Perbedaan Morning Star dan Evening Star Pada Candlestick, Berikut Tips Memanfaatkannya!

Ada begitu banyak istilah yang dijumpai dalam dunia trading. Seperti halnya pola morning star dan evening star yang ada pada candlestick. Kedua pola ini perlu Anda perhatikan dengan baik termasuk terkait perbedaan pola morning star dan evening star. 

Terutama bagi Anda yang masih pemula dalam hal trading. Mencermati dengan baik apa saja istilah-istilah dalam dunia trading adalah hal yang perlu dilakukan agar Anda bisa sukses menekuni aktivitas tersebut dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Via fxposts.com


Apa yang Dimaksud Pola Morning Star dan Evening Star? 


Dalam dunia trading, dikenal dua pola yang begitu populer. Kedua pola tersebut bernama morning star dan evening star yang dapat ditemukan pada candlestick. Namun, bagi Anda yang baru terjun ke dunia trading tentu masih merasa asing dengan pola morning star dan evening star. 

1. Pola Morning Star 

Via www.learnstockmarket.in


Pola morning star yang terdapat pada candlestick adalah semacam candlestick pattern yang dapat menjadi pertanda bahwa ada pembalikan arah dari bearish menuju bullish. Meskipun hampir semua pola candle bullish reversal, akan tetapi pola morning star memiliki tiga formasi candle. 

Baca juga: Cara Menentukan Bearish dan Bullish

Mulai dari candle bearish yang mencerminkan harga sedang turun, candle bearish atau bullish dan terakhir candle bullish sebagai sinyal bahwa harga akan segera berbalik arah. Antara candle pertama dengan kedua akan diikuti oleh gap down sedangkan lainnya diikuti oleh gap up

2. Pola Evening Star 

Via www.elearnmarkets.com


Pola evening star pada candlstick merupakan pola candlestick yang dianggap sebagai suatu pola pembalikan bearish. Seperti halnya pola morning star, maka evening star juga terdiri atas tiga formasi candle, yaitu:

  • Pertama, menunjukkan aktivitas beli yang cukup tinggi. 
  • Kemudian, candle yang kedua terbilang sangat kecil dan bisa menjadi pertanda bahwa harga akan lekas berbalik. 
  • Dan ketiga, candle menunjukkan adanya penurunan harga. 


Perbedaan Pola Morning Star dan Evening Star pada Candlestick 


Antara pola morning star dengan evening star yang terdapat pada candlestick memiliki perbedaan satu dengan lainnya. Untuk itu, Anda harus benar-benar memahaminya dengan baik sehingga ketika melakukan trading tidak terjadi salah tafsir. 

1. Pemaknaan Sinyal 

Pola morning star dengan evening star yang ada pada candlestick mempunyai pemaknaan yang berbeda. Morning star pada candlelight menjadi sinyal yang kuat bahwa harga tengah akan mengalami kenaikan tertentu. 

Sementara itu, berbeda halnya dengan pola evening star. Pola evening star pada candlestick bisa menjadi pertanda bahwa harga akan berbalik mengalami penurunan. Dari adanya pertanda sinyal-sinyal tersebut, maka Anda bisa melakukan pengambilan profit dengan melakukan entri posisi sell atau buy yang sesuai.

2. Titik Awal Pola Dimulai 

Perbedaan berikutnya antara pola morning star dengan pola evening star pada candlelight ada pada titik awal pola tersebut dimulai. Pada morning star candle, pola diawali dengan bearish serta akan ditutup dengan candle bullish. 

Berbeda halnya dengan evening star canlde yang mana polanya akan diawali dengan candle bullish dan diakhir dengan candle bearish. Dengan demikian, morning star akan dengan mudah ditemukan saat harga turun sedangkan evening star dapat ditemukan saat harga naik. 

3. Acuan Buy dan Sell 

Perbedaan pola morning star dan evening star pada candlestick ada pada acuan buy atau sell. Pola morning star dapat dijadikan sebagai acuan untuk entry posisi buy untuk mengawali masuknya waktu trading Anda. 

Sementara itu, evening star pada candlestick akan menjadi acuan untuk entry posisi sell. Jika semuanya bisa berjalan dengan tepat dan cepat, maka bersiaplah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari aktivitas trading. 

4. Cara Trading 

Cara trading dengan pola morning star, sebaiknya investor mengawalinya dengan memastikan bahwa instrumen trading yang dipilih akan mengalami pergerakan harga turun atau downtrend. Pastikan polanya sudah sempurna dan perhatikan apakah terjadi gap up antara candlestick atau tidak. 

Kemudian, cara trading dengan pola evening star adalah investor mengawalinya dengan memastikan bahwa instrumen trading yang dipilih mengalami uptrend atau harga naik terlebih dahulu. Perhatikan juga setiap bagian dari pola evening star dengan cermat. 


Tips Profit Menggunakan Morning Star dan Evening Star Candlestick




Trading yang menggunakan pola morning star dan evening star tentu akan menjadi jauh lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, Anda juga tetap harus menerapkan strategi tertentu sehingga nantinya bisa mendapatkan profit yang maksimal. 

1. Rajinlah melakukan latihan trading dengan menggunakan akun demo. Sayangnya, hal ini seringkali diremehkan oleh para trader. Pada kenyataannya, latihan trading menggunakan akun demo akan sangat membantu investor atau trader untuk terbiasa menggunakan pola candlestick dengan baik.

2. Gunakan level support dan resistance dengan baik. Level tersebut dapat trader dapatkan dengan menarik garis horizontal dari harga open dan close dari candlestick yang pertama. Jika candle ketiga mengalami breakout, maka lakukan entry posisi.

3. Kombinasikan dengan RSI atau stochastic. Hal ini penting agar trader dapat melakukan entry dengan posisi yang tepat. Perlu diingat bahwa pola morning star akan jauh lebih akurat apabila terbentuk di area oversold. 

4. Perhatikan volume candle. Semakin panjang atau besar volume candle ketiga, maka akan semakin akurat pula sinyal yang diberikan. Pastikan juga bahwa candle ketiga lebih besar atau panjang dari candle pertama.

5. Tentukan profit dan resiko. Ini penting sekali dilakukan karena pada dasarnya harga di pasar dapat bergerak di luar perkiraan. Jadi, dapat dikatakan bahwa waspada itu sangat penting sebab harga senantiasa naik turun. 

Kini Anda tentu sudah tahu tentang apa itu dan perbedaan pola morning star dan evening star pada candlestick. Terutama bagi Anda yang mau memulai trading, maka pelajarilah berbagai istilah trading dengan baik. Terapkan juga berbagai tips yang disarankan untuk mendapatkan profit maksimal. 

0 Response to "Perbedaan Morning Star dan Evening Star Pada Candlestick, Berikut Tips Memanfaatkannya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel