Contoh Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel Serta Cara Membuatnya

Toko kelontong umumnya membuat laporan keuangan secara manual menggunakan buku khusus. Namun cara ini tentu kurang praktis dan lebih sulit direkap. Untuk itulah, dibutuhkan laporan keuangan toko kelontong excel yang pencatatannya lebih mudah, cepat, dan hasilnya akurat.

Software Excel sendiri merupakan aplikasi pengolah angka yang bisa mengerjakan hasil perhitungan secara otomatis dalam kolom-kolom. Jadi perhitungannya tidak perlu menggunakan kalkulator serta formatnya yang identik dengan tabel bisa memanfaatkan kolom di dalamnya. 



Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel


Bagi yang sudah terbiasa mengoperasikan Microsoft Excel, tentu saja bisa memindahkan format laporan keuangan dari buku ke dalam aplikasi dengan sangat mudah. Namun bagi Anda yang masih tergolong pemula, berikut langkah mudah yang bisa diterapkan dalam membuat laporan keuangan di Excel. 

Baca juga: Syarat dan Cara Menjadi Mitra SRC

1. Membuat Dokumen di Excel

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Excel pada perangkat PC yang digunakan, lalu membuat dokumen baru. Atur format tulisan sesuai dengan keinginan, jangan terlalu kecil atau besar agar ketika diketik tampilannya nyaman dilihat. 


2. Tentukan Komponen Laporan Keuangan Sesuai dengan Jenisnya

Laporan keuangan dari toko kelontong juga memiliki beragam jenis sesuai dengan kebutuhan dan keperluannya. Ada laporan berupa arus masuk, keluar, hingga laporan keuangan laba rugi yang dialami toko. 

Sebelum masuk ke tahap selanjutnya, tentukan dahulu jenis laporan keuangan yang ingin dibuat agar bisa menentukan komponen penting yang ingin ditulis di dalamnya dan diatur dalam bentuk tabel.


3. Buat Kolom Sesuai Jumlah Komponen yang Ingin Dimasukkan

Setelah mengetahui komponen apa saja yang perlu ditulis, barulah bisa membuat kolom dalam aplikasi Excel dengan jumlah sesuai dengan komponen tersebut. Karena worksheet nya sudah berupa kolom-kolom, Anda cukup menebali kembali kolom tersebut dalam pengaturan.

Jangan lupa memberi judul dan keterangan lengkap pada setiap kolom  terkait komponen yang mewakili data ataupun nominal angka di bawahnya. 


4. Format Setiap Kolom

Kolom yang sudah ada masih perlu diformat kembali agar data yang ditulis dalam kolom tersebut sesuai dengan kebutuhan. Misalnya mengubah format mata uang pada kolom Excel yang awalnya dollar menjadi rupiah agar lebih mudah dibaca dan dihitung.


5. Tulis Data Laba dan Rugi

Jangan lupa untuk membuat data laba dan rugi dari berbagai transaksi keuangan yang telah ditulis dalam kolom. Urutkan juga data yang ada menggunakan fitur Excel yang bernama sorting atau filter. Lalu masukkan laba dan rugi pada kolom yang sesuai keterangannya.


6. Koreksi Laporan dengan Work Book

Untuk meminimalisir kesalahan setelah dicetak, Excel juga menyediakan fitur yang memudahkan untuk mengoreksi data laporan yang sudah dimasukkan. Pada Work Book yang telah selesai ditulis, hitung kembali dan pastikan rumus perhitungan yang dimasukkan di dalamnya sudah benar.


7. Simpan Data dan Cetak Sesuai Kebutuhan

Setelah semua data dicek dengan benar, bisa langsung di simpan dalam folder yang ada dalam PC atau flash disk. Agar terhindar dari risiko hilang akibat virus atau terformat, bisa juga menyimpan secara online melalui google drive yang lebih aman. 

Setelah tersimpan, barulah laporan keuangan ini bisa dicetak jika memang diperlukan untuk bahan evaluasi dari toko kelontong yang dikelola. 


Contoh Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel




Laporan keuangan memang memiliki cakupan yang sangat luas karena terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Sebagai bahan referensi, berikut beberapa contoh laporan keuangan toko kelontong yang menggunakan aplikasi Excel sesuai dengan jenisnya masing-masing. 


1. Contoh Laporan Keuangan Penjualan Excel

Berikut ini adalah template contoh laporan keuangan yang dapat digunakan untuk toko kelontong dalam format excel:

Laporan Keuangan Toko Kelontong Format Excel

2. Contoh Laporan Keuangan Excel Laba Rugi

Laporan keuangan laba rugi berguna untuk mengetahui keuntungan dan kerugian yang dialami toko selama masa penjualan tertentu.  Beberapa komponen utama yang ditulis sebagai judul dari laporan ini biasanya lebih sederhana dan singkat.

Mulai dari keterangan yang terkait jenis transaksi keuangan yang ditulis, neraca saldo yang terdiri dari debit dan kredit, laba rugi yang juga terdiri dari debit dan kredit, serta total akhir debit dan kredit toko.  

Berikut ini adalah contohnya:




3. Contoh Laporan Keuangan Excel Arus Kas Masuk

Laporan keuangan ini fokus mencatat segala transaksi yang menyebabkan adanya kas masuk sebagai saldo yang dimiliki oleh toko kelontong. Komponennya bisa diterapkan ketika akan ditulis dalam Excel.


4. Contoh Laporan Keuangan Jenis Arus Kas Keluar

Jika arus kas masuk menyebabkan tambahan uang kas yang masuk ke toko, maka kas keluar  berisi transaksi yang menyebabkan saldo atau kas toko berkurang. Komponennya biasanya berisi transaksi pembelian alat dan bahan tertentu, serta pembayaran gaji bagi toko kelontong yang punya karyawan.


5. Contoh Laporan Keuangan Arus Kas Keluar Masuk

Berbeda dengan arus kas keluar dan masuk yang ditulis secara detail, maka laporan keuangan toko kelontong berupa arus keluar dan masuk ini ditulis secara umum saja. Biasanya dicatat dalam periode satu bulan untuk mengetahui saldo yang dimiliki toko kelontong.

Contohnya dalam bentuk Excel pada sheet 2: Laporan Keuangan Arus Kas Keluar Masuk Toko Kelontong

Mencatat laporan keuangan toko kelontong excel memang sangat memudahkan pemilik toko dalam mengelola keuangannya. Pasalnya, catatan keuangan bisa lebih rapi dan tidak mudah hilang seperti menggunakan buku. Selain itu, data keuangan juga bisa disimpan secara online serta dilihat dari mana saja dan kapan saja.

0 Response to "Contoh Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel Serta Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel