7 Perbedaan Emas Antam dan USB yang Wajib Diketahui Sebelum Investasi!

Emas merupakan salah satu barang berharga yang sering dijadikan sebagai sebuah investasi. Terdapat dua jenis emas yang cukup populer yaitu emas Antam dan emas UBS. Apa perbedaan emas Antam dan UBS? Manakah yang paling bagus untuk investasi?

Perkembangan terkini menyebutkan bahwa akan segera didirikan Bullion Bank, yang merupakan lembaga yang melayani pembelian, penyimpanan, dan penjualan logam mulia. Tentu saja hal tersebut akan lebih membuat ekosistem investasi emas semakin bergeliat. Bagaimana cara membeli dan menjual jenis emas tersebut? Informasi lengkap tentang perbedaan kedua jenis emas ini akan dibahas di dalam artikel. Simak artikel beda emas Antam dan UBS hingga akhir untuk mendapat informasi lengkap!





7 Perbedaan Emas Antam dan UBS


Terdapat dua jenis emas yang sering dipilih sebagai investasi yaitu emas Antam dan emas UBS. Apakah Anda tertarik untuk investasi salah satu jenis emas tersebut? Sebelum melakukan investasi emas, sebaiknya cari tahu dulu perbedaan kedua jenis emas tersebut.


Berikut ini beberapa perbedaan emas Antam dan UBS, yaitu:


1. Produsen atau Perusahaan Pembuat Emas


Apa itu emas UBS? Emas UBS merupakan jenis emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1981 di Kota Surabaya dan dikenal sebagai salah satu produsen perhiasan emas berkualitas.

Berbeda dengan emas UBS, emas Antam diproduksi oleh PT Aneka Tambang, Tbk. Perusahaan penghasil emas yang satu ini sebelumnya adalah anak perusahaan BUMN PT Inalum.


2. Sertifikasi yang Dimiliki

Emas selalu dilengkapi dengan sertifikasi ketika dikeluarkan oleh perusahaan pembuatnya. Sertifikat emas ini merupakan salah satu bukti atau jaminan bahwa emas tersebut merupakan emas asli yang resmi diproduksi oleh suatu perusahaan.

Sertifikasi emas Antam dan emas UBS tentu saja berbeda. Emas Antam edisi terbaru sudah memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya. Selain itu, sertifikat emas Antam juga telah dilengkapi dengan QR Code.

Sertifikat emas UBS di bawah 5 gram masih dalam bentuk kertas yang terlaminasi menyerupai SIM card. Sementara emas UBS di atas 5 gram memiliki sertifikat berbentuk plastik hologram yang terpisah dari kemasan emas.

Emas Antam juga dilengkapi dengan sertifikat Lonson Bullion Market Association (LBMA). Sertifikat LBMA ini menunjukkan bahwa emas Antam sudah bebas dijual di pasar dalam negeri maupun mancanegara.

3. Ukuran Emas

Perbedaan antara emas UBS dan emas Antam juga terletak pada ukuran emas. Emas UBS tersedia dalam ukuran 0,1 gram; 0,5 gram; 1 gram; 5 gram; hingga 100 gram.

Sementara itu emas Antam tersedia dengan ukuran 0,5 gram; 1 gram; 2,5 gram; 5 gram; hingga 1 kg. Ukuran emas Antam tentunya lebih bervariasi jika dibandingkan ukuran dari emas UBS yang tersedia.

4. Dimensi Emas

Selain memiliki perbedaan pada ukuran, perbedaan emas Antam dan UBS juga terletak pada dimensi. Emas Antam memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dimensi emas UBS. Emas Antam memiliki dimensi lebih kecil dan lebih tebal.

Sementara itu, emas USB dimensinya lebih besar dan tipis dibandingkan emas Antam. Meskipun memiliki perbedaan dimensi, berat emas Antam dan emas USB tetap sama. Kadar kedua jenis emas ini juga tidak jauh berbeda yaitu sekitar 99,99%.

5. Tempat atau Lokasi Pembelian

Emas Antam dan USB dapat diperjualbelikan di tempat-tempat resmi serta terpercaya. Anda bisa membeli emas Antam di kantor pusat Antam Jakarta Selatan, toko perhiasan, pegadaian, dan website resmi Antam.

Sementara itu, emas UBS hanya dapat dibeli di wessite UBS, toko khusus atau stan UBS yang dibuka di pusat perbelanjaan. Jika dibandingkan, maka tempat pembelian emas Antam lebih mudah ditemukan dibandingkan tempat pembelian emas UBS.

6. Harga Emas

Harga emas Antam dan emas UBS sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun, jika dibandingkan, maka harga emas Antam lebih mahal dibandingkan harga emas UBS. Harga emas UBS memang lebih terjangkau dari emas Antam maupun beberapa jenis emas lainnya.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan beberapa orang lebih suka investasi dengan emas UBS. Namun, tidak sedikit orang juga yang tetap memilih investasi emas Antam.


7. Desain

Perbedaan lainnya yang dimiliki kedua jenis emas ini terletak pada desain. Emas Antam maupun emas UBS sebenarnya sama-sama bisa custom desain untuk souvenir acara-acara tertentu. Namun, tentu saja desain yang ditampilkan pada kedua jenis emas ini akan berbeda.


Mana yang Lebih Baik Untuk Investasi, Emas Antam atau UBS?




Perbedaan emas Antam dan UBS dapat digunakan sebagai pertimbangan jenis emas apa yang akan dipilih sebagai investasi. Masing-masing jenis emas tersebut tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kedua jenis emas juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada dasarnya, investasi emas Antam maupun UBS merupakan jenis investasi yang sangat menjanjikan untuk dilakukan. Hal ini karena banyak faktor yang membuat emas sangat bagus atau cocok dijadikan barang investasi.

Pemilihan jenis emas antara emas Antam dan UBS yang akan jadi investasi dapat disesuaikan kembali dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Cara Jual/Beli Emas Antam dan UBS


Pembelian dan penjualan emas harus dilakukan dengan hati-hati karena emas merupakan benda berharga. Lalu, Bagaimana cara untuk membeli dan menjual emas?


1. Pembelian dan Penjualan Emas Antam

Pembelian dan penjualan emas Antam dapat dilakukan dengan mudah di toko perhiasan terpercaya. Selain itu, emas Antam juga bisa dijual belikan di Pegadaian. Anda juga bisa datang langsung ke Kantor Pusat Antam di Jakarta Selatan untuk jual beli emas Antam.

Baca juga: Metode Beli Emas Antam di Pegadaian Aman dan Terpercaya


Pembelian emas Antam juga bisa dilakukan secara online di website resmi https://www.logammulia.com/id/purchase/gold. Pastikan untuk mengikuti semua syarat dan ketentuan jual beli emas Antam ya.


2. Pembelian dan Penjualan Emas UBS


Apakah emas UBS bisa dijual kembali? Ketika membeli emas UBS untuk investasi, maka suatu saat nanti emas UBS juga dapat dijual kembali. Lebih baik menjual emas ketika memang sedang sangat membutuhkan dan ketika harga jual emas UBS lebih tinggi dengan harga belinya.

Pembelian dan penjualan emas UBS secara resmi dapat dilakukan di toko-toko perhiasan terpercaya dan stand-stand khusus emas UBS. Pastikan untuk selalu memperhatikan kelengkapan surat atau barcode pengaman emas yang akan dibeli.

Anda bisa membeli atau menjual emas UBS langsung di website resmi UBS https://ubslifestyle.com/fine-gold/logam-mulia-ubs/.


Perbedaan emas Antam dan UBS dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika akan melakukan pembelian dan investasi emas. Jenis emas Antam maupun UBS memiliki karakteristiknya tersendiri sehingga cocok dijadikan sebagai barang investasi.

0 Response to "7 Perbedaan Emas Antam dan USB yang Wajib Diketahui Sebelum Investasi!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel