antar perusahaan sekuritas yang satu dengan sekuritas yang lainnya. Saat ini maksimal biaya transaksi jual atau beli yang bisa dikenakan kepada nasabah maksimal satu persen.


4. Support dari Perusahaan Sekuritas

Pialang tidak bisa menjual atau membeli saham tanpa adanya perintah dari investor atau nasabahnya. Meskipun begitu, kamu sebaiknya memilih perusahaan sekuritas yang memberikan layanan berupa support bagi investornya. Support tersebut akan membantu investor dalam mempertimbangkan untuk membeli, menjual, atau menahan sahamnya.


5. Tersedia Layanan Online

Sudah banyak perusahaan sekuritas yang memberikan fasilitas bagi investornya untuk melakukan transaksi jual beli saham secara online. Dengan cara ini, investor akan dimudahkan karena dapat melakukan order jual atau beli dengan cepat. 


8 Rekomendasi Perusahaan Sekuritas Terbaik


Berdasarkan laman resmi Bursa Efek Indonesia, terdapat sejumlah perusahaan sekuritas yang telah terdaftar dan beberapa di antaranya merupakan perusahaan sekuritas terbaik dan bereputasi di Indonesia. 

Berikut ini adalah 8 rekomendasi sekuritas terbaik dan bereputasi yang ada di Indonesia:


1. Mandiri Sekuritas 

Mandiri Sekuritas merupakan anak perusahaan Bank Mandiri yang memberikan fasilitas mekanisme kegiatan jual beli saham di pasar modal. Perusahaan ini bahkan sudah melakukan ekspansi bisnisnya hingga di wilayah Asia. 

Cukup sediakan uang sebesar Rp2 juta untuk membuka akun reguler di Mandiri Sekuritas. Sementara itu charge untuk setiap kali transaksi di Mandiri Sekuritas adalah sebagai berikut:

  • Biaya beli saham: 0,18% + Rp5.000/hari
  • Biaya jual saham: 0,28% + Rp5.000/hari 

2. IndoPremier Sekuritas

IndoPremier merupakan salah satu sekuritas terbaik selanjutnya yang cukup populer di Indonesia. Perusahaan sekuritas ini berdiri sejak 2002 dan memiliki tiga layanan utama, yaitu investasi saham, investasi reksa dana, dan perencanaan keuangan untuk pencapaian wealth management.

Keunggulan dari IndoPrmier Sekuritas adalah investor yang akan membuka akun di IndoPremier Sekuritas tidak dikenakan persyaratan minimal modal alias gratis. Sementara itu, untuk biaya per transaksinya adalah sebagai berikut:

  • Biaya beli saham: 0,19% 
  • Biaya jual saham: 0,29% 

3. BNI Sekuritas 

Sebagai anak perusahaan perbankan plat merah, BNI Sekuritas bisa menjadi pilihan sekuritas terbaik untukmu. Kamu bisa menggunakannya untuk bertransaksi saham, reksa dana, dan obligasi.

Kamu cukup menyetor dana sebesar Rp1 juta untuk membuka akun reguler BNI Sekuritas. Adapun biaya untuk transaksi jual beli saham di BNI Sekuritas adalah 

  • Biaya beli saham: 0,17% 
  • Biaya jual saham: 0,27% 

4. BCA Sekuritas

Awalnya perusahaan sekuritas ini bernama PT Dinamika Usaha Jaya yang didirikan tahun 1990. Kemudian pada 2021, BCA menjadi pemegang saham mayoritas dan namanya diubah menjadi PT. BCA Sekuritas sebagai anak cabang dari PT. Bank Central Asia (BCA). 

Sama seperti halnya perusahaan sekuritas lokal lainnya, BCA Sekuritas ini melakukan kegiatan usaha di bidang perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.

BCA Sekuritas mempunyai reputasi yang sangat baik untuk menjawab kebutuhan investor atau nasabah atas kebutuhan keuangan seperti Investment Banking, Pengelolaan Dana, dan Riset. 

Di BCA Sekuritas nasabah bisa memanfaatkan layanan BEST yang memudahkan nasabahnya untuk melakukan kegiatan jual beli saham di bursa efek secara online.

Untuk membuka rekening BCA Sekuritas siapkan dana deposit awal di RDN BCA minimal Rp3 juta.

Charge untuk setiap transaksi jual beli saham di BCA Sekuritas adalah

  • Beli atau buy secara online: 0,18 persen
  • Jual atau sell secara online: 0,28 persen
  • Beli atau buy lewat sales: 0,25 persen
  • Jual atau sell lewat sales: 0,35 persen

5. Mirae Asset Sekuritas 

Perusahaan sekuritas ini berdiri sejak 1994 dengan nama Monas Buana Securities. Sebagai perusahaan sekuritas luar, Mirae Asset Sekuritas telah melayani nasabah dari berbagai negara, seperti Vietnam, Hong Kong, India, Inggris, dan Amerika Serikat. 

Minimal setoran deposit untuk pembukaan rekening RDN di Mirae Asset terbilang cukup mahal, yaitu minimal Rp10 juta untuk akun syariah, day trading, dan reguler. Bahkan, untuk akun margin dipatok dengan setoran awal sebesar Rp200 juta. 

Fee untuk transaksi jual belinya adalah:

  • Biaya beli saham: 0,15% 
  • Biaya jual saham: 0,25% 


6. Phillip Sekuritas Indonesia

Phillip Sekuritas adalah salah satu rekomendasi perusahaan sekuritas terbaik dan bereputasi yang ada di Indonesia sejak 1994. Meskipun sebagai perusahaan milik asing, Phillip Sekuritas memiliki biaya setoran awal yang sangat terjangkau. Untuk kamu yang masih menjadi mahasiswa, bisa menyetor dana minimal Rp100.000. Sementara itu, investor umum yang ingin membuka rekening RDN di Phillip Sekuritas akan dikenai setoran awal sebesar Rp500.000. 

Fee untuk transaksi jual beli saham di Phillip Sekuritas adalah

  • Biaya beli saham: 0,18% 
  • Biaya jual saham: 0,28% 


7. MNC Sekuritas

Sekuritas bereputasi baik selanjutnya adalah milik MNC Group, yaitu MNC Sekuritas. Melalui sekuritas ini, nasabah bisa melakukan investasi dan trading saham, serta investasi produk pendapatan tetap secara online di manapun dan kapanpun. 

Seperti Phillip Sekuritas, MNC Sekuritas juga memberikan kemudahan bagi yang masih berstatus kuliah, yaitu cukup dengan Rp100.000 dapat memiliki rekening RDN lho. Sedangkan masyarakat umum wajib menyiapkan biaya setoran sebesar Rp2 juta. 

  • Biaya beli saham: 0,18% 
  • Biaya jual saham: 0,28% 

8. Trimegah Sekuritas


Sebagai sekuritas yang sudah lama berkecimpung di pasar modal, perusahaan Trimegah Sekuritas ini pastilah sudah tidak diragukan lagi kredibilitas dan reputasinya. Trimegah Sekuritas sudah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama PT Trimulya Securindo Lestari.

Jika beberapa perusahaan sekuritas menerapkan minimal deposit Rp 1 juta, Rp 5 juta, Rp 10 juta, Trimegah hanya mensyaratkan deposit awal sebesar Rp 100 ribu saja.

Sedangkan untuk biaya atau fee transaksi yang dibebankan kepada nasabahnya adalah:

  • Biaya beli saham 0,18%
  • Biaya jual saham 0,28%
Memilih perusahaan sekuritas terbaik tentunya menjadi salah satu pertimbangan bagi para investor pemula. Semoga tips dan rekomendasi sekuritas terbaik dan bereputasi di atas bisa bermanfaat untukmu dan menjadikan kamu untuk tidak ragu lagi untuk merencanakan keuangan yang baik.

0 Response to "8 Rekomendasi Sekuritas Terbaik dan Bereputasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel