Software Akuntansi Kledo Berhati Nyaman: Tanpa Perlu Hire Akuntan




Tidak hanya toko ritel offline, untuk mendulang cuan kami juga menjual aneka camilan makanan ringan dengan menjualnya di beberapa marketplace dan juga website yang kami kelola. Dengan digital marketing penjualan makanan ringan tersebut tidak hanya menjangkau di wilayah tempat kami tinggal, namun target market telah sampai ke luar kota seperti Lumajang, Pasuruan, hingga Lampung

Semua kesempatan tersebut kami ambil untuk menangkap cuan yang lebih besar agar hidup ini semakin bermanfaat untuk orang-orang sekitar. 

Di tengah keterbatasan dan sejumlah kesibukan yang harus saya jalani, sangat penting untuk mengembangkan bisnis dengan berbantuan teknologi modern. Tak hanya cukup dengan teknik internet marketing. Menjalankan bisnis UMKM seperti yang kami jalankan saat ini juga memerlukan manajemen administrasi dan pencatatan keuangan yang baik. Alasannya, tanpa adanya pencatatan atau pembukuan keuangan yang benar, bagaimana kami bisa menghitung secara pasti apakah toko usaha ritel dan juga jualan camilan yang sedang kami jalankan ini dalam kondisi untung ataukah malah rugi.

Waktu itu memang ada rekomendasi dari saudara yang mempunyai usaha di bidang clothing untuk sebaiknya kami menggunakan pembukuan keuangan dengan bantuan software akuntansi. Saran tersebut coba kami untuk tampung. Selang dua hari saya mencoba untuk googling software akuntansi terbaik dan terlengkap for free. Karena googling itulah kemudian muncul iklan software akuntansi Kledo. Keinginan untuk mencoba muncul begitu besar karena ada paket free yang disediakan dan berbasis online pula.


Sumber: Kledo.com


Software akuntansi online ini berbasis cloud sehingga sangat memudahkan saya dalam pengoperasiannya. Saya bisa login dari mana saja, baik PC, tablet maupun smartphone dan melihat laporan keuangan bisnis secara realtime. Software ini sangat membantu proses bisnis mulai dari para freelancer, bisnis skala UMKM seperti kami hingga perusahaan besar. Cukup rebahan dan entry data baik di laptop ataupun smartphone sudah bisa menghasilkan laporan keuangan lengkap, rapi, dan akurat.

Empat keunggulan Kledo yang menurut saya sangat bermanfaat bagi seorang newbie yang ingin memperbaiki pembukuan keuangan bisnisnya, yaitu:

1. Dilengkapi dengan data demo

Pada saat awal penggunaan, software akuntansi ini sudah dilengkapi data demo yang disediakan oleh Kledo. Tentu ini sangat membantu bagi seseorang yang tidak memiliki background pendidikan akuntansi yang memadai. Dengan data demo ini, kita bisa mengenal mengenal dan memahami cara kerja aplikasi Kledo.

Setelah mulai terbiasa dan mengetahui sebagian besar fungsi Kledo, data demo kemudian dapat dihapus dan selanjutnya diisi dengan data keuangan yang kita miliki. 



2. Mempunyai fitur Marketplace Connect

Kledo Online mampu membantu jualan yang juga dilakukan di woocommerce dan beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Kledo Online mempunyai fitur Marketplace Connect yang memudahkan dalam melakukan import data penjualan marketplace ke dalam software akuntansi ini. Dengan begitu, setiap ada transaksi penjualan maka data stock inventory akan update secara otomatis.


3. Memudahkan dalam Mengatur dan Mencatat Biaya Bisnis

Mencatat pengeluaran merupakan tugas utama yang harus dilakukan untuk mendapatkan laporan keuangan. Saat menggunakan Kledo, kita dapat dengan mudah mencatat semuanya secara otomatis dan terupdate. 

Dengan begitu, kita dengan mudah dapat menganilisa dan memonitor pengeluaran bulanan, merencanakan dan membuat keputusan yang cepat dengan informasi yang akurat.

 

4. Satu-satunya Software Akuntansi yang Memiliki Fitur Aset Tetap dan Auto Depreciation


Kledo mempermudah bagi pelaku bisnis yang ingin melacak aset tetap yang dimilikinya. Melalui fitur aset tetap dan auto depreciation membuat kita mampu melakukan perhitungan depresiasi aset secara otomatis dan mendapatkan laporan aset secara realtime.


Kledo dapat menghitungkan depresiasi setiap aset secara otomatis setiap akhir bulannya. Kita tidak perlu direpotkan dengan melakukan penginputan rumus-rumus depresiasi yang ribet itu. Jadi, pelaku bisnis tinggal menginputkan asetnya seperti bangunan, mobil, mesin, dan alat-alat kantor dan biarkan Kledo bekerja menghitung beban depresiasi (penyusutan) aset tersebut.



Tambah Cuan Dengan Sistem Penjualan Konsinyasi


Banyak industri rumahan yang menjajakan barang dagangannya secara konsinyasi (titip jual) di toko kami. Produk barang yang dititipkan di toko ritel kami cukup beragam, mulai dari camilan, produk kerajinan, sayuran hingga parfum.

Nah, kelebihan dari software akuntansi Kledo ini adalah kami bisa melakukan pencatatan proses konsinyasi dengan mudah dan praktis. Ketika sudah tercatat dengan rapi, maka dengan mudah kami dapat melihat mana produk konsinyasi yang paling laku dan mana yang kurang laku. Dengan begitu, kami dapat memutuskan untuk menambah jumlah produk konsinyasi yang paling laku tersebut untuk menempati etalase toko secara spesial. Strategi tersebut perlu dilakukan agar menambah cuan secara maksimal.


Kledo Membantu Saya dalam Menetapkan Harga Jual untuk Cuan Maksimal



Di sekitar pondok pesantren tempat kami tinggal memiliki pasar yang kompetitif. Sejumlah toko ritel lainnya juga berdiri di sepanjang area pesantren. Untuk itu sangat penting bagi kami memiliki strategi penetapan harga yang tepat. Dengan kata lain, produk yang kami jual harus diberi harga untuk tidak hanya menarik pelanggan baru tetapi juga mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Masalahnya, sebagai pebisnis, saya juga harus mengelola biaya-biaya pengeluaran dengan baik. Ini berarti saya tidak dapat memberi harga produk terlalu rendah, dan saya harus mengembangkan strategi penetapan harga di mana masih kompetitif sambil tetap dapat menghasilkan keuntungan.

Software akuntansi Kledo sangat membantu untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas. Software ini memungkinkan saya melihat dengan tepat berapa banyak yang saya belanjakan untuk membeli barang kulakan dan berapa banyak keuntungan yang akan saya hasilkan dari setiap penjualan.

Berdasarkan ini, saya kemudian dapat menentukan titik harga terbaik untuk memaksimalkan keuntungan sambil tetap menawarkan nilai kepada para pelanggan yang umumnya adalah santri/siswa dan masyarakat sekitar.

Saat menggunakan software akuntansi Kledo, saya juga dapat menerapkan penghematan dalam rantai pasokan (supply chain) untuk memaksimalkan keuntungan lebih jauh.


Tips Untung Berlimpah Jualan di Toko Ritel bagi Newbie


Sebagai seorang dosen yang membuka sebuah usaha pertokoan, kadang kala merasa bingung untuk mendapatkan barang kulakan yang murah dan bersaing. Terlebih karena tidak memiliki background ilmu marketing dan negosiasi di bidang ini, memulainya tentu cukup berat. 

Membuka toko ritel memerlukan strategi dan kesiapan yang matang agar usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar. Untuk mendapatkan untung yang berlimpah ada dua jalan yang bisa ditempuh oleh seoarang pedagang, yaitu berhasil menjual produk dalam jumlah yang banyak dan margin keuntungannya yang besar untuk setiap penjualannya.

Nah, agar mendapatkan laba keuntungan besar yang dapat dilakukan adalah dengan mencari tempat kulakan yang menjual dengan harga murah. Berdasarkan pengalaman saya yang melakukan trial and error, lambat laun saya mulai paham bagaimana mencari kulakan yang murah sehingga untungnya berlimpah, berikut ini adalah selengkapnya:

1. Menjadi Member di Toko Grosir


Sebagai newbie di dunia pertokoan ritel, saya sarankan untuk menjadi member di beberapa toko grosiran. Dengan menjadi member banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti para member akan mendapatkan harga diskon.

Selain itu, ketika toko grosir tersebut memiliki promo maka para member akan diberitahu. Tentu saja ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan barang promo dengan cepat dan update harga untuk membandingkan harga kulakan satu barang dari berbagai tempat.


2. Gabung di grup/forum jual beli

Teknologi internet yang semakin maju seharusnya bisa kita manfaatkan untuk mencari barang kulakan. Bergabung di grup atau forum jual beli di berbagai platform media sosial adalah solusinya. Di sana para anggota grup bisa memantau harga yang ditawarkan para pemain lama, serta bisa mengetahui harga pasaran yan beredar.

Untuk newbie para pejuang cuan harap berhati-hati jika ada penawaran dengan harga yang sangat jauh di bawah harga pasaran, karena bisa jadi hal tersebut penipuan. Apalagi jika sistem pembayarannya menggunakan transfer secara tunai terlebih dahulu. Pastikan ada barang yang diterima, maka ada uang yang diberikan.


3. Jalin relasi dengan pedagang lain dan juga para sales/distributor

Sebagai dosen yang nyambi jualan tentu tidak bisa berjalan sendiri. Saya membutuhkan karyawan dan juga mitra kerja untuk memperluas jaringan informasi dalam mencari barang murah. Maka ketika bertemu dengan sesama pedagang bisa dijadikan sebagai mitra kerja untuk mencari barang kulakan murah. Jangan sungkan untuk menanyakan update harga pasaran yang dia jual, dan ketika dia memiliki barang murah, maka kita bisa membelinya. Dan begitu juga sebaliknya, ketika kita mempunyai barang murah, mereka bisa mengambilnya dari kita.

Sales/distributor biasanya tidak mau mendatangi langsung ke toko-toko pemula. Jika sudah demikian, maka kita yang harus jemput bola mendatangi para sales resmi dari distributor. Oleh karena itu, salah satu triknya adalah dengan mengobservasi kapan sales-sales besar yang membawa truk dari distributor mengantarkan dagangannya di sejumlah toko/pasar. Kta bisa mencoba mendatangi mereka saat menyetok produk/barang dagangannya di suatu toko. Coba ajak bicara apakah bisa mampir ke toko kita dan lakukan negosiasi terkait kerjasama jualan.


4. Gunakan Bantuan Software Akuntansi

Sebagaimana telah kita ketahui bersama tentang pentingnya pembukuan keuangan dalam sebuah bisnis. Apalagi jika kita ingin scale-up lebih jauh bisnis yang sedang dijalani, maka sangat perlu pengetahuan tentang fundamental keuangan bisnis yang baik. Tidak perlu meng-hire akuntan, yang wajib hanyalah kita harus mampu membaca laporan keuangan sehingga dalam pembuatan keputusan bisa dilakukan secara tepat.

Memilih software akuntansi Kledo bisa menjadi solusi untuk menyajikan laporan keuangan yang bagus, mudah dibaca bagi newbie yang baru terjun di dunia bisnis. Softwarenya yang user friendly sangat cocok untuk para newbie yang tidak memiliki background pendidikan akuntansi.  

Software akuntansi Kledo merupakan software besutan dari PT. Kledo Berhati Nyaman. Ada banyak alasan mengapa sebaiknya temen-temen menggunakan software Kledo, di antaranya adalah:

  • Terdaftar di Administrasi Hukum Umum (AHU), sehingga dapat dipastikan bahwa Kledo merupakan software akuntansi terpercaya dan penggunanya dilindungi oleh hukum Indonesia.
  • Murah meriah, cukup dengan biaya 139rb per bulan, atau dapatkan diskon 10% untuk pembayaran langsung 1 tahun kamu langsung dapat menggunakannya.
  • Merupakan software akuntansi online yang bisa diakses dari mana pun.
  • Cocok untuk pelaku usaha di Indonesia karena telah menggunakan standar akuntansi keuangan Indonesia.


Semua kelebihan dari software akuntansi Kledo di atas bisa temen-temen nikmati, bahkan bagi kamu yang ingin mencobanya secara gratis bisa menggunakannya melalui smartphone. Nah, cara mendaftar akun Kledo versi gratis melalui genggaman jari adalah sebagai berikut:

a. Ketik url website resmi Kledo pada browser dengan alamat berikut https://kledo.com di smartphone milikmu. Kemudian, klik tombol Coba Gratis yang tampak seperti gambar di bawah:



b. Setelah itu akan muncul form pendaftaran, silakan pilih Paket Gratis Selamanya. Scroll sampai bagian bawah dengan mengisi satu persatu form pendaftaran dengan benar, lalu klik tombol Daftar Sekarang.




c. Jika pendaftaran berhasil, silakan cek notifikasi yang dikirimkan lewat WhatsApp dan juga email. 



d. Gunakan username dan password yang telah diberikan tersebut untuk login. Selanjutnya untuk menikmati fitur yang ada di dalamnya, lakukan setup akun Kledo. Silakan klik tombol mulai setup dan ikuti semua panduan yang tertera. 




Setelah melakukan setup akun Kledo seperti di atas, kamu sudah bisa menikmati fitur-fitur yang ada di dalamnya, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Sangat mudah dan simple, kan?

Dengan versi gratis ini kamu sudah bisa melakukan monitoring biaya pengeluaran, penjualan & pembelian, serta saldo kas dan bank. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, kamu yang bisa dengan banyak pengguna, kamu bisa melakukan upgrade ke versi premium dengan harga yang sangat murah, tanpa menguras kantong.


Paket Harga Software Akuntansi Kledo Seharga Satu Kali Tiket Masuk Tempat Wisata


Rata-rata minimal dana yang diperlukan ketika temen-temen berwisata di suatu wahana Rp100ribuan. Itupun biasanya untuk satu orang. Nah, harga paket plan dari software akuntansi Kledo super murah. Paket yang ditawarkan seharga saat temen-temen pergi ke tempat wisata, ya cuman Rp140rban-Rp220rban saja. 


Software Kledo ini menawarkan tiga paket plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis temen-temen:

  • Paket Free; Gratis bisa diakses untuk satu pengguna dan kalian bisa menikmati fitur monitor biaya pengeluaran, penjualan dan pembelian, saldo kas dan bank serta 10 laporan keuangan dan bisnis. Temen-temen newbie yang baru saja terjun ke dunia bisnis bisa memakai paket ini.
  • Plan Pro; cukup dengan 140K per bulan teman-teman bisa menikmati semua fitur yang ada di paket Free dan ada tambahan fitur untuk 3 user, 2 gudang, manajemen stok, dan alur bisnis yang lengkap. Paket ini cocok untuk kalian yang memiliki beberapa cabang.
  • Plan Elite; 220K per bulan; fiturnya paling lengkap yang terdiri dari fitur paket paket pro dan beberapa tambahan fitur lainnya seperti, konsolidasi laporan keuangan, budgeting, konversi satuan, produk manufaktur, multi currency, harga bertingkat, dan diskon per kontak serta per produk. Paket ini cocok untuk bisnis yang lebih besar dengan 5 user, 5 gudang.

Kalau temen-temen mau mencoba, bisa pilih pembayaran satu bulan dahulu. Nah, jika sudah mantap dengen kelebihan yang ditawarkan Kledo, sebaiknya ambil sekalian per tahun saja karena temen-temen akan mendapatkan diskon sebesar 10%


Kesimpulan dan Saran


Menjadi pejuang cuan janganlah merasa lelah untuk terus berjuang. Niatkan segala aktivitas tersebut untuk beribadah maka keberkahan dan kenyamanan akan lebih mudah untuk kita dapatkan. Kegagalan dan kekecewaan mungkin saja akan menghampiri. Sebagai manusia yang bisa kita lakukan adalah mengevaluasi penyebab dari kegagalan tersebut. Bisa saja kegagalan disebabkan kurangnya manajemen keuangan yang baik karena masih menggunakan pembukuan secara manual. Jika hal itu adalah penyebabnya maka saat ini juga beralihlah ke software akuntansi online dari Kledo.

Software akuntansi Kledo memungkinkan temen-temen untuk bisa mengelola keuntungan dengan lebih baik. Dengan semua angka di ujung jari kamu, perangkat software akuntansi yang baik dapat menyusun laporan dan presentasi yang akan membantumu melihat dengan tepat bagaimana kinerja bisnis yang temen-temen jalankan.

Jadi apa yang kamu tunggu? Software akuntansi Kledo gratis bisa kamu coba untuk mengelola bisnis yang temen-temen jalankan untuk tetap menjaga denyut nadi bisnismu. Yuk follow akun sosial media Kledo agar tetap terus mendapatkan informasi bisnis terkini sehingga kamu tidak akan ketinggalan dan cepat beradaptasi.



0 Response to "Software Akuntansi Kledo Berhati Nyaman: Tanpa Perlu Hire Akuntan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel