Daftar Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Serta Caranya Meminjam

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminjam dana tertentu tanpa mengeluarkan jaminan apapun. Salah satunya adalah dengan melakukan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Sayangnya tidak semua koperasi menyediakan layanan pinjaman dengan syarat yang mudah.

Agar tidak dirugikan, Anda harus bisa memilih KPS yang tepat dan memberikan layanan yang mudah. Selain itu, pastikan sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan meminjam dana di koperasi sebelum melakukannya.




Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Modal pada Koperasi


Saat terdesak, biasanya orang hanya melihat kelebihan dari proses meminjam uang yang dilakukan. Agar bisa membuat keputusan yang tepat untuk meminjam di koperasi atau tidak, maka beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini wajib diketahui sebelumnya. 


1. Kelebihan Meminjam Pada Koperasi

Meskipun eksistensinya masih kalah dengan bank, namun meminjam sejumlah dana pada koperasi juga memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

  • Proses sangat mudah karena tidak banyak mekanisme yang harus dilalui di dalamnya.
  • Proses pencairan dana sangat cepat karena syarat yang harus dipenuhi lebih mudah sehingga dana yang dibutuhkan bisa cair saat itu juga. 
  • Tanpa menggunakan jaminan, sehingga tidak memberatkan peminjam saat akan melakukan pinjaman terutama bagi yang tidak punya barang jaminan. 
  • Bunga lebih rendah, sesuai dengan fungsi utama didirikannya koperasi yakni memberikan kesejahteraan bagi anggotanya.  
  • Mengurangi praktik rentenir karena sistemnya bagi hasil.


2. Kelemahan Meminjam Pada Koperasi

Sementara kelemahan yang juga perlu dipertimbangkan ketika akan meminjam di koperasi adalah:

  • Dana pinjaman yang bisa dicairkan terbatas.
  • Modal yang dimiliki juga terbatas karena berasal dari anggotanya saja. 
  • Tenaga profesional yang mengelola di dalamnya sangat terbatas sehingga pengelolaan keuangan kurang tertib dan maksimal serta menghambat kemajuan koperasi.
  • Kesadaran anggota terhadap penerapan prinsip koperasi sangat rendah.
  • Terkadang akan terjadi konflik internal dalam anggota koperasi yang bisa mempengaruhi kepentingan peminjam.
  • Daya saingnya masih sangat rendah dan jauh tertinggal dibandingkan dengan badan usaha lainnya. 

Cara Melakukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan


Meminjam uang di koperasi sebenarnya hanya perlu membawa berkas syarat yang dibutuhkan serta datang langsung ke koperasi yang bersangkutan. Adapun cara meminjam uang tanpa jaminan di sebagian besar koperasi di Indonesia harus memenuhi langkah-langkah berikut. 


1. Pengajuan Pinjaman Offline


a. Memenuhi Syarat yang Dibutuhkan

Secara umum, syarat yang harus dipenuhi dalam meminjam uang di koperasi tanpa jaminan meliputi:

  • KTP.
  • KK.
  • Rekening listrik dan slip gaji.


b. Datang ke Koperasi Membawa Berkas

Setelah syarat yang dibutuhkan lengkap, berkas bisa langsung dibawa ke koperasi terdekat yang akan jadi media peminjaman dana serta mengisi proposal pengajuan dana yang disediakan.


c. Pemeriksaan Proposal

Pihak koperasi akan memeriksa isi dari proposal yang diajukan terkait tujuan peminjaman serta total pinjaman yang dibutuhkan.


d. Penyesuaian Kontrak

Apabila pinjaman disetujui, pihak koperasi akan membuat kontrak perjanjian yang disesuaikan dengan proposal peminjaman. Kontrak berisi jumlah pinjaman yang diizinkan, lama pengembalian, hingga cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. 


e. Pencairan Dana

Jika kontrak disetujui peminjam, dana yang dibutuhkan bisa langsung dicairkan saat itu juga tanpa menyerahkan jaminan. 


2. Pengajuan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan pada KSP Online

Bagi yang ingin mengajukan pinjaman di koperasi yang menyediakan layanan online, secara umum tahapannya adalah:

  • Download aplikasi pendukung KSP online atau kunjungi website resminya.
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data identitas diri dan berkas yang dibutuhkan untuk meminjam dana.
  • Lakukan validasi dan verifikasi.
  • Ajukan dana yang dibutuhkan.
  • Syarat yang harus dipenuhi serta tenor akan ditampilkan pada layar.
  • Kalau setuju, dana akan langsung dicairkan melalui rekening peminjam secara online. 
  • Cicilan per bulan bisa dibayar secara online dengan nominal sesuai kesepakatan yang berlaku. 


Daftar KSP yang Memberikan Pinjaman Tanpa Jaminan


Walaupun keberadaannya masih tertinggal dengan bank, namun masih ada banyak KSP yang bermunculan dan menawarkan pinjaman tanpa jaminan pada masyarakat. Sebagai bahan referensi, berikut beberapa KSP yang bisa dicoba untuk melakukan pinjaman koperasi tanpa jaminan.



1. Kredivo




Eksistensi Kredivo di masyarakat juga sudah sangat baik. Sama dengan KSP Sejahtera Bersama, lembaga ini juga sudah diawasi dan terdaftar OJK serta bergerak secara online.

Untuk bisa mendapatkan dana pinjaman, syarat yang harus dipenuhi adalah WNI berusia 18 sampai 60 tahun. Sementara penghasilan minimal yang didapatkan perbulan adalah 3 juta.


2. KreditQ (KSP Sahabat Mitra Sejati)





KreditQ pada dasarnya hanyalah aplikasi pendukung bagi masyarakat dalam cakupan yang lebih luas untuk mengajukan pengajuan secara online. Sementara lembaga offline nya sudah lebih dahulu berdiri dengan nama KSP Sahabat Mitra Sejati.

Dalam aplikasi KreditQ, ada dua jenis pinjaman tanpa uang jaminan yang bisa diajukan pada koperasi ini secara online, yaitu:

  • Jenis dana talangan dengan plafon 1 juta serta tenor 15 dan 30 hari.
  • Plafon mencapai 100 juta dengan jangka waktu 3 dan 6 bulan.


3. KSP Rangkul Teman





Koperasi Simpan Pinjam Rangkul Teman memang tidak  begitu terkenal seperti koperasi lainnya. Tapi keamanannya juga tidak perlu diragukan lagi karena sudah bekerja sama dengan pengawas koperasi, Midtrans, Peruri, dan Doku. 

KSP online pertama di Indonesia ini memudahkan nasabah untuk melakukan pinjaman secara online dengan mengunjungi website resminya. Total pinjaman yang diberikan juga dibatasi, yakni antara 2 hingga 50 juta saja. Jangka waktu pinjaman cukup bervariasi, yakni antara 6 sampai 12 bulan. 


4. Pinjaman dari BTPN





Meskipun bukan termasuk jenis koperasi simpan pinjam, namun BTPN menyediakan layanan pinjaman tanpa angunan yang mirip dengan sistem koperasi. Total pinjaman yang disediakan kepada pelanggannya juga mencapai 50 juta. Untuk tenor waktu pinjaman paling lama 2 tahun.

Proses pengajuan pinjaman di sini sangat mudah karena hanya perlu memenuhi syarat KTP dan KK saja. Sementara status peminjam harus memiliki usaha ataupun bisnis yang sudah berjalan aktif selama minimal 2 tahun.

Jika Anda sudah mempertimbangkan kelemahan dan kelebihan pinjaman koperasi tanpa jaminan, maka beberapa KSP di atas bisa dijadikan pilihan. Agar proses pencairan lebih mudah, sebelum meminjam pastikan semua syarat yang diajukan KSP bisa dipenuhi baik dari segi berkas ataupun kondisi peminjamnya.

0 Response to "Daftar Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Serta Caranya Meminjam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel