Cara Buka Rekening Saham Online di Stockbit, Indopremier, Most, dan Ajaib!

Salah satu investasi yang lagi hype saat ini adalah investasi saham. Bahkan di tengah masa pandemi saat ini minat investor untuk bermain saham justru meningkat. Hanya saja banyak calon investor yang menghadapi kendala karena tidak mengetahui cara buka rekening saham secara online.

Dengan membeli saham perusahaanmaka Anda akan menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut. Tak hanya itu, Anda juga bisa bertransaksi jual beli saham di Bursa Efek melalui perusahaan sekuritas baik yang baru saja IPO atau go public maupun saham sekunder. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai cara buka rekening saham secara online, berikut ini kami ulas langkah-langkah buka rekening saham di Stockbit, Indopremier, dan Most, Ajaib.




Apa itu Rekening Saham?


Mungkin masih banyak masyarakat awam yang belum begitu memahami tentang saham dan rekening saham. Rekening saham bisa diartikan sebagai sebuah rekning yang digunakan untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas dan juga berguna sebagai data untuk disampaikan ke KSEI.

Baca juga: 8 Perusahaan Sekuritas Terbaik dan Bereputasi


Rekening saham ini nantinya berfungsi sebagai rekening penyimpanan saham yang Anda miliki. Untuk bisa memiliki rekening saham ini maka diperlukan beberapa prosedur dan dokumen yang menjadi syarat dalam pembukaan rekening.


Langkah-langkah Buka Rekening Saham Online 


Untuk membuka rekening saham biasanya diperlukan persiapan seperti dokumen e-KTP hingga tanda tangan basah yang bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Namun saat ini Anda bisa membuka rekening saham secara online di beberapa perusahaan sekuritas seperti berikut ini:


1. Cara Mendaftar di Stockbit

Untuk memulai pengalaman berinvestasi bersama Stockbit, proses pendaftarannya sangatlah mudah. Begitu membuka aplikasi Stockbit yang sudah diunduh lewat Playstore atau AppStore, kita akan langsung disambut dengan permintaan mendaftarkan diri. Ini sifatnya wajib, ya. Sebab untuk bisa melakukan pembelian atau penjualan saham, kita harus mendaftarkan diri sebagai user Stockbit.


Nah, untuk mendaftar temen-temen bisa langsung klik Daftar yang kemudian kita akan dibawa ke halaman pilihan pendaftaran dengan menggunakan email atau Facebook Account. Saran saya sih memakai email saja untuk keamanan yang lebih maskimal. Gunakan email utama yang biasanya digunakan waktu berurusan denga perbankan, karena ini kaitannya dengan cuan.




Selanjutnya kita perlu membuat password dan juga memasukan nomor ponsel yang nantinya digunakan untuk konfirmasi kode OTP yang dikirimkan. 




Langkah berikutnya temen-temen akan diminta untuk membuat rekening saham yang nantinya berfungsi ketika kita melakukan penarikan dana dari Rekening Dana Nasabah (RDN) ke rekening pribadi tersebut. Untuk itu, nanti kita juga perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan yang nantinya akan di-upload setelah mengisi form isian data diri. Dokumen tersebut terdiri foto KTP dan foto selfie dengan KTP.

Nah tahapan terakhir, temen-temen akan diminta untuk memilih bank untuk pembuatan RDN dengan pilihan bank yang tersedia adalah bank BCA dan bank Jago. Jika sudah selesai, temen-temen sudah bisa melakukan transaksi perdagangan saham sesuai modal yang dipunyai.


2. Langkah-langkah Buka Rekening Saham Online di Indopremier

Membuka rekening saham di Indopremier sangat mudah, hanya memerlukan e-KTP dan 1 jam pun sudah jadi. Sekuritas ini tidak mensyaratkan modal minimal bagi calon investor sehingga sangat menarik calon investor. 

Berikut ini adalah cara membuka rekening saham online di Indopremier yang perlu Anda ikuti tahapan-tahapannya:

  • Pertama Anda perlu melakukan registrasi secara online dengan mengunduh aplikasi milik Indopremier, yaitu IPOTGO dan IPOTPAY.
  • Jika sudah, masukkan nomor identitas kependudukan (NIK) e-KTP milik Anda.
  • Unggah foto diri dengan memegang e-KTP.
  • Lengkapi juga dengan foto spesimen tanda tangan Anda.

Hanya dalam waktu kurang dari 1 jam, Anda sudah mendapatkan rekening efek sebagai rekening untuk bertransaksi, sub rekening efek (SRE) sebagai rekening untuk penyimpanan efek, nomor SID atau Single Investor Identification, serta RDN atau Rekening Dana Nasabah.

RDN atau RDI (Rekening Dana Investor) tersebut dibukakan di Permata Bank yang telah terdaftar sebagai bank RDN untuk penampungan dana. Dengan cara ini maka calon investor tidak perlu lagi datang ke kantor cabang atau mengirimkan dokumen secara manual.

3. Langkah-langkah Buka Rekening Saham Online di Most (Mandiri Online Securities Trading)

Via Kumparan.com

Selain membuka rekening efek dengan mudah secara online di Indopremier, Anda juga bisa membuka rekening saham di Most dengan cara seperti berikut ini:

  • Pertama silahkan siapkan foto e-KTP dan swafoto bersama e-KTP.
  • Siapkan juga scan/foto NPWP beserta informasi rekening tabungan pribadi Anda di Bank Mandiri.
  • Selanjutnya kunjungi wesbitenya di www.most.co.id/register/
  • Silahkan isi dan lengkapi formulir pembukaan rekening saham yang tersedia.
  • Unggah foto e-KTP, NPWP, scan/foto cover buku tabungan Mandiri, dan selanjutnya pilih media video call.
  • Selanjutnya submit aplikasi pembukaan rekening.
  • Kemudian pihak MOST akan menghubungi Anda melalui telepon untuk verifikasi dokumen serta KYC.
  • Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi melalui video call.
  • Pihak MOST akan kembali mengirimkan form pembukaan rekening saham Anda melaui email.
  • Download form dokumen pembukaan rekening saham tersebut dan print/cetak. Selanjutnya, kirimkan dokumen tersebut ke salah satu kantor cabang Mandiri Sekuritas.
  • Setelah Anda mendapatkan RDN dan RE maka Anda sudah bisa memulai untuk berinvestasi.

4. Langkah-langkah Buka Rekening Saham Online di Ajaib


Salah satu syarat untuk bisa membuka rekening saham adalah sudah memiliki KTP, demikian juga jika Anda tertarik untuk membuka rekening saham di sekuritas Ajaib. Untuk membuka rekening saham secara online, Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

  • Pertama silahkan unduh aplikasi Ajaib di Play Store atau bisa mengunjungi ke websitenya langsung.
  • Selanjutnya lakukan pendaftaran atau registrasi dengan memasukkan email dan password.
  • Nanti Anda akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran akun.
  • Jika sudah konfirmasi email, maka Anda bisa langsung login ke aplikasi Ajaib.
  • Silahkan pilih menu Buka Akun Saham yang berada di pojok kiri atas.
  • Kemudian akan muncul laman baru untuk memilih jenis investasi yang tersedia di Ajaib Sekuritas.
  • Silahkan pilih opsi Saham.
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir untuk pendaftaran online yang terdiri dari 5 halaman.
  • Lakukan pengisian pada setiap kolom yang wajib diisi, sementara itu kolom yang bertuliskan keterangan opsional bisa Anda abaikan.
  • Pengisian formulir ini digunakan untuk membuat RE sekaligus RDN.
  • Data yang diisikan pada formulir tersebut juga akan disampaikan kepada KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia.


Cara Buka Rekening Saham Syariah


Bagi Anda yang ingin membuka rekening saham syariah saat ini telah tersedia SOTS atau Shariah Online Trading System (SOTS), sehingga memudahkan investor syariah dalam membeli saham yang ada di Daftar Efek Syariah (DES). Untuk membuka rekening saham syariah, diperlukan langkah seperti berikut ini:

1. Silahkan kunjungi website kantor perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan SOTS. Berikut ini adalah daftar anggota bursa yang sudah memiliki SOTS.

2. Selanjutnya isi formulir secara online dengan data pribadi yang dibutuhkan.

3. Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui email, silahkan cek email dan unduh dokumen yang dikirimkan.

4. Selanjutnya cetak dokumen tersebut dan lengkapi data pada formulir serta tambahkan materai dan tanda tangan.

5. Jika sudah, silahkan kirimkan dokumen tersebut ke alamat kantor perusahaan sekuritas.  Anda bisa menggunakan jasa kurir, pos, atau logistik.

6. Selanjutnya pihak sekuritas akan memberikan informasi melalui email jika rekening saham telah aktif, dengan lampiran berupa informasi sebagai berikut:

  • Nomor Rekening Efek Sekuritas
  • SID atau Single Investor Indentification
  • RDN atau Rekening Dana Nasabah
  • Username, Password, PIN Trading serta informasi penting lainnya.

7. Jika sudah maka Anda bisa menyetor dana ke RDN dengan menggunakan nama pribadi.

8. Unduh aplikasi online trading dan Anda sudah bisa memulai untuk berinvestasi.

Untuk saat ini memang perusahaan sekuritas belum sepenuhnya menyediakan layanan SOTS untuk pembukaan rekening saham syariah secara full online. Oleh karena itu tetap diperlukan dokumen fisik untuk keperluan penyelesaikan administrasinya.

Dengan mengetahui cara buka rekening saham yang mudah dan praktis seperti yang telah dijelaskan di atas, maka siapapun bisa menjadi investor saham dan berpeluang mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi investor saham?

0 Response to "Cara Buka Rekening Saham Online di Stockbit, Indopremier, Most, dan Ajaib!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel