Mengenal Form Utility, Contohnya, dan Perbedaannya dengan Jenis Utility Lain

Ada begitu banyak istilah penting yang perlu Anda ketahui ketika menjalankan maupun mengembangkan suatu usaha. Salah satunya adalah form utility. Form utility adalah sebuah istilah yang mengacu kepada kebermanfaatan suatu produk bagi penggunanya.

Semakin tinggi utility, maka semakin baik pula minat para masyarakat luas terhadap suatu produk  yang diberikan oleh perusahaan. Form utility tentunya juga berkaitan erat dengan keuangan maupun ekonomis suatu usaha. 



Pengertian Form Utility 

Form utility adalah besaran suatu nilai yang diciptakan oleh bisnis dengan memadukan komponen maupun bahan tertentu demi terciptanya satu atau sejumlah produk yang baik dan memuaskan kebutuhan setiap konsumennya. 

Atau dengan kata lain form utility adalah mengubah bahan baku menjadi barang yang berguna atau menggabungkan beberapa kompnen material sekaligus menjadi satu untuk kemudian diubah menjadi produk yang lebih bermanfaat.

Jadi, form utility ini dapat disimpulkan suatu benda yang diubah menjadi bentuk lainnya dan memiliki nilai tambah (value added) tentu akan lebih bermanfaat. 

Misalnya, kayu yang diubah menjadi barang meubelair, kain yang dibuat menjadi baju, gandum yang dibuat menjadi roti, singkong yang dihaluskan menjadi tepung tapioka dan sebagainya. Dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat utility suatu barang, maka akan semakin baik pula minat konsumen terhadapnya.

Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa utility juga bersifat relatif. Setiap orang tentu memiliki tingkat perasaan puas masing-masing. Akan tetapi, yang dijadikan acuan adalah mayoritas diantara orang-orang yang mengonsumsi barang tersebut. 


Perbedaan Form Utility dan Time Utility 



Utility memang dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Namun, diantara sekian banyak utility, ternyata form dan time ulitity merupakan yang paling sering disoroti. Meskipun keduanya mirip satu sama lainnya, pada kenyataannya justru sangat berbeda. Lantas, apa saja perbedaan antara form utility dan time utility?

1. Pengertian 

Jika dilihat dari pengertiannya saja tentu sudah jauh berbeda antara form dan time utility. Form utility adalah nilai yang diciptakan oleh bisnis dengan menggabungkan komponen maupun sejumlah bahan tertentu demi terciptanya suatu produk. 

Sementara itu, time utility merupakan nilai yang diciptakan oleh usaha dengan cara menyediakan maupun meciptakan suaty produk pada waktu tertentu. Jika menyimak kedua pengertian tersebut, tentu kini Anda sudah tahu bahwa antara form dan time utility sangat berbeda satu dengan lainnya. 

2. Manfaat 

Form utility dan time utility mempunyai manfaat yang berbeda satu sama lainnya. Jika dilihat dari manfaatnya, maka form utility lebih fleksibel dari segi manfaat. Maksudnya form utility dapat dimanfaatkan kapan saja sesuai kebutuhkan. Misalnya, kayu gelondongan yang diubah menjadi meja. 

Tentu meja bisa dimanfaatkan kapan saja. Berbeda halnya dengan time utility. Pemanfaatnya tentu harus sesuai dengan waktu. Misalnya, kain yang diubah menjadi winter coat tentu hanya dapat dipakai selama musim dingin berlangsung saja. 


Jenis-Jenis Utility 

Selain form utility ternyata masih banyak jenis-jenis utility lainnya yang sangat menarik untuk dipahami. Macam-macam utility tersebut diantaranya element utility, place utility, time utility, ownership utility hingga service utility. 

  1. Element Utility, merupakan suatu benda yang mempunyai nilai kegunaan tertentu karena bisa dipakai untuk membuat barang lainnya. 
  2. Place Utility, merupakan benda yang mempunyai kegunaan apabila benda tersebut dipindahkan ke tempat lainnya. 
  3. Time Utility, adalah benda yang dapat mempunyai kegunaan apabila terjadi perubahan waktu. 
  4. Ownership Utility, yaitu suatu benda yang memiliki kegunaan jika terjadi perubahan hak milik tertentu. 
  5. Service Utility, adalah barang yang mempunyai kegunaan jika terdapat pelayanan yang diberikan. 

Tahukah Anda bahwa selain lima macam utility tersebut, ternyata juga ada dua jenis utility lainnya. Kedua jenis utility tersebut adalah total utility dan marginal utility. Masing-masing diantaranya juga mempunyai kelebihan tertentu.

1. Total Utility 

Total utility atau TU merupakan tingkat kepuasan keseluruhan dari suatu barang oleh konsumen. TU juga dapat didefinisikan sebagai jumlah total kepuasan agregat yang berhasil diterima oleh konsumen lewat aktivitas mengkonsumsi atau memanfaatkan sejumlah barang maupun jasa tertentu dari unit ekonomi. 

2. Marginal Utility

Sementara itu, marginal utility atau MU merupakan utilitas tambahan yang didapatkan dari penggunaan suatu unit tambahan barang. Jadi, marginal utility cenderung menyiratkan tentang utilitas yang diperoleh berdasarkan unit tambahan yang telah dikonsumsi.


Macam-Macam Contoh Utility 

Masing-masing utility tentu memiliki pengertian yang berbeda satu sama lainnya. Contoh form utility telah disebutkan di atas. Agar Anda bisa jauh lebih jelas membedakan form utility dengan jenis utility lainnya, sebaiknya baca juga beberapa contoh jenis tiap-tiap utility tersebut, sebagi berikut:

1. Element Utility 

  • Kapas sebagai bahan dasar untuk pembuatan benang.
  • Tebu sebagai bahan pembuatan gula.
  • Kedelai sebagai bahan untuk pembuatan tempe, tahu dan susu kedelai.


2. Place Utility 

  • Pasir yang berada di desa akan diangkut ke kota sebagai bahan material suatu bangunan tertentu.
  • Batuan di gunung diambil dan dibawa ke kota sebagai bahan material bangunan. 
  • Sayur yang ada di daerah pegunungan diangkut ke pasar untuk dijual.


3. Time Utility 

  • Jas hujan dan payung menjadi barang yang begitu berguna ketika musim hujan tiba.
  • Baju hangat akan lebih bermanfaat apabila digunakan ketika musim hujan atau musim dingin berlangsung.
  • Obat menjadi sangat bermanfaat ketika kondisi tubuh sedang tidak fit. 


4. Ownership Utility 

  • Buku yang terpajang di rak toko buku akan berguna setelah dibeli oleh konsumen.
  • Ikan yang ada di laut akan menjadi begitu bermanfaat jika sudah ditangkap oleh nelayan.
  • Padi di sawah akan lebih berfaedah ketika dipanen oleh para petani.


5. Service Utility 

  • Angkutan umum akan sangat berguna jika dijalankan oleh sopir.
  • Televisi menjadi berguna saat ada siaran sepakbola.
  • Kipas angin akan begitu bermanfaat apabila dinyalakan ketika panas.


Pada dasarnya form utility adalah benda yang mempunyai kegunaan jika diubah menjadi bentuk lainnya. misalnya, kayu yang diubah menjadi meja dan kursi, kain yang diubah menjadi baju serta kulit sapi yang diubah untuk menjadi sepatu. 

0 Response to "Mengenal Form Utility, Contohnya, dan Perbedaannya dengan Jenis Utility Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel