Mengenal Reksadana Sucorinvest Equity Fund dan Kebijakannya

Pernah mendengar kata Sucorinvest Equity Fund? Sucorinvest Equity Fund ini termasuk dalam investasi reksadana. Sucorinvest Equity Fund merupakan jenis investasi yang bertujuan untuk memaksimalkan tingkat keuntungan investasi saham dengan minimal penanaman saham 60% dari keseluruhan ekuitas yang diinvestasikan. Sebelum membahas tentang Sucorinvest Equity Fund lebih jauh,  penting bagi Anda untuk memahami dahulu apa itu reksadana. Simak dulu penjelasan reksadana berikut ini!



Apa Itu Reksadana?


Reksadana bisa menjadi pilihan instrumen investasi bagi para newbie atau pemula yang tidak memiliki keahlian dalam bidang investasi. Reksadana sendiri berarti wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi. Singkatnya, jika Anda menginvestasikan dana di reksadana, Anda tak perlu repot-repot mengelola uang investasi Anda karena uang tersebut telah dikelola oleh pihak profesional yang mengerti betul bagaimana caranya agar uang Anda dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar bagi Anda.

Dari sekian banyak jenis reksadana, mulai dari reksadana pasar uang atau money market fund, reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund, reksadana campuran atau balance mutual fund, hingga reksadana saham atau equity fund, yang mampu memberikan high return atau imbal hasil yang tinggi dalam jangka waktu panjang adalah reksadana saham. Reksadana saham sendiri mempunyai sistem berfokus pada produk saham atau ekuitas yang selanjutnya akan masuk ke dalam portofolionya minimal sebesar 80% dari portofolio.

Baca juga: Perhitungan Simulasi Reksadana

                   Perbedaan Reksadana Syariah dan Reksadana Konvensional

Meskipun begitu, reksadana jenis saham juga memiliki risiko yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis reksadana yang lain, karena dibarengi dengan high return atau imbal hasil yang tinggi pula. Oleh karena itu, reksadana jenis saham lebih cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang diatas 5 tahun.

Sucorinvest Equity Fund merupakan produk reksadana saham yang dapat memberikan high return atau imbal hasil tinggi dalam jangka waktu panjang. Bagi Anda yang tertarik dengan Sucorinvest Equity Fund, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!


Apa Itu Sucorinvest Equity Fund



Sucorinvest Equity Fund merupakan reksadana dalam bentuk kontrak investasi kolektif yang berdasarkan pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Tujuan Sucorinvest Equity Fund adalah memberikan apresiasi modal serta tingkat keuntungan yang optimal dalam jangka waktu yang panjang, caranya yaitu dengan mengkapitalisasi pertumbuhan pasar modal di Indonesia.

Pihak yang mengelola Sucorinvest Equity Fund adalah PT Sucor Asset Management. Sesuai dengan tujuan yang telah tercantum diatas, pihak pengelola reksadana saham yang satu ini memiliki tujuan yaitu untuk memberikan apresiasi modal serta tingkat keuntungan optimal dalam jangka waktu yang panjang, caranya adalah dengan mengkapitalisasasi pasar modal di Indonesia.

Kebijakan Sucorinvest Equity Fund

Sucorinvest Equity Fund menerapkan beberapa kebijakan seperti melakukan investasi minimum 80% dan maksimum 100% pada Efek Bersifat Ekuitas Badan Hukum Indonesia yang tercantum dalam Bursa Efek di Indonesia, serta minimum 60% dari keseluruhan Efek Bersifat Ekuitas tersebut nantinya akan diinvestasikan pada saham-saham LQ 45.

Selain itu, melakukan investasi minimum 0% dan maksimum 20% pada Instrumen Pasar Uang yang memiliki masa jatuh tempo kurang dari satu tahun dan diterbitkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Return Sucorinvest Equity Fund

Umumnya, hanya dalam waktu 5 tahun, reksadana saham yang satu ini dapat melipatgandakan uang yang telah Anda investasikan, dan reksadana Sucorinvest Equidity Fund kebanyakan mengalokasikan portofolio efeknya ke saham-saham sektor pertambangan dan juga sektor keuangan. Bukan tanpa alasan, karena strategi investasi dari manajer investasi yang bersangkutan tersebut memang menargetkan untuk mengalokasikan lebih banyak pada saham di sektor keuangan dan komoditi.
Rupanya tak sedikit keuntungan yang bisa didapat dari berinvestasi di reksadana saham. Anda akan lebih menghemat waktu dalam hal menganalisa, karena Anda hanya tinggal duduk santai dan para manajer investasilah yang melakukan analisa, Anda hanya perlu memantau hasil kerja dari para manajer investasi setiap harinya. Tak lupa high return atau imbal hasil tinggi yang bisa Anda dapatkan jika berinvestasi di reksadana jenis saham.

Demikianlah penjelasan mengenai Sucorinvest Equity Fund. Bagaimana, Anda tertarik untuk berinvestasi reksadana saham?

Mengenal Reksadana Sucorinvest Equity Fund dan Kebijakannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dafik

0 comments:

Post a comment