Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam: Aturan Limit, Bunga, dan Denda


Shopee menjadi salah satu marketplace paling populer di Tanah Air yang bisa diakses via web browser dan aplikasi. Ada banyak fitur yang menyertainya termasuk Shopee Pinjam. Cara mengaktifkan Shopee Pinjam tidak susah namun ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Layanan ini juga memiliki limit, suku bunga, bahkan juga denda. Jika Anda sedang mencari layanan pinjaman uang online, maka Anda bisa menyimak informasi mengenai Shopee Pinjam berikut. Namun, pastikan Anda membaca seluruh ketentuan yang ada, jangan sampai memanfaatkan layanan ini akan tetapi menyesal karena tidak membaca Term and Condition SPinjam.

Misalnya, terkait dengan jatuh tempo. Anda harus paham betul kapan waktunya jatuh tempo. Yaitu tanggal jatuh tempo SPinjam adalah biasanya tiap tanggal 5 setiap bulannya atau akan ditentukan setelah aktivitasi akun. Jadi, jangan sampai merasa dirugikan ketika Anda mengajukan pinjaman di akhir bulan, kemudian tanggal 5 pada bulan berikutnya sudah harus membayarnya. Jika ingin rentang waktu membayarnya cukup panjang, maka ajukan pinjaman jauh-jauh hari dari tanggal jatuh tempo.

Dan apabila pinjaman diterima 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo periode tersebut, maka kreditur melakukan pembayarannya disesuaikan dengan mengikuti periode pembayaran berikutnya. Sebagai contoh, 



Jadi, sebelum mengaktifkan Shopee Pinjam, pahami betul aturan dan ketentuannya terlebih dahulu ya, seperti yang akan dijelaskan lebih detail di bawah ini.


Apa Itu Shopee Pinjam?


Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengaktifkan Shopee Pinjam, Anda perlu tahu dulu mengenai apa itu Shopee Pinjam. 

Shopee Pinjam atau disingkat “SPinjam” adalah salah satu fitur baru dari Shopee dalam bentuk layanan pinjam uang online yang bisa dinikmati oleh pengguna Shopee yang sudah memenuhi kriteria tertentu sesuai kebijakan Shopee.

Uang yang dipinjam ini jika nantinya disetujui akan langsung dikirim / transfer ke rekening bank lokal yang sebelumnya sudah didaftarkan saat melakukan pengajuan peminjaman. 

Rekening yang didaftarkan biasanya harus sama dengan nama dari orang yang mengajukan pinjaman. Sedangkan untuk pilihan bank bisa apa saja mulai dari BRI, BNI, Mandiri, hingga BCA, dan CIMB Niaga. 

Seluruh proses pengajuan benar-benar cukup dilakukan via online dari aplikasi Shopee dan bisa kapan saja selama 24 jam setiap hari, asalkan Anda adalah pengguna terpilih tadi.

Fitur pinjam uang tunai si Shopee ini merupakan salah satu layanan dari PT. Lentera Dana Nusantara yang menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia yang sudah tentu legal dan sistem kerjanya berada di bawah pengawasan OJK. Artinya, layanan pinjam uang yang ada pada fitur Shopee Pinjam dijamin aman.

Syarat dan Ketentuan SPinjam

Seperti yang sudah disebutkan, fitur SPinjam sayangnya tidak disediakan untuk seluruh pengguna. Syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan SPinjam adalah:

  • Menyiapkan e-KTP (asli, bukan fotokopi).
  • Siapkan nomor rekening bank lokal milik Anda.
  • Pastikan kamera hape Anda tidak bermasalah karena nantinya akan digunakan untuk verifikasi identitas.
  • Siapkan 2 nomor milik keluarga satu rumah Anda (orang tua, kakak / adik, pasangan, atau lainnya) atau saudara / teman / orang lain siapapun yang bisa Anda percaya. 2 nomor ini nantinya akan Anda masukkan ke dalam kontak darurat saat mengisi e-form pengajuan Shopee Pinjam.


Lalu jika Anda kebetulan termasuk salah satu pengguna aplikasi Shopee yang belum terpilih untuk menikmati layanan pinjaman Shopee ini karena fitur SPinjam tadi belum ada di dalam aplikasi Shopee Anda, maka Anda belum sesuai dengan ketentuan Shopee berikut ini:


1. Bukan Pengguna Baru

Jika Anda baru saja mendaftar akun di aplikasi Shopee, misalnya baru hari ini, maka fitur pinjaman uang ini biasanya belum muncul di aplikasi Anda. Butuh beberapa waktu agar fitur nantinya ditambahkan secara otomatis ke akun Anda.

Dengan kata lain, fitur Shopee Pinjam hanya dapat dinikmati oleh pengguna lama. Tapi, hal ini sangat tergantung pada kebijakan Shopee. Jadi ada kemungkinan juga beberapa waktu kedepan Shopee akan mengubah kebijakannya dan pengguna baru pun sudah bisa ikut menikmati layanan ini.

2. Jarang Transaksi

Jika Anda adalah pengguna lama Shopee tapi Anda sangat jarang melakukan transaksi di aplikasi Shopee, baik dalam hal belanja atau pun isi pulsa, bayar listrik, dan lainnya, maka ada kemungkinan juga fitur Shopee Pinjam tadi tidak bisa Anda temukan di akun Anda. 

Artinya, fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna lama + yang rajin / sering melakukan transaksi setidaknya satu kali dalam satu bulan secara berkala.

3. Tidak Berada di Area Lokasi Cakupan Shopee

Jika pihak Shopee belum memperluas lagi area layanan untuk Shopee Pinjam hingga ke lokasi tempat tinggal Anda yang tertera pada e-KTP, maka ada kemungkinan untuk pengajuan Anda ditolak meskipun fitur Shopee Pinjam tadi sudah ada di akun Anda.

Sebagai informasi tambahan, fitur ini bisa Anda temukan hanya di dalam aplikasi Shopee dengan cara akses seperti berikut:

  • Setelah membuka aplikasi, klik menu dengan ikon orang bertuliskan "saya" yang biasanya ada di sisi paling kanan layar di bagian paling bawah. 
  • Scroll sedikit ke bawah dan Anda akan menemukan menu bernama “SPinjam” dengan logo uang. 
  • Anda bisa klik anak panah arah kanan yang ada tepat di sebelah kanan tulisan SPinjam tadi dan selanjutnya akan diarahkan ke petunjuk selanjutnya mengenai cara mengaktifkan Shopee Pinjam.

.

Bunga dan Limit SPinjam




Sama seperti semua bank, koperasi, fintech, dan berbagai tempat peminjaman uang lainnya, Shopee juga menggunakan sistem bunga dan limit untuk layanan SPinjam. Berikut adalah informasinya:

  1. Peminjam akan mendapat suku bunga paling kecil sesuai peraturan / undang-undang pemerintah mengenai aturan peminjaman uang online yakni 2,45% dari total uang yang Anda pinjam dan bunga ini berlaku per bulan.
  2. Selain bunga, Shopee membebankan biaya penanganan untuk pihak peminjam sebesar 3% untuk satu kali transaksi pinjaman yang akan langsung dipotong otomatis dari jumlah uang yang Anda pinjam. 
  3. Jadi jika Anda mengajukan pinjaman Rp 1.000.000 misal, maka nantinya uang yang Anda terima bukan Rp 1.000.000 melainkan Rp 970.000.
  4. Jika Anda terlambat membayar, maka Anda akan dikenakan denda yang jumlahnya 5% dari total uang yang Anda pinjam. Misalnya pada pengajuan pinjaman Rp 1.000.000 tadi, denda keterlambatan akan dihitung dari total Rp 1.000.000 bukan Rp 970.000.
  5. Lalu untuk limit pinjaman, Anda bisa mengajukan pinjaman paling sedikit Rp 200.000 dan paling sejauh ini adalah Rp 3.000.000.

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam


Jika Anda masuk dalam ketentuan SPinjam dan tidak keberatan dengan sejumlah aturan seputar limit serta biaya admin tadi, maka Anda bisa mengajukan SPinjam dengan cara:

1. Setelah klik fitur SPinjam (klik tab saya > SPinjam) seperti cara di atas tadi, klik tombol "Aktifkan Sekarang" dan input kode verifikasi OPT yang dikirim via SMS ke nomor Anda.





2. Tulis nominal pinjaman, lalu isi data diri secara benar dan lengkap, serta upload e-KTP beserta foto selfie.

3. Setelah e-form diisi lengkap, klik "Konformasi", lalu isi bagian kontak darurat dan nomor rekening, kemudian klik "Konfirmasi" jika sudah selesai.

4. Selanjutnya Shopee akan melakukan pemeriksaan dan jika pengajuan diterima, maka uang akan langsung masuk ke rekening Anda.


Jika cara mengaktifkan Shopee Pinjam di atas berhasil karena Anda termasuk pengguna terpilih, pastikan untuk membayar angsuran tepat waktu agar tidak mendapat denda. Berikut di bawah ini akan dijelaskan mengani cara membayar tagihan SPinjam.


Tahapan Cara Membayar Tagihan SPinjam

Adapun cara untuk melakukan pembayaran tagihan SPinjam yang dapat Anda ikuti langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan masuk ke tab Saya > SPinjam > Bayar* > 

2. Pilih pembayaran sesuai jenis Pembayaran yang Anda inginkan. Pengguna dapat melunasi keseluruhan tagihan SPinjam sebelum tanggal jatuh tempo. Jika tagihan bulan ini sudah lunas, maka tagihan bulan berikutnya akan muncul secara otomatis pada halaman tagihan.

Berikut ini pilihan Pembayaran tagihan SPinjam yang dapat Anda gunakan:

  • ShopeePay dan Virtual Account, metode pembayaran ini akan memudahkan pengguna karena secara otomatis akan lunas dalam waktu 10 menit.
  • Jika pengguna memilih pembayaran tagihan SPinjam melalui Indomaret, maka ikuti langkah petunjuk pembayaran dengan Kode Pembayaran yang tampil di layar. Saat sudah berada di gerai Indomaret, maka tinggal Klik Bayar pada halaman utama SPinjam untuk membayar tagihan.
Sementara itu, jika Anda terlambat melakukan pembayaran tagihan maka denda keterlambatan SPinjam dapat dibayarkan bersamaan dengan tagihan berjalan Anda. 

Nah, apakah Anda tertarik untuk mengaktifikan Shopee Pinjam dan mengajukan pinjaman? Pikirkan matang-matang ya, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget untuk membayar ya.

0 Response to "Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam: Aturan Limit, Bunga, dan Denda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel